1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Pengaruh Film Horor Pada...

Pengaruh Film Horor Pada Kesehatan & Psikologi Yang Mungkin Tak Disadari


Pengaruh Film Horor Pada Kesehatan & Psikologi Yang Mungkin Tak Disadari

Majunkri – Kematian wanita asal Bandung, Ella Nurhayati jadi topik hangat perbincangan publik. Bagaimana tidak, janda satu anak itu ditemukan tewas dalam kondisi yang sangat mengenaskan di rumahnya sendiri. 28 bekas tusukan pisau ditemukan di tubuhnya.

Pihak kepolisian masih berusaha untuk menemukan siapa pelaku pembunuhan keji tersebut. Saat ini, tersangka utama adalah orang terdekat dari Ella, yang merupakan putranya sendiri MA (16). Pasalnya, sesaat setelah terdengar teriakan dari Ella, warga setempat melihat MA berlari keluar TKP dengan tangan bersimbah darah dan memegang sebilah pisau.

Satu fakta menarik pada kasus ini adalah fakta bahwa Ella dan putranya sempat nonton film horor berdua, sehari sebelum kejadian. So, tak heran jika aksi pembunuhan itu dikaitkan dengan dampak dari film yang mereka tonton. Terlebih lagi, MA juga diungkapkan sebagai sosok anak penderita autisme.

Yang jadi pertanyaan besar, benarkah film bergenre horor atau yang bertema kekerasan membawa pengaruh buruk pada psikologi, hormon atau tubuh seseorang? Sebenarnya sudah banyak ahli yang melakukan penelitian mengenai hal ini. Dan berikut adalah beberapa fakta mengenai pengaruh film horor pada tubuh dan otak manusia…

1. Pengaruh Buruk Pada Kesehatan

Pengaruh Film Horor Pada Kesehatan & Psikologi Yang Mungkin Tak Disadari

Nonton film horor adalah sebuah kenikmatan yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Bahkan mereka yang sebenarnya takut masih banyak yang memaksakan diri untuk nonton.Nah tahukah kamu jika sebenarnya nonton film horor bisa berisiko pada kesehatan fisik dan mental seseorang tanpa mereka menyadarinya. Ketika kita nonton adegan yang intense, denyut jantung dan tekanan darah kita akan naik. Fakta itu bisa menyebabkan seseorang untuk kena serangan jantung, terlebih bagi mereka yang memang punya riwayat penyakit tersebut.

Bahkan meskipun kamu masih muda dan sehat, nonton film horor tetap bisa menimbulkan pengaruh buruk bagi kesehatan. Alasannya, ketika kamu ketakutan, maka tingkat dari adrenalin dan hormon kortison akan meningkat. Jika itu sudah terjadi, maka ingatan-ingatan traumatis di masa lalu bisa dengan mudah muncul lagi.

Nah, perubahan dalam keselarasan otak inilah yang membuatmu mengingat masa-masa ketika dirimu berada di dalam kondisi serupa, MESKIPUN kamu tak tahu atau tak merasa pernah punya kenangan seperti itu di masa lalu. Intinya, kalau kamu punya kenangan buruk di masa lalu yang sempat membuatmu ketakutan, maka nonton adegan horor bisa mengingatkanmu lagi akan momen tersebut.

2. Menjadikan Seseorang Lebih Agresif

Pengaruh Film Horor Pada Kesehatan & Psikologi Yang Mungkin Tak Disadari

Kebanyakan film horor saat ini tak melulu tentang penampakan hantu menyeramkan belaka, melainkan juga gabungan dari adegan-adegan kekerasan yang ekstrem. Nah, adegan-adegan kekerasan itu juga bisa mempengaruhi seseorang untuk menjadi lebih agresif, terutama bagi mereka yang punya masalah mengontrol emosinya.Sebenarnya aspek satu ini masih sering jadi perdebatan banyak orang. Tapi ada sebuah penelitian terbaru yang membuktikan bahwa nonton film dengan adegan kekerasan bisa membuat seseorang menjadi seorang bully di kehidupan nyata, meski mungkin untuk jangka waktu pendek.

3. Pengaruh Pada Hormon

Pengaruh Film Horor Pada Kesehatan & Psikologi Yang Mungkin Tak Disadari

Nonton film horor membuat seseorang mengeluarkan dopamin, sebuah hormon yang memiliki peran penting pada otak dan tubuh secara keseluruhan. Hal itu bisa membuat seseorang untuk pingsan atau mudah panik.Mereka yang biasanya dengan mudah terserang rasa panik setelah nonton film horor adalah anak-anak di bawah umur. Terlebih lagi jika mereka memang terlalu sering nonton genre tersebut. Reaksi fisik akan gambar atau adegan seram membuat tanganmu berkeringat, otot tegang, temperatur kulit menurun, dan juga meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

4. Malah Mengurangi Tingkat Kejahatan?

Pengaruh Film Horor Pada Kesehatan & Psikologi Yang Mungkin Tak Disadari

Meski beberapa studi membuktikan bahwa film horor atau kekerasan punya banyak pengaruh buruk, namun tak sedikit pula yang membuat kesimpulan berbeda. Seorang ekonom asal Amerika, Gordon Dahl dan Stefano DellaVigna belum lama ini menyebut jika film horor bisa membantu menurunkan tingkat kriminalitas.Dalam sepuluh tahun terakhir, duo ini melakukan penelitian mengenai jumlah kriminalitas dan hubungannya dengan film horor. Dan hasilnya, setiap sejuta orang nonton film kekerasan, laporan kekerasan di seluruh Amerika menurun hingga 1,2% di hari yang sama.

Nah, kalau kamu, apa alasanmu menyukai film horor atau kekerasan? Apakah kalian pernah merasakan perubahan dalam diri setelah nonton film-film tersebut? Tulis komentarmu ya!

Previous articleYouTube Sempat Down, Jutaan Orang Bingung dan Jadi Trending Twitter
Next articleBerniat Cabuli Anak SD di Toilet Mesjid, Seorang Pria Dihajar Warga








sumber : majunkri



loading...