1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Wow, Otak Manusia Bisa...

Wow, Otak Manusia Bisa Mengingat 10 Ribu Lebih Wajah, Loh!


Genmuda – Seberapa banyak otak kamu bisa mengingat wajah orang selama hidup? Mulai dari wajah teman TK, SD, SMP, SMA, kampus, kantor, atau semua mantan-mantan. *Duileh.

Jika dikira-kira mungkin Kawan Muda bisa mengingat wajah orang sebanyak puluhan, ratusan, ribuan, atau malah lebih? Jawabannya teryata bisa lebih dari 10 ribu, gengs.

Hal ini dilakukan oleh ilmuan dari Universitas of York, Inggris. Temuan yang diterbitkan dalam Jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences pada 10 Oktober 2018.

Dengan mengambil sample kecil sebanyak 25 orang di usia 18-61 tahun ditemukan bahwa rata-rata dari dari mereka mampu mengingat rata-rata 5 ribu wajah, bahkan bisa lebih dari 10 ribu wajah.

Untuk memulai penelitian para peneliti meminta tiap orang membuat daftar orang-orang dalam hidup mereka yang wajahnya dapay mereka gambar atau mudah mereka kenali jika melihatnya secara langsung. Para peneliti juga menyertakan wajah para selebritis dari ribuan foto.

Kemudian peserta gak diharuskan mengetahui nama dari wajah yang diperlihatkan karena penamaaan berbeda dengan pengakuan secara visual.

Hasilnya, beberapa orang sedikitnya dapat mengingat seribu wajah hingga 10 ribu wajah. Beberapa peserta ada yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenali satu wajah dengan wajah lain yang ditampilkan.

Supaya gak melenceng, penelitian ini juga dibedakan kondisi prosopagnosia dimana seseorang mengalami kesulitan dalam mengenali wajah orang, termasuk wajahnya sendiri.

Terus apa manfaat dari penelitian ini?

Seenggaknya ada dua hal manfaat yang bisa kita ambil dari penetilian ini. Pertama dapat membantu kamu untuk mengetahui tentang dinamika sosial dan peran otak dalam membentuk kelompok sosial.

Terakhir, walaupun faktor usia mempengaruhi daya ingat seseorang namun penelitian ini membuka peluang lebih jauh mengenai apakah faktor usia ikut berperan dalam kapasitas mengingat wajah yang rata-rata kita kenal semasa hidup.

“Kami belum menemukan batasan seberapa banyak wajah yang bisa diingat oleh otak,” tutup Rob Jenkins selaku pemimpin penelitian tersebut.

Comments

comments

sumber : genmuda



loading...