1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Tips dan Trik Mengerjakan...

Tips dan Trik Mengerjakan Skripsi Supaya Cepat Lulus!


Sumber: adisumaryadi.com

Disadari atau tidak, Inspirator pasti akan memasuki semester akhir. Di semester akhir ini kegiatanmu akan disibukkan dengan mengerjakan skripsi, revisi, dan sebagainya. Mungkin, kamu akan gugup atau khawatir saat harus mengerjakan skripsi. Namun, ada lho, tips dan trik untuk kamu yang baru pertama kali mengerjakan skripsi supaya skripsimu lancar. Penasaran? Simak tips dan trik mengerjakan skripsi berikut ini, ya.

Bikin rencana kegiatan yang matang

Sumber: Dreamstime.com

Rencana kegiatan ini meliputi waktu untuk mengumpulkan data, waktu harus bertemu dengan dosen pembimbing, batas revisi, dan sebagainya. Tujuannya supaya kamu bisa lebih disiplin dalam mengerjakan skripsi.

Disiplin dalam waktu dan jadwal

Sumber: pmtips.net

Setelah punya rencana kegiatan, disipilinlah untuk mengatur jadwal dan waktumu. Misalnya, kamu punya waktu yang panjang untuk mengerjakan skripsi, hal itu jangan justru membuatmu lalai.

Komunikasi dan negosiasi dengan baik

Sumber: lynda.com

Kamu harus mengetahui etika komunikasi dan bernegosiasi dengan dosen pembimbingmu supaya terjalin hubungan yang baik. Ada dosen yang lebih nyaman berkomunikasi lewat chat, ada juga yang lebih memilih lewat e-mail. Jadi, pastikan kamu sudah bernegosiasi sebelumnya dengan dosenmu untuk tata cara komunikasi.

Punya rencana cadangan

Sumber: istockphoto.com

Misalnya, hari Sabtu merupakan waktunya kamu bimbingan. Namun, beberapa hari sebelumnya kamu dapat kabar kalau dosenmu akan ke luar kota di hari tersebut dan jadwal bimbingan diundur minggu depan. Jangan bergantung pada deadline, tapi tetaplah menyelesaikan progres skripsimu untuk hari itu.

Lawan rasa malas

Mengerjakan tugas menggunakan perasaan? Mungkin masih bisa dimaklumi. Skripsi? Oh tentu saja tidak bisa. Bedanya apa? Tugas bisa diselesaikan sesuai dengan tanggal deadline. Bagaimana dengan skripsi? Sesukanya dosenmu. Jadi, kamulah yang harus buat moodmu semangat.

Balance Your Life!

Sumber; psychologytoday.com

Nah, ini juga sangat penting. Jangan sampai pikiranmu tersita hanya untuk skripsi dan skripsi. Cobalah ke luar sebentar dan mencari udara segar. Dijamin, pikiranmu akan kembali segar dan bisa menemukan ide-ide baru untuk skripsimu.

Minta bantuan

Sumber: commonsceneleadership.com

Mungkin, ini jadi hal yang sering disepelekan. Tapi jangan salah, kamu tetap perlu meminta bantuan berupa saran atau kritik untuk mendukung penelitianmu.

Tetap semangat untuk yang sedang mengerjakan skripsi. Semoga hasilnya memuaskan!

(Sumber: idntimes)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

sumber : inspiratorfreak



loading...