1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Pasien Rumah Sakit Jiwa...

Pasien Rumah Sakit Jiwa Kebanyakan Kaum Pria, Ternyata Ini Alasannya


Jika kita berkunjung ke rumah sakit jiwa, atau melihat orang gila di jalanan, sadarkah kamu bahwa mereka yang terkena penyakit ini kebanyakan adalah laki-laki? Fakta ini memang sempat membuat banyak sosiolog bertanya-tanya, terlebih banyak penelitian dari para pakar psikolog dan badan kesehatan dunia (WHO) mengatakan jika wanita lebih rentan terkena depresi berat dan stres. Namun nyatanya, pengidap gangguan kejiwaan berat didominasi kaum pria.

Kondisi rumah sakit jiwa yang didominasi pria (solopos.com)

Lalu apa penyebabnya orang gila didominasi oleh kaum pria? Yuk simak penjelasannya.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Perbedaan hormon menjadi faktor utama pria lebih mudah terkena gangguan jiwa

Meskipun pada dasarnya penyakit jiwa tidak memandang jenis kelamin, namun ada beberapa faktor mengapa pria lebih rentan gila. Salah satunya ialah perbedaan hormon antara pria dan wanita.

Hormon estrogen dan endrofin pada wanita membuatnya lebih bahagia (solusisehatku.com)

Menurut Psikiater dari RSCM Kencana, dr Agung Kusumawardhana SpKJ(K), sebagaimana dilansir dalam laman liputan6.com, wanita lebih tahan terhadap gangguan jiwa dikarenakan ia memiliki hormon estrogen dan endrofin yang lebih banyak dari pria. Hormon ini dikenal mampu membuat orang lebih merasa bahagia dan sebagai penangkal berbagai gangguan kejiwaan.

Tanggung jawab dan tekanan hidup kaum pria lebih berat

Tanggung jawab dan tekanan hidup pria lebih berat (pesugihan.net)

Salah satu faktor seseorang terkena gangguan jiwa ialah karena faktor beban hidup yang cukup berat. Inilah yang dirasakan oleh kaum pria. Di struktur masyarakat yang hirarki gender masih terjadi sekat jauh seperti Indonesia, beban dan tanggung jawab seorang pria memang lebih berat.

Pria kurang bisa mengekspresikan kondisi psikologi

Salah satu mengurangi depresi ialah dengan mengekspresikan kondisi psikologi, seperti menangis atau curhat kepada sahabat. Sayangnya pria tidak terlalu baik dalam mengekspresikan kondisi psikologinya. Mereka lebih memilih memendam apa yang sedang menjadi beban pikiran.

Cowok tidak mampu mengekspresikan kondisi psikologinya (hipwee.com)

Padahal, menangis dan curhat persoalan hidup terbukti mampu membuat perasaan dan kondisi seseorang lebih baik. Itulah kenapa kamu disarankan menangis saat sedang galau, sebab setelah menangis kondisi mood mu akan lebih baik dan merasa lebih lega.

Itulah beberapa alasan kenapa kaum pria lebih banyak terjangkit gangguan jiwa dan gila dibandingkan wanita. Cara terbaik agar kamu terhindar dari segala gangguan jiwa ialah hiduplah dengan jiwa optimis dan selalu ceria.

 

 

sumber : inovasee



loading...