1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Waspada! 4 Ciri Ini...

Waspada! 4 Ciri Ini Buktikan Kalau Temanmu “Beracun” dan Harus Segera Dihindari


Setiap orang memiliki karakter dan watak yang berbeda, dan hal tersebut juga pasti ada di lingkungan pertemananmu selama ini. Coba deh amati, berapa orang yang kepribadiannya jauh berbeda denganmu? Atau malah ada yang mirip sekali sifat dan wataknya? Bukan hal yang aneh mengingat kalian berasal dari keluarga dan lingkungan yang tidak sama. Bahkan saudara kandung pun bisa memiliki sikap yang berlainan.

Toxic friends (blog.ijugaad.com)

Kamu memang harus terbuka kepada siapapun, namun bedakan antara teman yang tulus dan yang tidak. Jangan sampai terjebak persahabatan dengan orang yang ternyata “beracun” yang artinya memiliki dampak buruk bagimu. Yuk kenali ciri-ciri teman beracun agar bisa dihindari sesegera mungkin sebelum terlambat!

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Dia iri dengan prestasimu

Sudah menjadi hal lumrah ikut bangga jika teman mendapat prestasi cemerlang. Namun bagaimana kalau yang muncul justru rasa iri? Artinya teman tersebut tidak suka dengan pencapaian yang kamu dapat. Rasa tidak suka tersebut bisa ditunjukkan secara langsung maupun tidak.

Dia iri dengan prestasimu (health.com)

Misalnya dengan mengalihkan obrolan ketika teman lain membicarakan prestasimu, atau langsung pergi begitu saja. Bisa jadi dia membanggakan kelebihannya ketika yang lain memuji kamu.

Tak pernah memberi solusi

Teman yang baik pasti memberikan solusi atau sekedar masukan ketika kamu mengutarakan masalah yang kamu hadapi. Setidaknya dia menanggapi dan menenangkan hati. Namun teman yang beracun tak akan melakukan hal tersebut padamu.

Tak pernah memberi solusi (bustle.com)

Temanmu itu memang menyimak apapun yang kamu katakan dan ceritakan, tapi saat kamu meminta pendapat dan solusi, dia tak memberikan apapun. Paling jawabannya hanya “terserah kamu saja”. Kesel? Pasti dong.

Sering menunjukkan kekuranganmu

Seorang teman yang baik pasti dengan senang hati membantu melihat kelebihan dalam dirimu. Menunjukkan potensi yang tidak kamu sadari dan saran untuk mengembangkannya. Dia juga membantu membangun rasa percaya diri yang selama ini tak kamu miliki.

Sering menunjukkan kekuranganmu (beenverified.com)

Berbeda degan ‘toxic friends‘ yang biasanya hanya melihat kekuranganmu. Dia sering sekali membuat kamu merasa minder, down, dan menghancurkan rasa percaya diri. Dia tidak suka jika kamu lebih unggul sehingga membuatmu menjadi seorang loser.

Dia senang mendengar kesedihanmu

Mungkin di satu waktu kamu pernah menemui seorang teman yang selalu datang ketika kamu merasa sedih. Salah jika mengira dia perhatian. Sebenarnya teman yang seperti itu hanya ingin tahu apa yang terjadi padamu dan mengorek informasi pribadimu. Dia senang mendengar kesedihan dan masalah yang sedang menimpa kamu.

Dia senang mendengar kesedihanmu (businessinsider.com)

Setelah tau apa yang terjadi, dia akan pergi begitu saja dan tak lagi menengok ke belakang. Baginya kamu hanya “bahan cerita” yang menyenangkan untuk disimak. Bukan karena perhatian atau peduli pada perasaanmu.

Nah itulah beberapa ciri seorang teman yang beracun. Jika memang ada salah satunya di lingkarang persahabatanmu saat ini, sebisa mungkin coba hindari. Jangan sampai kamu berteman dengan orang yang salah ya!

sumber : inovasee



loading...