1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Postingan ‘Endorsement’ Timbulkan Korban,...

Postingan ‘Endorsement’ Timbulkan Korban, Selebgram Dikritik Agar Bijak dan Tak Tergiur Bayaran…


Endorsement bukanlah istilah yang asing lagi di telinga. Cara promosi produk melalui para selebgram tersebut semakin dilirik karena dinilai efektif oleh perusahaan-perusahaan. Dan tak hanya perusahaan saja yang diuntungkan, para selebgram pun mendapatkan jutaan bahkan miliaran rupiah hanya dengan mengenalkan produk tertentu di akun media sosial miliknya.

Berbagai macam produk dari makanan hingga gadget dipromosikan melalui selebgram. Namun tampaknya, endorse-mengendorse belakangan ini menjadi sorotan. Bukan karena nominal menggiurkan yang didapat dari sekali mengendorse suatu barang, tetapi lebih ke barang yang dipromosikan para selebgram.

Banyak followers selebgram terkenal yang jadi korban endorse.

Iklan kopi pelangsing di akun selebgram Anya Geraldine | via: instagram.com/anyageraldine/

Ya, tak sedikit, lho, followers yang ‘termakan’ dengan ajakan para selebgram yang diikutinya. Ketika selebgram seksi memperkenalkan produk pelangsing, para followers yang ingin tampil seksi pun langsung tertarik (dengan anggapan bahwa si selebgram seksi saja bisa kurus karena menggunakan produk itu!).

Padahal, para selebgram belum tentu, lho, menggonsumsinya. Dan para followers yang tergiur inilah yang harus menelan pil pahit dari barang-barang palsu atau berbahaya yang dipromosikan oleh para selebgram.

Travel blogger Alexander Thian kritik para selebgram yang kemaruk terima endorse | via: instagram.com/amrazing/

Karena banyak korban yang berjatuhan, travel blogger Alexander Thian ( @aMrazing) pun angkat bicara di akun media sosialnya. Sebagai influencer, dia ingin menegur kawan-kawan sesama influencer untuk lebih bijak lagi saat menerima endorse. Jangan sampai ajakan mereka untuk menggunakan produk tertentu malah membahayakan orang lain.

Bisnis ‘endorsement’ jangan sampai membuat seseorang buta. Selebgram harusnya bisa mempengaruhi followers-nya ke arah yang lebih positif.

Iklan kopi pelangsing di akun selebgram Awkarin | via: instagram.com/awkarin/

Sudah banyak, lho, korban yang berjatuhan akibat termakan iklan endorsement. Terutama yang berhubungan dengan pil diet atau peninggi badan. Alex pun memposting komentar seorang dokter yang kebetulan membaca kritikannya untuk para selebgram tersebut. Ternyata oh ternyata, banyak yang kena gagal ginjal karena mengonsumsi obat-obatan yang disarankan para selebgram.

Travel blogger Alexander Thian kritik para selebgram yang kemaruk terima endorse | via: instagram.com/amrazing/

Alex berusaha mengingatkan para selebgram yang kurang selektif terhadap barang atau konten endorse-an mereka. Dia menekankan agar selebgram tidak kemaruk atau mudah tergiur dengan nominal yang ditawarkan. Jika barang tersebut tidak berbahaya sih oke, tapi kalau tidak jelas jeluntrungannya, mending dipikirkan lagi. Karena namanya juga selebgram, pengaruh mereka ke masyarakat itu sangat besar.

Pengguna media sosial juga harus menggunakan akal sehat. Jangan terlalu termakan kata-kata selebgram favorit yang belum tentu benar adanya…

Travel blogger Alexander Thian membagikan komentar dokter tentang bahaya menggunakan alat suntik payudara atau vagina yang dipromosikan seorang selebgram | via: instagram.com/amrazing/

Tak hanya mengkritik para selebgram, Alex juga mengingatkan para pengguna media sosial untuk tidak tergiur saat selebgram favorit mereka menawarkan obat-obat peninggi badan, teh pelangsing, krim pemutih, suntik untuk membesarkan payudara, pengencang vagina, pasang behel murah hingga iPhone KW.

Jika memang membutuhkan hal-hal tersebut, lebih baik konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan. Jangan mudah termakan hasil instan yang dielu-elukan, karena di dunia ini enggak ada yang instan, Kawan Muda.

Niat baik Alex ini tentu saja menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang mendukungnya, ada pula yang mengkritik dan menuduhnya sirik dengan rezeki influencer lain.

Terlepas dari pro dan kontra yang muncul, postingan Alex tersebut menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa tak selamanya yang dikatakan selebgram itu benar dan bisa ditelan mentah-mentah.

Mereka adalah manusia biasa, jadi jangan sampai membuatmu mendewakan sehingga kehilangan akal sehat. Yuk, lebih bijak lagi saat membaca konten endorse di akun selegram favorit yang kamu ikuti. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya, Kawan Muda 🙂

sumber : kitamuda



loading...