1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Smartphone Kamu Cepat Panas?...

Smartphone Kamu Cepat Panas? Begini Tips Mengatasinya


Genmuda – Di era digital, smartphone canggih jadi kebutuhan utama setelah sandang, pangan, dan papan. Selain menjawab tuntutan zaman, punya smartphone tahan banting emang jadi investasi paling cakep untuk dilakukan sama Kawan Muda.

Tapi nih, banyak kasus dari kita yang sering banget gonta-ganti smartphone karena banyak alasan. Mulai dari model paling baru, kameranya lebih kece, sampe masalah receh kayak smartphone yang dipakai sekarang cepat panas.

Padahal semahal atau secanggih apapun smartphone kamu, risiko overhead atau panas berlebih bisa aja terjadi. Selain masalah bawaan pabrik, faktor lain pemicu smartphone overhead adalah kebiasaan receh yang sering kamu sepelein.

Nah, supaya umur smartphone kamu lebih panjang dan kamu gak buru-buru ganti yang baru, berikut 10 tips yang bisa kamu coba untuk mengurangi masalah overhead.

1. Tutup semua aplikasi gak terpakai

©Genmuda.com/2016 TIM©Genmuda.com/2016 TIM

Walaupun sejumlah smartphone udah menyediakan fitur kill task secara otomatis, tapi biasakan untuk tutup semua aplikasi yang udah gak kamu pakai. Secara gak langsung kamu udah menghemat penggunaan baterai dan RAM, sehingga smartphonenya gak cepat panas.

2. Pakai baterai dan charger original

Thino Pocket Charger mudahkan kamu dalam mengisi baterai handphone (Sumber: indiegogo.com)

Faktor ini sering banget disepelein sama Kawan Muda. Saat kamu pakai charger atau baterai KW belum tentu kapasitas serta kualitasnya cocok sama smartphone kamu. Meski murah baterai KW biasanya gak akan tahan lama dan sering panas.

3. Jangan keseringan dicas

via IstimewaNih, ponsel Galaxy S6 Edge edisi Ironman. Salah satu ponsel limited. (Sumber: Istimewa).

Ini juga gak kalah penting. Penyebab overhead biasanya karena baterai terhubung dengan charger secara terus menerus. Selain bikin panas, risiko kebocoran bisa aja terjadi. Ini juga berlaku sama penggunaan power bank ya.

4. Lepas cover pelindung

via: Shopify(Sumber: Istimewa)

Walau kelihatan keren dan menjaga smartphone kamu dari benturan, tapi cover tebal apalagi yang berbahan plastik membuat sirkulasi udara pada smartphone terganggung. Hasilnya smartphone jadi cepat panas, deh!

5. Simpan di tempat yang terbuka

©Genmuda.com/2018 TIM©Genmuda.com/2018 TIM

Usahakan simpan smartphone kamu di dalam ruangan sejuk atau ber-AC. Meski sedikit, hal ini berfungsi untuk kualitas smartphone kamu. Hindari juga menyimpannya di bawah bantal karena akan meningkatkan panas.

6. Jangan keseringan main media sosial

©Genmuda.com/2016 TIM©Genmuda.com/2016 TIM

Saran dari Genmuda.com sebaiknya buka media sosial via desktop atau laptop untuk durasi panjang. Kenapa gak di smartphone? Karena proses streaming maupun penggunaan data di smartphone terlalu lama bikin tempratur smartphone kamu cepat naik. Hal ini sebabkan karena penggunaan RAM yang tinggi.

7. Matikan smartphone kamu

(Sumber: huffingtonpost)

Saat overhead cara paling aman adalah matikan smartphone kamu dalam beberapa menit. Selain berguna untuk menurunkan suhu smartphone cara ini juga berguna untuk mengembalikan kecepatan proses aplikasi yang sedang dijalankan.

Comments

comments

sumber : genmuda



loading...