1. Home
  2. /
  3. Terbaik, Terpukau
  4. /
  5. Sejuta Manfaat Sehat dan...

Sejuta Manfaat Sehat dan Ajaib dari Kunyit Ini Banyak yang Belum Tahu! |



Kunyit, beberapa dari kamu pasti tahu dengan bumbu dapur yang satu ini. Bentuknya mirip jahe atau kencur, warnanya kuning, bisa jadi pewarna makanan, dan bisa jadi jamu juga. Umbi-umbian satu ini udah terkenal banget dari zaman dulu karena manfaatnya. Para nenek moyang telah merasakan merasakan khasiatnya.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Kunyit telah diteliti dari sudut pandang medis dan ilmu pengetahuan lain dan hasilnya emang terbukti menyimpan sejuta kebaikan bagi manusia jika dikonsumsi secara rutin. Nggak heran, banyak obat-obatan yang mengandung nutrisi dari bumbu dapur ini.

Nah kalau begitu kenapa ragu kenapa malu untuk mengonsumsi kunyit untuk kesehatan kamu? Atau jangan-jangan, kamu masih ragu dengan manfaat kunyit? Simak deh ulasan di bawah ini. Setelah tahu, kamu akan segera lari buat borong kunyit saat belanja di pasar.

1. Meredakan flu dan demam

reportshealthcare.com

Flu dan demam bisa disebabkan oleh adanya virus atau bakteri dalam tubuh. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang dapat meredakan demam dan flu secara efektif. Jadi kalau gejala-gejala demam dan flu mulai terasa, langsung konsumsi kunyit agar tidak semakin parah ya.

PILIHAN EDITOR

  • Supaya Flu Cepet Sembuh Tanpa Minum Obat, Santap 7 Makanan Ini Aja!

Baca Juga : Jarang Diketahui, Inilah Segudang Manfaat dari Bawang Merah yang Penting buat Kesehatan

2. Membantu menurunkan berat badan

duniadiet.com

Kunyit asam, minuman yang berbahan ekstrak kunyit dengan asam jawa ini dipercaya mampu melangsingkan tubuh. Nah, ini salah satu manfaat umbi ini yang jarang diketahui orang. Ternyata mampu menurunkan berat badan dan menjaga barat badan agar tetap ideal! Tentunya aman tanpa bahan pengawet atau berbahaya lainnya.

3. Mencegah diabetes

www.diabetesmellitus.mx

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang perlu diwaspadai. Pada penderita diabetes, hormon insulin kehilangan sensitivitasnya sehingga tidak mampu mengontrol kandungan gula dalam darah. Ternyata, kunyit juga bermanfaat untuk mencegah diabetes lho. Hasil penelitian ilmuwan dari Auburn University, yang dipublikasikan dalam Biochemistry and Biophysical Research Communications menyatakan bahwa mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat membantu tubuh menjaga sensitivitas insulin dan mencegah munculnya penyakit diabetes. 

4. Mencegah alzheimer

nypost.com

Alzheimer merupakan penyakkit biasanya diderita oleh orang tua dan muncul pada usia lanjut. Penyakit rusaknya saraf otak yang menyebabkan hilangnya memori ini dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi kunyit, karena merangsang pembentukan sel dalam otak dan mempercepat jalannya rangsang atau stimulus dari sel sensori menuju otak.

5. Mencegah penuaan kulit

cerclerouge.org

Pasti udah tahu dong kalau kunyit punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit? Nah, salah satunya adalah untuk mencegah penuaan kulit karena kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan penuaan kulit.

6. Meningkatkan fungsi otak

www.google.co.id

Zat yang terkandung dalam kunyit dapat memperlancar aliran nutrisi dan oksigen ke otak sehingga otak bisa bekerja dengan maksimal. Kunyit juga mampu menghasilkan hormon melatonin dan serotonin yang dapat meningkatkan daya ingat dan mengatasi penyakit mental lainnya.

7. Menurunkan kadar kolestrol

www.farmaciasportuguesas.pt

Kadar kolestrol jahat yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah. Oleh sebab itu kadar kolestrol dalam tubuh perlu dikontrol salah satunya dengan kunyit. Kandungan curcumin dalam tubuh terbukti mampu mengurangi kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik.

8. Meredakan stres dan depresi

www.winnetnews.com

Peneliti dari the Government Medical College, India, menemukan bahwa kandungan curcumin dalam kunyit sama dengan efek yang ditimbulkan oleh obat-obatan anti depresi seperti prozac. Oleh sebab itu, ekstrak umbi kecil ini dapat digunakan dalam terapi depresi dalam jangka waktu yang cukup lama dan tentunya tanpa menimbulkan efek samping karena merupakan bahan alami.

9. Meredakan maag

hellosehat.com

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang mampu merangsang sekresi mukus atau lendir pelindung dinding lambung. Senyawa curcumin juga dapat menghambat produksi asam lambung berlebih yang menyebabkan rasa perih pada penderita maag. Mengkomsunsi kunyit secara rutin terbukti bisa membantu meredakan maag dan meningkatkan nafsu makan.

10. Mengatasi peradangan

ezshopex.com

Peradangan atau inflamasi adalah proses yang terjadi sebagai reaksi terhadap infeksi pada sel atau jaringan dalam tubuh. Journal of oncogene mempublikasikan sebuah penelitian yang mengatakan bahwa curcumin yang terkandung dalam kunyit mampu meningkatkan kekebalan sel imun dan menghambat produksi sitokin serta prostaglandin sehingga peradangan dalam tubuh dapat diatasi dan rasa sakit akan berkurang.

Nah, itu dia sejuta manfaat kunyit bagi kesehatan. Udah gak ragu lagi dong sekarang buat mengonsumsi secara rutin. Nggak perlu malu dan nggak perlu takut ribet juga. Yang baik itu memang susah kok, tapi dijamin deh kalau kamu udah mulai terbiasa, kamu tinggal merasakan segala khasiat yang diberikan bumbu dapur ajainb ini untuk kesehatanmu. Selamat mencoba!

sumber: YUKEPO



loading...