1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Pesan Sederhana Dari Nicholas...

Pesan Sederhana Dari Nicholas Filbert Untuk Ilustrator Indonesia: Terus Berkarya dan Fokus Ke Tujuan Utama


Foto: Dokumentasi pribadi Nicholas Filbert

Penggemar art book terbitan Gramedia Pustaka Utama mengenal pemuda kreatif ini dari bukunya Anti-stress: Coloring Book for Adults–FANTASIA. Sesuai judulnya, buku ini menghadirkan karakter-karakter fantasi seperti peri, malaikat, Zeus, putri duyung, Garuda, dan banyak lagi. Fans fanatik karakter Harry Potter mengenalnya sebagai ilustrator cover depan novel Harry Potter edisi cetak ulang terbaru yang juga diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. Nicholas Filbert Chandrawienata adalah ilustrator Indonesia di balik karya indah itu.

Nicholas Filbert dengan ramah segera menyetujui permintaan InspiratorFreak untuk diwawancara secara tertulis. Di luar dugaan, Nicholas sangat luwes dan menyenangkan diajak bekerja sama.

Pemuda yang suka main basket ini membagikan sebagian ilustrasi karyanya di akun Instagram @nickfilbert. Bagi Inspirator yang menyukai karya Nicholas yang memiliki ciri khas kaya detail rumit ini, langsung saja simak hasil wawancara InspiratorFreak dengannya.

Awal perjalanan talentanya

Nicholas Filbert ternyata sudah akrab dengan dunia menggambar sejak kecil. Dia bahkan sudah mengikuti lomba menggambar sejak SD.

Pernah menang lomba tertentu?

“Pernah,” jawab Nicholas. “Ketika SD saya pernah ikut lomba menggambar tingkat DKI Jakarta dan menang. Kemenangan itu sangat berkesan karena saya mendapatkan piala yang sangat besar. Saat itu, saya merasakan kebanggaan yang luar biasa.”

Memenangi lomba di tingkat DKI Jakarta pada usia SD menjadi bukti bahwa Nicholas memiliki talenta dan passion yang kuat di bidang menggambar. Lalu, apakah passion-nya selalu menyala? Jawabannya sedikit mengejutkan.

“Jujur saja, saya sempat kehilangan passion menggambar sampai saya berkuliah. Tetapi, ketika saya masuk dunia industri, saya dikelilingi banyak orang yang menekuni bidang yang sama dengan saya. Itu membuat saya mendapatkan passion baru, juga cita-cita baru, yang ingin saya capai di bidang ini.”

Hampir setiap orang memiliki tokoh idola di bidang yang dipilihnya, tidak terkecuali Nicholas Filbert. Dari dalam negeri, ilustrator favoritnya adalah Eko Nugroho. “Menurut saya, karya Mas Eko bisa menembus zaman dan disukai banyak kalangan. Ilustrasinya juga bisa diaplikasikan di berbagai media, seperti kanvas, dinding, kaus, dan sebagainya.”

Sedangkan ilustrator favoritnya dari luar negeri cukup banyak, antara lain Katsuya Terada (ilustrator dan kartunis Jepang), Kim Jung Gi (ilustrator Korea Selatan untuk komik Spy Games: Dissidents), dan James Jean.

Dipercaya untuk membuat ilustrasi cover novel Harry Potter

Ilustrasi cover novel Harry Potter (Foto: Instagram @nickfilbert)

Karya ilustrasi Nicholas yang membuat banyak orang terkesan bisa kita lihat di sampul novel Harry Potter. Penggemar berat karakter Harry Potter pasti tahu bahwa cover punggung cetakan terbaru novel ini bersambung. Bagaimana ceritanya sampai Gramedia Pustaka Utama memercayakan pembuatan ilustrasi sampul novel fantasi paling populer di dunia ini pada kamu?

