1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Simak Daftar 6 Kuliner...

Simak Daftar 6 Kuliner Ramadan Bengkulu yang Bikin Puasa Makin Seru


Bicara soal wisata, Bengkulu punya banyak kekayaan alam menarik untuk dieksplorasi. Kota satu ini mendapat julukan Bumi Rafflesia karena memiliki spesies bunga raksasa, Rafflesia Arnoldii. Namun di luar itu, kuliner Ramadan Bengkulu juga tidak kalah menggoda untuk diselami.

Sebagai kawasan yang dekat dengan daerah perairan, Bengkulu punya sejumlah masakan seafood yang siap memanjakan lidah. Namun selain itu masih ada sejumlah sajian lain yang juga siap meramaikan ibadah puasa kali ini. Penasaran? Berikut TravelingYuk sajikan rekomendasi enam kuliner Ramadan Bengkulu yang bakal bikin puasa jadi semakin seru.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

1. Lemang Tapai

Simak Daftar 6 Kuliner Ramadan Bengkulu yang Bikin Puasa Makin Seru
Lemang Tapai via Instagram tabloidimaji

Lemang Tapai adalah hidangan yang terbuat dari beras ketan dan santan kelapa. Dua bahan tersebut dibungkus daun pisang dan dimasukkan dalam bambu panjang. Bambu lantas dibakar selama kurang lebih tiga jam agar sajian benar-benar matang.

Lemang Tapai termasuk hidangan favorit warga Bengkulu selama Ramadan. Banyak sekali pedagang pasar yang menjual makanan satu ini di bulan puasa. Harganya juga cukup terjangkau, hanya 5 sampai 7 ribu rupiah per potong.

2. Pendap

Simak Daftar 6 Kuliner Ramadan Bengkulu yang Bikin Puasa Makin Seru
Pendap khas Bengkulu via Instagram telkomsel_bengkulu

Pendap merupakan makanan yang hanya bisa ditemui di Bengkulu selama bulan puasa. Biasanya disajikan bersama nasi saat santap sahur. Saking khasnya, banyak warga setempat yang merasa puasanya belum klop jika belum menyantap pendap.

Pendap sendiri terbuat dari ikan segar yang dicampur rempah-rempah dan parutan kelapa muda. Proses selanjutnya adalah pembungkusan dengan daun keladi dan daun pisang. Setelah itu pendap harus direbus dengan api dari kayu bakar selama kurang lebih delapan jam. Satu bungkus makanan tradisional ini biasanya dibandrol seharga 6 ribu rupiah.

3. Gulai Kakuwah

Simak Daftar 6 Kuliner Ramadan Bengkulu yang Bikin Puasa Makin Seru
Ilustrasi Gulai Ikan via Instagram resepmom_id

Gulai Kakuwah juga termasuk makanan musiman yang hanya muncul selama bulan puasa di Bengkulu. Biasanya dijual di daerah Mukomuko dan banyak diburu penggemar karena nikmat sekali jika disantap saat sahur.

Gulai Kakuwah terbuat dari ikan, laut maupun tawar, yang dimasak dengan bumbu rempah, cabai, dan juga santan kelapa. Kuah yang dihasilkan cukup kental dan terasa semakin mantap jika dimakan bersama nasi hangat.

4. Lemang Ketan Hitam

Simak Daftar 6 Kuliner Ramadan Bengkulu yang Bikin Puasa Makin Seru
Lemang dibungkus daun pisang via Instagram hungrygomedan

Lemang Ketan Hitam merupakan makanan khas Bengkulu yang terbuat dari bahan utama berupa ketan. Proses pembuatannya tak jauh beda dengan lemang tapai, namun kadang ada yang menambahkan bawang jika ingin mendapat bau lebih harum.

Ketan hitam sendiri baru ditambahkan ketika lemang sudah disajikan di atas piring. Begitu menyentuh lidah, bakal muncul sensasi rasa gurih, asam, dan manis yang nikmat. Lemang Ketan Hitam juga menjadi salah satu hidangan favorit warga Pangkalpinang selama bulan Ramadan.

5. Gulai Ikan Pelus

Simak Daftar 6 Kuliner Ramadan Bengkulu yang Bikin Puasa Makin Seru
Sajian gulai Ikan Pelus via Instagram nyimassanti

Ikan Pelus merupakan sejenis belut besar yang mudah ditemui di daerah Bengkulu. Hewan yang juga dikenal dengan nama ikan sidat ini punya siklus kehidupan unik. Semasa kawin dan bertelur, pelus biasa hidup di laut dalam. Namun setelah memasuki usia dewasa, ikan yang diyakini punya kandungan protein lebih tinggi dari tuna ini lebih banyak ditemui di perairan tawar.

Daging pelus atau sidat bisa dimasak dengan beragam cara. Namun warga Bengkulu biasa menggunakannya untuk membuat gulai. Masakan gulai ikan pelus sangat diminati selama bulan puasa dan biasa disajikan sebagai menu berbuka.

Itulah tadi beberapa kuliner Ramadan Bengkulu yang layak dicoba. Jika kebetulan sedang berada di Bumi Rafflesia, tak ada salahnya menjajal semua hidangan tersebut agar ibadah puasa terasa kian seru.

sumber: travelingyuk



loading...