1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Punya Banyak Harta Benda...

Punya Banyak Harta Benda Tidak Sama Dengan Kaya, Pengertian Kaya Tergantung Cara Pandang Kita


Tidak ada orang yang suka hidup miskin, tapi pengertian kaya berbeda bagi setiap orang. Orang sakit menganggap kesehatan sebagai kekayaan, dan bagi orang yang sering kelaparan, mendapatkan sekepal ubi rebus gratis setiap hari adalah harta luar biasa. Coba simak bagaimana perbedaan cara pandang tentang kekayaan dalam ilustrasi pengalaman antara ayah dan anak ini.

Ambil apa yang berkenan untukmu

Suatu ketika, seorang ayah yang kaya raya membawa putranya yang masih kecil melakukan perjalanan ke desa dengan tekad kuat untuk menunjukkan pada putranya bisa semiskin apa kondisi orang. Mereka menginap di peternakan milik satu keluarga paling miskin di desa itu.

Setelah pulang dari perjalanan itu ke dunia mereka yang biasa, si ayah bertanya pada putranya, “Bagaimana kesanmu tentang perjalanan kita?”

“Bagus sekali, Ayah.”

“Kamu sudah saksikan sendiri bisa semiskin apa kondisi orang?”

“Ya, Ayah.”

“Lalu, apa yang kamu pelajari dari perjalanan ini?”

Anaknya menjawab, “Aku melihat kita punya satu anjing di rumah, keluarga itu punya empat. Kita punya kolam renang yang lebarnya sampai ke tengah kebun, keluarga itu punya anak sungai yang tidak berujung. Kita punya lampu-lampu impor di lebun, keluarga itu punya bintang-bintang. Patio kita lebarnya sampai ke pekarangan depan, keluarga itu memiliki seluruh cakrawala.”

Saat anak itu selesai bicara, ayahnya tidak bisa berkata sepatah pun.

Putranya menambahkan, “Terima kasih, Ayah, karena sudah menunjukkan padaku betapa miskinnya kita.”

Situasi dan kondisi hidup kita tergantung pada bagaimana cara kita memandangnya. Jika kita punya cara pandang bahwa kaya berarti memiliki uang melimpah dan barang mewah bertumpuk-tumpuk, bisa dipastikan itu yang selalu kita kejar seumur hidup. Jika pengertian kaya menurut kita adalah keluarga harmonis, teman-teman baik, dan kesehatan prima, itu pun akan terlihat dalam hidup keseharian kita. Terserah kita ingin memiliki kekayaan dalam wujud apa. Menjadi orang yang menginspirasi orang lain atau memiliki banyak ide juga termasuk orang kaya lho, Inspirator.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

sumber : inspiratorfreak



loading...