1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Selain Tik Tok, Akankah...

Selain Tik Tok, Akankah Kominfo Blokir 5 Hal Ini Karena Bermuatan Negatif?


MOJOK.COKominfo memblokir beberapa media sosial karena dianggap bermuatan negatif. Padahal, masih ada 5 hal dan benda terkini lainnya yang bisa Kominfo blokir karena dicurigai negatif pula.

Belum lama ini, salah satu aplikasi media sosial kegemaran (beberapa) anak Indonesia harus rela diblokir oleh Menkominfo, yaitu Tik Tok. Dituding bermuatan negatif dan tidak sesuai dengan anak-anak, Tik Tok telah resmi diblokir pada Selasa (3/7) lalu, meski kini tidak lagi berlanjut.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Bicara soal blokir-blokiran, bukan kali ini saja jajaran Kominfo melakukan penindakan. Sebelumnya, Kominfo diketahui sempat memblokir Reddit, Tumblr, Telegram, Vimeo, hingga Bigo Live dengan alasan yang sama: adanya muatan negatif.

Tugas Kominfo tentu tidak asal-asalan. Mereka pastilah ingin memastikan putra dan putri Indonesia untuk mengonsumsi dan mencerna hal-hal yang positif, bukannya negatif. Mojok Institute tentu memahami betul niat mulia Kominfo ini.

Oleh karena itu, berikut Mojok ajukan daftar produk yang mungkin bakal Kominfo blokir karena diketahui berpotensi mengandung muatan negatif. Wah, wah, apa sajakah itu?

1. PLN

Ya, ya, ya, PLN yang dimaksud di sini adalah Perusahaan Listrik Negara yang bertugas mengurusi seluruh aspek kelistrikan Indonesia. Kenapa PLN masuk ke dalam daftar ini?

Jawabannya, tidak lain dan tidak bukan, adalah karena PLN identik dengan listrik. Nah, listrik itu sendiri hadir akibat adanya beberapa hal, termasuk aliran muatan listrik. Sifat yang dimiliki oleh muatan listrik inilah yang menjadi fokus kita karena dapat berupa proton maupun elektron. Muatan listrik disebut proton saat ia bermuatan positif, serta disebut elektron jika bermuatan negatif.

Baca juga:  Tuntutan Para Ayam Soal Kesejahteraan Hidup Bangsanya

Ya, bermuatan negatif!!! Waspada!!!

2. Minuman Elektrolit

Rada-rada mirip dengan muatan listrik, minuman elektrolit pun memiliki sifat muatan tersendiri. Meski dalam iklan dan promosi disebutkan bahwa minuman elektrolit semacam Poc*ri Sweat ini bisa meningkatkan kebugaran, ternyata ia tak ubahnya produk yang sangat mungkin Kominfo blokir.

Ya, elektrolit ternyata merupakan komponen bermuatan positif DAN JUGA negatif saat ia mulai larut dengan cairan yang ada di dalam tubuh. Artinya…

…tubuh kita pun mengandung muatan negatif!!! Apakah itu artinya kita juga akan diblokir???

3. Testpack

Bukan kenapa-kenapa, nih, tapi coba ingat baik-baik , apa tujuan dari testpack?

Ya, testpack digunakan untuk memastikan kehamilan seseorang. Jika ada dua garis yang muncul, si wanita akan berseru, “Aku positif!!!”

Namun, jika hanya ada satu garis yang tampak di testpack, wanita tadi akan berujar, “Negatif,” saat ditanya hasilnya oleh sang suami.

Negatif. NEGATIF!!!

4. Kamera Analog 

Tak seperti kamera digital, kamera analog memerlukan suatu “tempat penyimpanan” seluruh jepretan foto agar bisa dicetak. “Tempat penyimpanan” inilah yang kemudian muncul dalam bentuk film, yaitu pita transparan dengan campuran bahan kimia yang peka warna dan berfungsi menangkap cahaya. Gambar yang tertangkap di film inilah yang kelak bisa diproses cetak menjadi selembar foto.

Salah satu jenis film kamera yang terkenal saat itu menjadi alasan dimungkinkannya benda ini untuk Kominfo blokir.  Benda itu adalah…

Baca juga:  Validasi Kartu SIM dan Berkurangnya Mama-Mama Kere Minta Pulsa

…film negatif!!!

5. Pelajaran Matematika

Jauh-jauh mencari benda-benda dan hal yang bisa diblokir Kominfo karena bermuatan negatif, agaknya kita hampir melupakan yang satu ini. Meskipun sekolah dan pendidikan adalah wajib di Indonesia, ada mata pelajaran yang nyatanya mengandung unsur negatif dan patut kita diskusikan.

Ya, mata pelajaran itu adalah Matematika, khususnya jika berbicara soal operasi hitung bilangan!

Bagaimana bisa kita duduk diam dan tenang-tenang saja saat guru kita bicara panjang lebar soal bilangan positif dan negatif???

Negatif, loh, gaes, negatif!!!

Kirim Artikel



loading...