1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Tempat-tempat yang Mendadak Rame...

Tempat-tempat yang Mendadak Rame di Musim Tes CPNS


Genmuda – Penutupan pendaftaran tes CPNS 2018 tinggal menghitung hari. Kawan Muda udah daftar belum? Sebagai salah satu profesi idaman mertua, tes CPNS selalu punya cerita-cerita seru.

Mulai dari server sscn.bkn.go.id yang susah diakses, sampai banyaknya persyaratan bagi peserta. Sebel? Namanya juga calon abdi negara, gengs.

Oleh sebab itu, di tengah hiruk-pikuk Kawan Muda yang mau ikutan tes CPNS ada juga tempat yang ikut ketularan berkah. Lebih lengkapnya kamu simak aja di bawah ini:

Tempat fotocopy-an

via: Giphy

Mulai dari memperbanyak dokumen yang dibutuhkan kayak KTP, Ijazah, Kartu Keluarga, hingga kebutuhan alat tulis bisa kamu dapatkan di tempat ini. Gak usah heran, di musim tes CPNS seperti sekarang tempat fotocopyan pasti udah punya starter pack lengkap buat peserta tes CPNS.

Butuh materai? Ada. Butuh lem buat nempel foto? Ada. Pokoknya kelengkapan kebutuhan dokumen administrasi pasti lengkap di tempat ini.

Warnet

via: Giphy

Terlepas dari tempat fotocopy yang udah menyediakan jasa print dan scan. Warnet juga masih dipenuhi sama peserta untuk mengakses situs sccn.bkn yang kadang-kadang sering menguji kesabaran kamu.

Kalo butuh jasa pengetikan juga ada. Tergantung kebutuhan tiap-tiap orang aja, gengs. Warnet juga punya jasa tambahan untuk pengeditan pas foto. Ya, barangkali kamu gak ngerti Photoshop.

Kantor Polisi

via: giphy

Datang malu, tak datang perlu. Begitu kira-kira perasaan peserta tes CPNS 2018 yang tadinya males datang ke kantor polisi, terpaksa membutuhkannya untuk meminta Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Kalo gak mau ribet lengkapi dulu persyaratan untuk pembuatan SKCK, kayak fotokopi KTP/SIM, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Akta Kelahiran, dan pas foto 4×6 dengan background merah sebanyak 6 lembar.

Kantor pos

via: Giphy

Selain di situs SSCN.BKN.GO.ID sejumlah instansi juga mewajibkan calon peserta untuk mengirimkan berkas fisik ke instansi mereka. Lewat kantor pos lah kamu bisa mengirimkan dokumen tersebut.

Waktu pengiriman yang mepet dan ada deadline jadi alasan kenapa Kantor Pos makin padat di masa injury time seperti minggu sekarang.

Tempat kursus Bahasa Inggris

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Bukan untuk kursus doang, di musim tes CPNS tempat kursus bahasa Inggris jadi rame karena banyak peserta yang butuh sertifikat TOEFL. Biarpun kamu udah ambil TOEFL biasanya nilai yang boleh dilampirkan ada hasil tes 2 tahun ke belakang.

Terus kalo lewat dari dua tahun ke belakang gimana? Ya, kamu harus tes lagi dong. Dan karena butuhnya harus cepat, sejumlah lembaga kurus juga menyediakan tes prediksi TOEFL. Skornya jelas beda dengan tes TOEFL dan cuma berlaku selama 6 bulan dari tes, tapi sebagai syarat kelengkapan dokumen masih bisa kok.

Kampus

via: Giphy

Sama dengan yang di atas, Kampus juga selalu rame di musim tes CPNS. Mulai dari legalisir ijazah, minta surat rekomendasi dosen, sampai sertifikat BAN PT yang sebenarnya bisa kamu download dari situs resmi masing-masing perguruan kampus.

Biarpun zaman udah canggih, sejumlah alumni harus datang lagi ke kampus untuk pengurusan berkas dan dokumen karena gak bisa diwakilkan oleh orang lain. Makanya selama kuliah sering-sering deh deket sama dosen atau junior kamu, karena hal-hal kayak gini bisa dibikin mudah dengan bantuan mereka.

Rumah Pak RT

via: Giphy

Selain untuk mengurus KTP, surat Pak RT berguna untuk syarat pengurusan berkas di tingkat kelurahan. Jika ada masalah pada NIK atau Kartu Keluarga kamu otomatis kamu harus datang ke rumah Pak RT.

Urusan birokrasi sama Pak RT relatif lebih gampang. Tantangannya paling kamu harus tau jam berapa Pak RT ada di rumah. Ya, Pak RT kan juga manusia yang punya keluarga untuk dinafkahi, gengs. YAKAN~~

Rumah Sakit

via: Giphy

Mirip-mirip sama Kantor Polisi. Sejumlah instansi juga memerlukan rekam jejak medis kamu untuk syarat lamaran. Nah, biasanya kamu cuma melampirkan surat keterangan sehat dari klinik atau rumah sakit, atau ada pula yang harus melakukan tes kesehatan secara menyeluruh.

Untuk lebih jelasnya kamu baca aja syarat kelengkapan berkas yang dibutuhkan. Selamat mencoba ya!

Comments

comments

sumber : genmuda



loading...