1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Waduh, Akhir Bulan Ini...

Waduh, Akhir Bulan Ini Harga Smartphone Android Bakal Tambah Mahal!


Apa Alasan Harga Smartphone Android Tambah Mahal?

Smeaker.com – Google selaku perusahaan pemiliki platform Android secara resmi mengumumkan, jika mereka bakal membebankan biaya hingga USD40 atau setara Rp 600 ribuan untuk setiap Smartphone Android yang menggunakan aplikasi bawaan dari Google.

Kebijakan ini berlaku untuk para perusahaan Smartphone android dilandasi dari aturan baru Komisi Eropa tentang Anti-kompetitif. Dan kabarnya, biaya tambahan ini bakal berlaku mulai tanggal 29 Oktober 2018 mendatang.

Baca juga: Daftar Aplikasi Terlarang yang Bisa Untuk Sadap Whatsapp, Kamu Punya?

Pada tanggal tersebut, maka setiap smartphone atau tablet yang diluncurkan dikawasan Area Ekonomi Eropa yang menerapkan sistem Operasi Android milik perusahaan Google.

Copyright©BBC

Dikutip dari laman Kompastekno, untuk besarnya biaya kenaikan tersebut nantinya tergantung dari negara pembuat serta ukuran dari Smartphone Android. Untuk nilai terendahnya nanti masih sekitar USD2.50 atau setara (Rp 37 ribu), dan sebagian besar perusahaan kemungkinan bakal mendapatkan tambahan biaya pembuatan Smartphone Android sekitar USD 20 atau setara (Rp 300 ribuan).

Baca juga: Sukses Dengan Seri Xtream, Evercoss Bakal Rilis Smartphone 4 Kamera?

Produsen Smartphone Android ini nantinya masih akan terus menerima sebagian dari pendapatan Iklan Google dengan syarat secara Default menempatkan aplikasi Chrome miliknya sebagai browser utama dengan mesin pencari Google diperangkatnya.

Selain itu, beberapa aplikasi yang harus ditanamkan didalam Smartphone Android ini meliputi Play Store, Maps, dan juga Gmail. Lantas apa yang menyebabkan Google menaikkan beban biaya smartphone dengan platform miliknya?

Peraturan ini dibuat karena pihak Komisi Eropa pada bulan Juli 2018 kemarin menemukan fakta jika Google dianggap menyalahgunakan dominasi pasarnya dalam perangkat lunak. Mereka dianggap memaksa mitra Android untuk memasang Search dan Chrome disetiap Smartphone Android.

Dan karena hal itu, Google pun mendapatkan denda USD 5 Miliar, namun naik banding dan diancam tambahan hukuman kecuali jika pihak Google menghentikan praktek ilegal mereka tersebut.

Baca juga: Miliki 4 Kamera, Harga Lenovo K5s Dijual Rp 1 Jutaan Saja

sumber : smeaker



loading...