1. Home
  2. /
  3. Terpana, Terpukau
  4. /
  5. Ssst… Nggak Semua Orang...

Ssst… Nggak Semua Orang Tahu 12 Fakta Psikologi Manusia Ini Lho!


Dulu, psikologi dan filsafat dianggap sebagai dua ilmu yang saling melengkapi. Sampai sekitar tahun 1870-an, akhirnya Psikologi menjadi satu ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri. Sejak saat itu melalui berbagai penelitian dan kemajuan teknologi, para ilmuwan telah banyak mempelajari hal-hal yang penting tentang psikologi manusia. Tapi itu baru menyentuh tahap ‘permukaan’ saja. Artinya masih banyak aspek psikologis manusia yang bisa kita pelajari lebih jauh.

Nah, 12 fakta psikologi yang bakal kita bahas didasari atas hasil penelitian dari para ilmuwan dan psikolog. Tapi kayaknya… belum banyak orang yang tahu, deh.

1. Kebanyakan orang memiliki lagu favorit mereka masing-masing dan lagu tersebut sering dihubungkan dengan momen emosional di hidup mereka

4908997

Sudah bukan rahasia umum jika musik memiliki efek langsung pada emosi seseorang. Baru-baru ini sebuah penelitian meneliti siswa di kelas 9 sekolah menengah pertama dan dari hasil penelitian itu menunjukkan sisi lain dari mendengarkan musik itu benar. Sama halnya dengan ketika seseorang mencium aroma sesuatu maka ia akan ingat pada kejadian tertentu di masa lalu.

2. Musik mempengaruhi bagaimana kamu mempersepsikan dunia

Music-changes-perception

Studi baru yang dilakukan di Universitas Groningen menemukan bahwa musik memiliki efek dramatis pada persepsi. Penelitian yang berfokus pada kemampuan orang “melihat” wajah bahagia dan wajah sedih ketika mendengarkan track musik yang berbeda. Mendengarkan musik bahagia atau sedih tertentu dapat mengubah bagaimana orang mempersepsikan dunia.

3. Penelitian menunjukkan mengeluarkan uang untuk seseorang lebih membahagiakan dibandingkan mengeluarkan uang untuk diri sendiri

Money-and-Happiness-1_20121226-e1356555988163

– Advertisement –

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business School menunjukkan bahwa sebenarnya orang akan lebih bahagia jika memberikan uang pada orang lain. Bisa dilihat dari ekpresi mereka jika kita memberikan hadiah ulang tahun, perasaan itu jauh lebih bahagia dibandingkan saat kita menerima hadiah.

4. Berdasarkan penelitian, kamu akan lebih bahagia jika mengeluarkan uang untuk sesuatu yang memberikan pengalaman dibandingkan hanya memenuhi obsesi

giphy
Habiskan uang kamu untuk pengalaman baru, jangan untuk barang baru.

Kebahagiaan menjadi objek fokus penelitian yang populer guna meneliti ketentraman emosi. Penelitian mengatakan orang-orang sering mengorbankan sesuatu yang dapat membuat mereka bahagia seperti berlibur atau pergi ke acara tertentu agar dapat memenuhi obsesi mereka seperi memiliki properti.

5. Anak-anak zaman sekarang lebih berperasaan halus – siswa sekolah menengah atas menunjukkan tingkat kecemasan yang sama pada tingkat pasien psikiatrik di tahun 1950-an

anxiety

Sekitar 49% dari populasi umum mengalami atau pernah mengalami kecemasan, depresi, atau penyalahgunaan obat. Secara khusus terdapat bukti bahwa sekumpulan ras manusia menjadi semakin cemas setiap dekadenya dan ada banyak alasan spekulatif untuk hal tersebut. Sebagai contoh, orang-orang semakin banyak yang pindah, semakin kurang berinteraksi dengan komunitas mereka, berganti pekerjaan, angka pernikahan menurun, dan lebih suka tinggal sendiri.

6. Telah dibuktikan bahwa melakukan aktivitas keagamaan tertentu seperti berdoa dan melakukan pelayanan sering dikaitkan dengan tingkat tekanan psikologis yang rendah

Praying_in_church_Credit_Mazur_CNA500X315_World_Catholic_News_3_12_12

“The American Psychiatric Publishing Textbook of Mood Disorders” mendiskusikan beberapa kajian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang ikut serta pada beberapa aktivitas agama mungkin memiliki resiko yang lebih kecil untuk gejala depresi dan gangguan psikologis lainnya.

