1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Yuk Kenalan Sama Moranbong,...

Yuk Kenalan Sama Moranbong, Satu-satunya Girlband Korea Utara


Source: https://inikpop.com/moranbong-band-girlgroup-asal-korea-utara-yang-beda-banget-dengan-grup-grup-korea-selatan/

Kiprah girlband Korea Selatan emang gak usah diragukan lagi. Banyak diantara mereka yang udah dikenal di mata dunia. Tapi, pernah kebayang gak sih kalo Korea Utara punya girlband bakal kayak gimana? Eits, siapa bilang kalo Korea Utara gak punya girlband? Walaupun jarang diketahui, Korea Utara punya satu-satunya girlband yaitu Moranbong.

Moranbong dibentuk langsung oleh Kim Jong Un pada tahun 2012. Kurang dari setahun setelah transisi kepemimpinan Kim dari ayahnya, Kim Jong Il, Kim Jong Un membentuk Moranbong, yang menjadi salah satu proyek besar garapannya sendiri. Istri Kim sendiri, Ri Sol Ju, sebelumnya adalah anggota Moranbong, namun berhenti setelah menikah dengan Kim. Siaran konser perdana Moranbong begitu disambut dengan suka-cita oleh warga Korea Utara, sampai sampai gak seorang pun yang berkeliaran di jalan-jalan Pyongyang karena ingin melihat pertunjukan mereka. Secaraa, Moranbong merupakan satu-satunya hiburan di korea utara karena penduduk sana dilarang mengakses internet dan menyaksikan siaran televisi dari luar negeri.

Diberitakan oleh Kantor Berita Negara Korea Utara, pembentukan girlband korea utara ini bertujuan untuk melakukan perubahan dramatis pada bidang seni dan literasi. Sebenarnya, Moranbong merupakan orchestra militer yang kesemua instrumennya dimainkan sendiri, mulai dari biola, gitar, bass, saxophone, sampai drum dan dengan lima orang di posisi vokal. Leader girlband ini adalah pemain biola bernama Seon u Hyang hui yang ditunjuk langsung oleh Kim Jong Un.

Source: https://www.thetimes.co.uk/article/row-over-moranbong-girl-band-could-scupper-korea-s-olympic-reconciliation-wss68fh87

Kebanyakan lagu yang dibawakan oleh Moranbong adalah pujian untuk pemimpin mereka, Kim Jong Un. Beberapa judul lagu yang dimiliki Moranbong, diantaranya adalah ‘Let’s Study’ alias ‘Mari Belajar’ dan ‘Our Dear Leader’ . Dilansir dari CNN, Salah satu lirik dalam lagunya adalah sebagai beikut:

“Bagaimana bisa dia (Kim Jong Un) begitu baik? Senyumnya sangat hangat dan manis. Aku tidak punya pilihan lain, kecuali terpikat oleh hatinya.”

Di satu penampilan pada tahun 2013, video latar belakang penampilan mereka memperlihatkan aksi peluncuran rudal dan cuplikan wajah Kim Jong Un.

Genre lagu mereka adalah pop, fusion, dan rock. Bagi yang pertama kali denger, mungkin bakal mikir kalo Moranbong ini grup lawas karena musiknya identic dengan musik tahun ’80-’90 an.

Penampilan mereka didominasi seragam militer atau sejenisnya. Walaupun ternyata pada awal debut mereka pake pakean yang bling-bling dan mencolok lho. Sama halnya dengan anggota girlban korea selatan, anggota Moranbong juga mengikuti treinee sebelum debut dan juga melakukan diet! Wah gak nyangka ya.

Source: https://www.last.fm/music/Moranbong+Band/+images/9920156ffd0843a687c0ad5370dec731

Pada tahun 2015, Moranbong dijadwalkan akan menggelar konser di Beijing, China. Ini adalah konser pertama mereka di luar negeri asal mereka, Korea Utara. Tapi kemudian, konser dibatalkan secara mendadak di saat – saat terakhir.

Dilansir dari The Guardian, alasan pemerintah China melarang girlband Moranbong tampil adalah karena lirik lagu mereka yang anti-Amerika. Lirik bermasalah itu menyebut Amerika Serikat sebagai “serigala ambisius” dan membenarkan adanya Perang Korea.

Di negerinya sendiri, melalui stasiun radio setempat, satu-satunya girlband korea utara ini selalu dibanding – bandingkan dengan girlband dari korea selatan, SNSD. Namun, usut punya usut, katanya remaja di korea utara banyak yang gak terlalu tertarik dengan Moranbong. Mereka lebih memilih mencari informasi tentang SNSD secara diam-diam.

Kalian penasaran gak sih gimana penampilan Moranbong di atas panggung? *gue juga, chingu*. Kalo Moranbong mau konser di Indonesia, mau nonton gak tuh?

sumber : dagelan



loading...