1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Uang Bulanan Lima Belas...

Uang Bulanan Lima Belas Koma, Alias Tanggal Lima Belas Sudah Koma? Cek Tiga Kesalahan Umum Dalam Mengelola Uang


Photo credit: kempinsky.pl

Entah kamu mahasiswa yang kebutuhannya masih dibiayai orangtua atau kamu karyawan, mengelola uang bulanan menjadi tantangan tersendiri. Kamu kemungkinan pernah mendengar keluhan yang tersamarkan dalam kelakar seperti ini, “Uang bulanan saya lima belas koma, alias tanggal lima belas sudah koma.” Artinya, dari tanggal enam belas hingga akhir bulan terjadi pergumulan hidup yang berat dalam menyiasati sisa uang untuk memenuhi kebutuhan primer.

Ada tiga kesalahan umum seseorang dalam mengelola uang. Coba cek ada berapa kesalahan yang selama ini kamu lakukan, baik secara sadar maupun tidak.

1. Kamu membeli barang baru hanya karena barang itu… baru

https://goo.gl/images/qG6ZpD

“Ponsel premium merek X segera merilis model terbarunya yang paling anyar. Ada diskon istimewa buat kamu yang preorder di aplikasi belanja ini mulai tanggal sekian, pukul sekian. Jadilah yang pertama memilikinya!” Kamu familier dengan rayuan zaman now sejenis ini? Bukan hanya ponsel, juga tas, make-up, mobil–daftarnya tidak terhingga. Kamu membayangkan betapa bangganya jika bisa menjadi yang pertama memiliki produk terbaru.

Ponsel baru, tas baru, mobil baru, dll, akan selalu ada karena perusahaan harus selalu memproduksi barang baru untuk kelangsungan perusahaannya, tapi kamu tidak harus selalu membeli produk mereka hanya demi menjadi “yang pertama”. Mobil, misalnya, kehilangan sekitar sembilan belas persen nilainya pada tahun pertama. Ponsel dan gawai lain juga mengalami penurunan nilai dan harga begitu berpindah ke tanganmu.

Apakah sepadan jika kamu berkali-kali membelanjakan uangmu untuk barang seperti itu? Tidak heran uang bulananmu tanggal lima belas sudah koma.

2. Kamu kalap belanja daring saat pesta diskon digelar…

… untuk barang-barang yang tidak kamu butuhkan.

https://goo.gl/images/esHQPm

Momen diskon belanja daring besar-besaran seperti setiap 11 November (11.11) atau 12 Desember (12.12) tidak dimungkiri semakin banyak orang menandainya di kalender. “Ini momen pas untuk membeli barang-barang incaran saya selama ini dengan harga miring,” begitu pembelaan para pembelanja kalap.

Berapa banyak dari barang yang kamu incar itu yang sungguh-sungguh kamu butuhkan, bukan sekadar kamu inginkan? Dengan kemudahan cara belanja zaman now yang serba-daring, banyak orang jatuh ke jebakan seperti ini. Akibatnya, uang bulanan kamu tanggal lima belas sudah koma.

Kamu mungkin membela diri dengan, “Jadi hemat banyak lho ini.” Ya, tapi mengingat kamu belanja karena kalap, akhirnya barang-barang itu menumpuk di rumahmu, dan tidak jarang akhirnya sampai rusak karena tidak terpakai. Nah, kalau begini namanya menghemat banyak atau membuang uang ya, Inspirator?

3. Kamu lebih sering makan di luar

https://goo.gl/images/Pw6ME8

Memang membahagiakan makan di luar–selain pilihan menunya tidak terhingga, makan di resto atau kafe kekinian yang ramai diinfokan di media sosial rasanya bisa membuat gengsi kamu terangkat, benar tidak? Apalagi jika resto atau kafe itu memiliki menu kekinian dengan tampilan cantik atau unik, rasanya lezat, dan interiornya Instagramable banget, rasa percaya dirimu meningkat beberapa kali lipat.

Tahukah kamu, Inspirator, bahwa kafe dan restoran mengenakan pajak tempat sebesar dua puluh persen ke pelanggan? Coba periksa struk makan kamu di luar selama sebulan, lalu total jumlahnya, kamu mungkin terkejut dan dengan agak sakit hati meratap, “Pantes aja uang bulanan gue tanggal lima belas sudah koma.”

Bagi kamu yang ngekos, InspiratorFreak punya artikel tentang makan hemat ala anak kos, yang bisa kamu cek tips kerennya di sini: Biaya Makan Membengkak? Ini Dia Tips Supaya Anak Kos Bisa Makan Hemat!

Semoga artikel ini menginspirasi kamu untuk membuat prioritas dalam mengelola keuangan ya, Inspirator, supaya uang bulanan kamu tidak terus-terusan, “Tanggal lima belas sudah koma.”

Keep Breathing, Keep Inspiring!

sumber : inspiratorfreak



loading...