Editor’s Pick

  • Nggak Cuma Bikin Bahagia, 5 Hal Ini Bakal Kamu Dapetin dari Mencintai Diri Sendiri
  • 8 Buah-buahan Ini Punya Manfaat Super Buat Kesehatan Kulitmu
  • Psstt, Ternyata Kamu Bisa Cari Tahu Kepribadian Seseorang Dari Rasa Es Krim Favoritnya Lho!
  • Suka Travelling? Kamu Wajib Tahu 10 Tips Berikut Ini Agar Aktivitasmu Semakin Aman dan Nyaman
  • Suka Makan Pedas? Gini Nih Caranya Ngilangin Rasa Pedas Di Lidah Kamu Dengan Cepat

7. Ketika uang dapat membeli kebahagiaan hingga jarak tertentu, penelitian menunjukkan setelah $75,000 (sekitar Rp. 998.400.000) per tahunnya peningkatan pendapatan hanya sedikit memberi kebahagiaan lebih (Standar di Indonesia mungkin jauh dibawah itu)

Cash-photo

Sebuah kajian meneliti 450,000 orang Amerika di tahun 2008 dan 2009 mengatakan ada dua bentuk kebahagiaan, ketenangan jiwa (hari-hari kepuasaan) dan penilaian hidup secara keseluruhan. Semakin banyak uang yang seseorang miliki, semakin tinggi pula “penilaian hidupnya”. Bagaimanapun, hasil penelitian mengatakan sekali orang memperoleh penghasilan lebih dari $75,000, pendapatan tambahan hanya akan dianggap “sempilan” belaka.

8. Dengan dikelilingi oleh orang-orang bahagia, maka kamu akan ikut bahagia

happypeople

Kita pasti pernah berada dalam situasi dimana kita bisa tertawa lepas hanya karena kita ‘tertular’ oleh tawa di sekitar kita. Sebuah penelitian baru yang diterbitkan di Psychoneuroendocrinology journal menunjukkan bahwa stres dan rasa bahagia, keduanya mudah menular dan berada pada kumpulan dari salah satu emosi tersebut memiliki pengaruh langsung pada kita.

9. Seseorang yang berada pada umur antara 18 dan 33 tahun adalah yang paling stres. Setelah melewati umur 33 tahun, angka stress akan berkurang

25581D4900000578-0-image-a-1_1423096397011

Berdasarkan survey dari Stress in America di 2012 oleh American Psychological Association, orang dengan umur antara 18 dan 33 adalah yang paling stress dan rasa stress itu semakin meningkat tiap tahunnya.

10. Membohongi diri sendiri bahwa kamu tidur dengan cukup padahal kamu tidak, masih bisa meningkatkan performa

72998496_brain_activityspl

Kita semua pasti berada pada situasi dimana kita berharap bisa tidur 1 atau 2 jam lebih lagi. Penelitian baru-baru ini yang diterbitkan oleh Journal of Experimental Psychology menunjukkan bahwa jika pasien diberitahukan kalau mereka memiliki REM tidur di atas rata-rata (padahal mereka tidak), mereka tetap menunjukkan performa lebih baik pada tes yang diberikan. Mereka menyebut ini “placebo sleep.”

11. Orang-orang pintar cenderung meremehkan diri sendiri sedangkan orang-orang bodoh lebih cenderung menganggap diri mereka brilian

Dunning-Kruger

Dikenal sebagai Dunning Kruger Effect, beberapa orang tidak berkemampuan percaya mereka superior dan menilai kemampuan mereka lebih tinggi dari akurasi sebenarnya. Di sisi lain koin, beberapa orang berkemampuan tinggi sering meremehkan kompetensi mereka, dengan berasumsi bahwa apa yang mudah bagi mereka pasti mudah juga bagi orang lain.

12. Jika kamu mengingat suatu kejadian di masa lalu, sesungguhnya kamu mengingat kapan kamu terakhir kali mengingat kejadian tersebut dibandingkan kapan kejadian itu sebenarnya terjadi

fibonacci-clock

Satu pengetahuan menarik dalam mengetahui bagaimana otak bekerja adalah setiap kali kita memiliki memori, kita mengubahnya sedikit demi sedikit. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Northwestern Medicine menunjukkan bahwa sering mengingat kembali memori membuat memori tersebut semakin tidak akurat dari waktu ke waktu.

Itu dia 12 fakta menarik tentang psikologi manusia. Apa sebelumnya kamu sudah tahu keduabelas fakta di atas? Oh, kamu juga tahu fakta psikologi yang menarik lainnya? Boleh dong share di kolom komentar. 

– Advertisement –

sumber: selipan



loading...