1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Setelah ‘Avengers’, Kini Jokowi...

Setelah ‘Avengers’, Kini Jokowi Pidato soal ‘Game of Thrones’


Screen Shot 2018-10-13 at 14.47.45

Dalam pertemuan tahunan IMF, Jokowi berpidato dengan menyebut kondisi saat ini seperti dalam Game of Thrones. Wah, kira-kira apa maksudnya ya, Feedies?

FeedMe.id, Jakarta – Beberapa waktu lalu, Presiden Indonesia Joko Widodo memakai istilah “infinity war” dan menyebut Thanos dalam pidatonya di World Economic Forum on ASEAN, Hanoi, Vietmam. Kali ini, Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo menyebut sejumlah istilah dalam serial Game of Thrones. Hal ini dinyatakan Jokowi dalam Rapat Pleno Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat 12 Oktober 2018.

Maksudnya apa ya, Feedies?

feedme.id-game of thrones 1

Melalui postingan di akun Facebook resminya, Jokowi mengatakan bahwasepuluh tahun yang lalu, kita mengalami Krisis Finansial Global 2008. Namun berkat langkah-langkah para pembuat kebijakan yang luar biasa, dunia bisa selamat dari depresi global yang sudah di depan mata.

Kini, Jokowi melanjutkan, kita kembali mengalami ketidakpastian global. Perang dagang semakin marak, inovasi teknologi mengguncang industri dan negara yang sedang bertumbuh mengalami tekanan pasar yang besar. Amerika Serikat menikmati pertumbuhan pesat, tapi banyak negara jadi lemah dan gak stabil. Padahal, negara ekonomi maju telah mendorong negara ekonomi berkembang untuk “membuka diri” dan ikut dalam perdagangan bebas dan keuangan terbuka.

“Di hadapan para pemimpin dunia di Nusa Dua, Bali, pagi ini, saya menyatakan, ‘Winter is Coming’. Ya, Evil Winter yang ingin merusak dan menyelimuti seluruh dunia dengan es dan kehancuran datang tatkala para Great Houses, Great Families, sibuk bertarung satu sama lain,” kata Jokowi, seperti dikutip dari postingan Facebook-nya.

Sumber: Making of Game of Thrones, HBO

Nah, hubungan antara negara-negara ekonomi maju inilah yang dilihat bekas Gubernur DKI Jakarta itu seperti dalam serial Game of Thrones, Feedies. Sejumlah Great Houses, Great Families, bertarung hebat untuk mengambil alih kendali the Iron Throne. Seiring perputaran roda Mother of Thrones, satu Great House tengah berjaya, sementara House yang lain menghadapi kesulitan, lalu setelahnya, House yang lain berjaya, dengan menjatuhkan House yang lain lagi.

Seperti yang terjadi sekarang, negara ekonomi maju saling berebut kendali dan mengalami keretakan. Yang tertinggal adalah masalah. Harga minyak mentah meningkat drastis, dan terjadi kekacauan di pasar mata uang negara-negara berkembang.

“Pada akhirnya mereka akan sadar: tidak penting siapa yang duduk di the Iron Throne. Yang penting adalah kekuatan bersama menghadapi Evil Winter agar bencana global tidak terjadi, agar dunia tidak berubah menjadi tanah tandus yang porak poranda dan menyengsarakan kita semua,” tutur Jokowi.

Wah, setelah ini kira-kira eyangnya Jan Ether bakal pakai istilah dari film atau serial tv mana lagi, ya?

The post Setelah ‘Avengers’, Kini Jokowi Pidato soal ‘Game of Thrones’ appeared first on FeedMe.id.

sumber : feedme



loading...