1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Sajian Khas Lebaran yang...

Sajian Khas Lebaran yang Dinanti-nanti, Mana Yang Jadi favorit Kamu?


Bulan Ramadan sudah datang. Ada hal-hal yang selalu dirindukan di masa-masa puasa. Deretan kuliner yang biasa untuk takjil, juga berkumpulnya seluruh keluarga besar saat hari kemenangan tiba. Tak hanya itu, ada sajian khas Lebaran yang dinanti-nanti dan biasanya hanya ada setahun sekali ini. Seperti contoh masakan di bawah ini, ada yang jadi favoritmu?

1. Opor Ayam, Jawa

Sajian Khas Lebaran, Opor Ayam
Sajian Khas Lebaran, Opor Ayam via Instagram/@whonomstheworld

Sudah bukan rahasia, sajian khas lebaran bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah opor ayam. Potongan ayam kampung rebus dimasak dengan santan dan bumbu kuning. Taburan bawang goreng di atasnya menciptakan aroma yang semakin menggoda. Saat hari raya Idul Fitri, masakan khas Jawa ini biasanya disantap dengan ketupat. Sajian lain yang menemani opor ayam adalah sambal goreng kentang dan telur petis. Wah, jadi nggak sabar menanti Lebaran, ya.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Opor Ayam
Opor Ayam via Instagram/@evlinlee

2. Semur Betawi

Semur Betawi
Semur Betawi via Instagram/@andinskitchen

Betawi memang daerah yang kaya akan tradisi dan budaya. Saat acara pernikahan, kamu akan melihat roti buaya yang sangat khas. Ternyata ada lagi kuliner khusus yang biasanya ada di acara-acara khusus, seperti perkawinan dan Lebaran, yaitu semur. Olahan daging yang sudah dipotong-potong dimasak dengan bumbu kecap manis sehingga berwarna gelap pekat. Biasanya ada tambahan telur dan kentang di dalamnya. Semur Betawi juga identik dengan bahan jengkol. Kamu suka yang mana?

Sajian Khas Lebaran, Semur Betawi
Sajian Khas Lebaran, Semur Betawi via Instagram/@amalia_triani

3. Ayam Gagape, Makassar

Ayam Gagape
Ayam Gagape via Instagram/@foodrecipesindonesia

Makassar dikenal dengan beberapa makanan khas yang menjadi andalan. Di antaranya adalah Coto Makassar, Palu Basa, dan Es Pisang Hijau. Namun, saat hari raya Idul Fitri datang, sajian khas yang akan ada di meja adalah Ayam Gagape. Sekilas sajian ini mirip dengan opor ayam yang ada di Jawa. Bumbu unik tambahan yang menjadikannya berbeda adalah parutan kelapa sangrai. Kuah santannya pun semakin gurih dan sedap untuk disantap. Ayam gagape biasanya disajikan dengan ubi, namun bisa juga dimakan sebagai teman ketupat. Nyam!

Ayam Gagape, Makassar
Ayam Gagape, Makassar via Instagram/@dapouer_nona_ndut

4. Bebek Gulai, Aceh

Bebek Gulai
Bebek Gulai via Instagram/@patalado

Berbeda pula dengan Aceh. Kota Serambi Mekah ini memiliki sajian khas Lebaran yang unik, yaitu bebek gulai kurma. Meski menggunakan kata ‘kurma’ namun masakan ini tidak menggunakan buah tersebut untuk campurannya. Hanya bebek dimasak dengan santan dan bumbu kuning. Campuran bumbu yang membuat sajian ini enak dan memiliki aroma khas menggoda adalah tambahan daun temurui dan serai. Aceh juga memiliki sajian khas Lebaran lainnya, yaitu kuah labu yang mirip dengan lodeh jika di Jawa.

Bebek Gulai khas Aceh
Bebek Gulai khas Aceh via Instagram/@hai_juf

Ternyata masing-masing daerah memiliki sajian khas Lebaran yang berbeda dan enak-enak ya. Bagaimana, kuliner mana nih yang paling kamu tunggu-tunggu?

sumber: travelingyuk



loading...