1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Video Puting Beliung di...

Video Puting Beliung di Pemalang Viral Lagi, Kok Bisa?


Video Puting Beliung di Pemalang Viral Lagi, Kok Bisa?

Majunkri – Video puting beliung di Pemalang, Jawa Tengah, jadi viral lagi dalam beberapa hari terakhir. Padahal peristiwa itu terjadi pada akhir 2017 dan bukan akhir-akhir ini.

Video itu tersebar setidaknya di Facebook dan YouTube. Di YouTube, video puting beliung tersebut diunggah ulang lebih dari 20 kali selama sepekan terakhir.

Dalam video, terlihat puting beliung di langit dan angin kencang menggerakkan pohon-pohon. Ada tulisan ‘Pemalang’ di bagian bawah video.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memberi penjelasan soal video puting beliung di Pemalang yang jadi viral lagi itu. Peristiwa itu benar terjadi, tapi kejadiannya berlangsung pada Minggu (31/12/2017).

Lalu, mengapa video ini bisa viral lagi? Sutopo menduga ada yang sengaja menyebarkan kembali di media sosial.

“Selalu saja hoax disebarkan. Video ini memang terjadi di Pemalang pada 31/12/2017,” kata Sutopo lewat Twitter, Jumat (19/10/2018).

“Video ini disebarkan lagi di medsos yang mengatakan bawa sedang terjadi puting beliung di Pemalang, Pandeglang, atau daerah lain dengan fenomena seperti ini,” sambungnya.

Sutopo meminta video itu tidak disebarkan lagi. “Abaikan. Jangan disebarkan di medsos,” tutupnya.

sumber : majunkri



loading...