1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Untuk Anak Kost, Ini...

Untuk Anak Kost, Ini Cara Atur Uang Bulanan Secara Cermat. Biar Akhir Bulan Bisa Makan Enak!


Sebagai seorang anak kost, gaya hidup hemat memang harus selalu diterapkan. Masa iya mau minta kiriman uang setiap saat? Anak kost sih harus punya kecerdasan dalam mengelola uang bulanan agar tak menderita di tanggal tua. Namun sayangnya tak banyak yang bisa melakukannya. Rata-rata hanya bisa membelanjakan sesuka hati hingga di akhir bulan hanya bisa gigit jari.

Anak kost (uangonline.com)

Biar tak terus-terusan menderita di akhir bulan, kini saatnya belajar mengatur keuangan secara cermat. Jika bisa menerapkan dengan baik, kamu bisa makan enak meski sedang tanggal tua. Mau coba?

Belajar membedakan antara keinginan dan kebutuhan

Keinginan dan kebutuhan terkadang bedanya sangat tipis. Malah terkadang sangat sulit untuk dipisahkan. Ada yang hanya keinginan dijadikan kebutuhan, ada yang kebutuhan justru dilupakan. Nah kalau kamu termasuk yang seperti ini, sekarang saatnya belajar untuk memisahkan keduanya.

Belajar membedakan antara keinginan dan kebutuhan (Youtube)

Misalnya kamu hendak belanja dan ingin membeli sebuah barang, coba pikirkan beberapa hal ini. Pertama, apakah kamu benar-benar membutuhkannya? Adakah barang lain dirumah yang bisa menggantikan barang tersebut? Atau apa yang akan kamu lakukan dengan barang tersebut setelah dibeli?

Jika memang barang tersebut tidak terlalu mendesak, maka itu termasuk keinginan, bukan kebutuhan. Tak perlu membelinya agar keuangan bulanan aman hingga akhir bulan.

Tuliskan apa saja yang dibutuhkan

Sebelum belanja, tulis terlebih dulu apa saja yang dibutuhkan dan akan dibeli. Tulis secara lengkap dan jangan sampai ada yang lupa. Setelah itu siapkan uang secukupnya dan jangan bawa berlebihan. Hal ini untuk menghindari pembelian barang yang tidak diperlukan. Kalau tidak bawa uang, mana mungkin bisa beli-beli yang tidak dicatat kan?

Tuliskan apa saja yang dibutuhkan (By Ellany Mutiara)

Usahakan beli apa yang ada di list saja dan jangan sampai tergoda untuk membeli yang lainnya. Dengan begitu pengeluaran jauh lebih terkendali, serta barang yang dibeli sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Beli barang yang sudah habis saja

Banyak orang (atau mungkin kamu juga) membeli semua kebutuhan bahkan yang stoknya masih ada sebagai alasan persediaan. Padahal seharusnya kamu membeli yang sudah habis saja. Membeli untuk persediaan hanya akan membuat pengeluaran membengkak.

Beli barang yang sudah habis saja (Perempuan April)

Pada dasarnya barang persediaan belum terlalu dibutuhkan. Anggaran bisa dialihkan kepada sesuatu yang jauh lebih penting dan mendesak. Belilah barang ketika sudah habis saja ya!

Nah itulah beberapa cara hemat yang bisa kamu coba. Dengan perhitungan yang cermat, makan enak di akhir bulan bukan hanya impian kok. Mau coba?

 

sumber : inovasee



loading...