1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Taman Rekreasi Selecta yang...

Taman Rekreasi Selecta yang Dibangun oleh Belanda, Favorit Bung Karno


Kota Batu punya banyak destinasi wisata yang dapat dijadikan tujuan. Mulai dari wisata alam hingga taman bermain. Cuaca sejuk dan alam yang masih asri menjadi alasan kenapa Kota Batu sangat diminati. Salah satu destinasi yang masih tetap ramai hingga saat ini adalah Taman Rekreasi Selecta. Tempat ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda.

1. Menjadi Tempat Istirahat Bung Karno

Taman Rekreasi Selecta yang Dibangun oleh Belanda, Favorit Bung Karno
Pengunjung yang sedang berfoto di taman bunga via instagram/rezadwianista

Pada tahun 1950, Presiden Soekarno pernah tinggal cukup lama di sini. Tepatnya di vila Wisma Bima Sakti kamar nomor 47. Di dalamnya terdapat lukisan Bung Karno serta tulisan tangan Presiden Soekarno yang dibingkai. Tulisan itu berbunyi, “Kenang-kenangan pada selecta tetap hidup dalam ingatan saja. Bukan sadja karena tamasja jang indah, tetapi djuga karena diselecta itu beberapa putusan penting mengenai perdjoangan negara telah sadja ambil.”

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

2. Mulai Didirikan Pada Tahun 1928

Taman Rekreasi Selecta yang Dibangun oleh Belanda, Favorit Bung Karno
Terdapat berbagai macam jenis bunga di Selecta via instagram/maulianadewiberliana

Taman Rekreasi Selecta didirikan oleh seorang warga Belanda yang bernama De Reyter De Wild pada tahun 1928. Awalnya tempat ini merupakan hotel yang dilengkapi dengan kolam renang serta taman bunga. Semakin berkembang, saat ini Selecta lebih dikenal dengan tempat rekreasi yang serba ada. Mulai dari taman bunga, kolam renang, hingga beberapa wahana permainan.

3. Pernah Diratakan dengan Tanah

Taman Rekreasi Selecta yang Dibangun oleh Belanda, Favorit Bung Karno
Hapir setengah areanya berisi bunga via instagram/anisaninish

Pada era revolusi Indonesia, tempat wisata ini pernah dibumihanguskan. Pada tahun 1949 tempat ini hancur lebur. Baru setahun setelahnya, yaitu tahun 1950, tempat ini diperbaiki dan menjadi Perseroan Terbatas, serta menjadi milik bersama. Hingga saat ini Taman Rekreasi Selecta masih menjadi destinasi favorit keluarga.

4. Dari Hotel Menjadi Taman Hiburan yang Lengkap

Taman Rekreasi Selecta yang Dibangun oleh Belanda, Favorit Bung Karno
Wahana sepeda kayuh via instagram/ayu.ashar

Terdapat banyak wahan permainan yang dapat ditemukan di sini. Seperti Kolam Renang Sejarah, Taman 1000 Bunga, Water Park, Sepeda Udara, Out Bound, Indoor playground Flying Fox, hingga Sepeda Air. Bahkan kolam renang di Selecta menggunakan air yang berasal dari sumber mata air pegunungan.

Kota Batu memang menjadi destinasi yang tepat untuk melepas penat. Berbagai destinasi wisata dapat ditemukan di Kota Wisata Batu. Destinasi wisata mana yang menjadi favoritmu di Kota Batu?

sumber: travelingyuk



loading...