1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Sering Cepat Haus dan...

Sering Cepat Haus dan Ngantuk Saat Jalani Puasa? Hindari Makanan Pantangan Saat Sahur ini!


via lifestyle.com

Kaaget.Com – Ngantuk dan cepat haus menjadi salah satu masalah yang kerap dirasakan oleh seseorang yang tengah menjalankan ibadah puasa. Meski tidur saat puasa bernilai ibadah, namun tetap saja perasaan cepat haus dan ngantuk saat menjalankan puasa bisa mengganggu aktivitas.

Nah, buat menghindari kebiasaan mengantuk serta cepat haus saat menjalankan puasa, ternyata ada makanan yang disantap saat sahur menjadi salah satu faktor yang berpengaruh.

Seperti yang dilansir dari health.com, Salah memilih menu makanan saat sahur bisa menyebabkan seseorang kerap merasa cepat haus, mengantuk, dan lemas saat menjalankan ibadah puasa di siang hari. Karena itu, ada makanan yang dianjurkan dan sebaiknya dihindari saat sahur.

Orang berpuasa itu yang paling penting tidak merasa lemas dan lapar di siang hari,” ujar dr Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital.

Baca Juga: 5 Varian es Kepal Kekinian yang Lagi Ngehits, Cocok Nih Buat Menu Buka Puasa

Menu sahur sehat yang dimaksud adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah. Karbohidrat kompleks meliputi nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya. Protein bisa diperoleh dari ikan, daging ayam, dan putih telur. Jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah yang juga mengandung serat tinggi.

Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih tiga hingga empat gelas saat sahur juga sangat dianjurkan untuk menjaga stamina tubuh saat menjalani puasa.

Menanggapi hal tersebut, dr Samuel menekankan untuk tidak mengonsumsi minuman manis terlalu banyak, karena bisa menyebabkan ‘kecelakaan energi’, dimanan kondisi gula darah naik dengan cepat dan turun dengan cepat pula, yang menyebabkan orang mengantuk dan lemas di siang hari.

Ingat, sahur jangan terlalu banyak makan gorengan dan bumbu penyedap MSG (Monosodium glutamate),” ujar dr Samuel.

sumber : serumpi



loading...