“Sebelumnya saya sudah bekerja sama dengan Gramedia Pustaka Utama untuk proyek membuat coloring book. Kemudian saya mendapatkan tawaran untuk mengajukan proposal ide pembuatan cover novel Harry Potter edisi Indonesia, yang nantinya diajukan ke penerbitnya di Inggris. Karena saya sangat menyukai serial Harry Potter, tentu saja saya mengambil kesempatan itu. Setelah melalui proses cukup panjang (pengajuan ide, penolakan, revisi, dan sebagainya) akhirnya karya ilustrasi saya bisa menghiasi cover novel Harry Potter cetakan terbaru di Indonesia.”

Nicholas mengungkapkan, ide membuat cover punggung bersambung ini terinspirasi dari buku Fantastic Beasts karya J. K. Rowling. Kecerdasan ilustrator Indonesia ini terlihat jelas ketika kita menyandingkan tujuh novel Harry Potter bersebelahan dalam posisi berdiri. Idenya benar-benar brilian dan kreatif, jadi sungguh pilihan tepat jika Gramedia Pustaka Utama memercayakan penggarapan ilustrasi sampul novel Harry Potter padanya tujuh edisi sekaligus.

Bukan profesi lazim di Indonesia

Ilustrator buku atau komik bukan profesi lazim di Indonesia. Sama seperti penulis, pengarang, pelukis, atau perupa, profesi ilustrator sulit diandalkan untuk memberikan kekayaan materi. Apalagi jika menekuninya hanya sebagai pekerja lepas. Singkat kata, profesi ilustrator sepertinya tidak diperhitungkan di Indonesia. Tanpa dukungan kuat dari orang-orang yang paling kita percaya dan percaya pada pilihan hidup kita, rasanya sulit bertahan untuk memperjuangkan passion kita sebagai mata pencaharian.

Bagaimana tanggapan Nicholas tentang ini?

“Saya beruntung memiliki orangtua yang terus mendukung saya sejak kecil, yang selalu mendaftarkan saya untuk ikut perlombaan menggambar dan menyekolahkan saya di sekolah seni.”

Apa pendapatmu kalau ada yang mengatakan seseorang “tidak bisa makan” dari membuat ilustrasi?

Menurut Nicholas, anggapan ini berkembang karena kurangnya edukasi tentang profesi ilustrator. “Banyak yang mengira profesi ilustrator tidak bisa menghasilkan uang. Walaupun benar industri ini di Indonesia belum terlalu berkembang, tapi dengan kehadiran media sosial dan Internet sekarang kita bisa mengerjakan proyek dari berbagai belahan dunia.”

Terus berkarya dan fokus ke tujuan utama

Foto: Dokumentasi pribadi Nicholas Filbert

InspiratorFreak bertanya, apa pesan Nicholas untuk anak muda yang hobi menggambar ilustrasi tapi tidak mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekatnya?

“Terus berkarya dan fokus ke tujuan utama, apa tujuan kalian menggambar. Meskipun kadang-kadang kenyataan hidup menghadirkan tantangan, jangan pernah berhenti berkarya. Bisa menyalurkan passion dan hobi kita adalah kemewahan hidup. Kalau untuk karier, biasanya orang-orang terdekat kita tidak mendukung karena mereka tidak teredukasi. Mereka mengganggap menggambar ilustrasi tidak menjanjikan kemapanan karier. Mereka sebenarnya peduli pada kita. Kita bisa memberikan edukasi pada mereka pelan-pelan dan membuktikan kita bisa hidup dari bidang ini.”

Terus berkarya dan fokus ke tujuan utama, pesan sederhana tapi mengena dari Nicholas Filbert. Dengan memegang prinsip inilah Nicholas yang menyukai traveling–untuk mengusir kejenuhan dan mencari inspirasi–bertahan menekuni kecintaannya sejak kecil. Dia pun terus membungakan talentanya untuk mengerjakan proyek pribadi dan komersil.

Saat ini, Nicholas sedang menumpahkan fokusnya untuk mengerjakan proyek pribadinya, yaitu art book keempat. Semoga proses kelahirannya lancar, Nicholas!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

sumber : inspiratorfreak



loading...