1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Sambut Asian Games 2018,...

Sambut Asian Games 2018, FDTJ Buat Peta Alat Transportasi Massal Jakarta


Menjelajah Jakarta tanpa tahu rute, tentu seperti berjalan dalam labirin. Karenanya dalam menyambut ajang pesta olahraga yang bergengsi, Asian Games 2018, Forum Diskusi Transportasi Jakarta membuat map yang berisi rute trasportasi massal. Tujuannya untuk mempermudah turis dan tamu dari luar negeri yang ingin menggunakan transportasi umum melalui peta alat transportasi massal Jakarta ini.

Berisi Rute Berbagai Transportasi Umum

Sambut Asian Games 2018, FDTJ Buat Peta Alat Transportasi Massal Jakarta
Peta Transportasi Massal Jakarta via kompas.com

Map rute alat transportasi massal ini berbeda dengan peta yang dibuat untuk turis pada umumnya, yang hanya berisi informasi geografis. Sedangkan map ini memberikan banyak informasi rute transportasi massal. Mulai dari metromini, commuter, Trans Jakarta, kereta bandara, hingga LRT yang akan beroperasi pada 10 Agustus nanti.

Akan Diperbaharui Secara Berkala

Sambut Asian Games 2018, FDTJ Buat Peta Alat Transportasi Massal Jakarta
Stasiun Trans Jakarta via shutterstock.com

Karena dibuat oleh komunitas yang berangkat dari pengguna alat transportasi umum, peta alat transportasi massal ini pun rencananya akan diperbaharui secara berkala. Karena saat ini perkembangan alat trasportasi umum berkembang secara masif. Sehingga peta ini harus tetap mengikuti perubahan rute baru. Termasuk pergantian rute serta tambahan rute baru LRT serta MRT.

Dibuat oleh Komunitas dengan Latar Belakang Berbeda

Sambut Asian Games 2018, FDTJ Buat Peta Alat Transportasi Massal Jakarta
Bajaj, salah satu transportasi yang ada di Jakarta via shutterstock.com

Peta rute transportasi ini dibuat oleh satu komunitas dengan latar belakang berbeda. Tak hanya orang yang ahli dalam bidang kartografi, sebuah studi dan praktik yang berkonsentrasi terhadap pembuatan peta atau globe. Namun perbedaan latar belakang tersebut disatukan oleh minat yang sama. Mempermudah publik untuk menggunakan alat transportasi umum di Jakarta, terutama saat Asian Games 2018 berlangsung.

Sempat Diwarnai dengan Perubahan Rute

Sambut Asian Games 2018, FDTJ Buat Peta Alat Transportasi Massal Jakarta
Trans Jakarta via shutterstock.com

Dalam menciptakan sesuatu tentu ada saja halangan yang dihadapi, begitupun dengan pembuatan peta transportasi ini. Dalam proses pembuatan peta transportasi massal terintegrasi ini diwarnai dengan kurangnya informasi perubahan rute. Selain itu, minat membaca peta yang masih tergolong kurang di masyarakat, membuat mereka harus membuat peta transportasi massal ini semudah mungkin.

Berbagai macam alat transportasi umum memang dengan mudah ditemukan di Jakarta. Namun jika tak faham dengan rute yang akan ditempuh, Ibukota sama saja dengan labirin. Ketika berkunjung ke ibukota, coba gunakan map ini ya.

sumber: travelingyuk



loading...