1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Pantai Ciamik di Jawa...

Pantai Ciamik di Jawa Barat yang Asyik untuk Ngadem!


Pulau Jawa memiliki banyak pantai cantik yang layak untuk dieksplor. Kalau sebelumnya Kita Muda pernah membahas pantai di Yogyakarta dan pantai terindah dan populer di Malang, kali ini Kita Muda akan  membahas pantai-pantai ciamik yang ada di Jawa Barat.

Pasti ngira Jawa Barat cuma punya Pantai Pangandaran atau Pelabuhan Ratu, kan?

Eittss…jangan salah. Pantai Pangandaran memang bagus, tapi masih ada lagi pantai kece lainnya yang wajib kamu eksplor di Jawa Barat. Penasaran apa saja? Simak yuk daftar wisata pantai Jawa Barat berikut ini.

1. Pantai Kejawanan, Cirebon

Lokasi: Jalan Yos Sudarso, Pengambiran, Cirebon, Jawa Barat | via: instagram @mazobhay

Selain berwisata sejarah di Cirebon dengan mengunjungi keraton, masjid, atau bangunan peninggalan Belanda, Kawan Muda juga bisa mencicipi keindahan Pantai Kejawenan yang letaknya tak jauh dari Pelabuhan Cirebon.

Banyak banget aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti berkeliling dengan kapal nelayan, duduk santai di pinggir laut menikmati angin sepoi-sepoi, berwisata kuliner di pinggir pantai, dan menikmati sunset Pantai Kejawanan yang luar biasa cantik.

2. Pantai Pasir Putih, Pangandaran

Lokasi: Cagar Alam Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis, Jawa Barat | via: instagram @apitooo

Pantai ini memiliki pasir putih bersih yang begitu membius mata. Ditambah dengan hamparan air laut berwarna biru yang menyatu sempurna dengan  birunya langit, menciptakan suasana tenang dan segar. Karena terletak di kawasan konservasi, Pantai Pasir Putih ini masih juga terjaga kealamiannya.

Perairannya dangkal  dan jernih sehingga kamu bisa bermain air atau snorkeling sepuasnya. Jalan-jalan di sekitar pantai, kamu akan menemukan banyak kulit keran dan potingan ganggang. Hemm, benar-benar tempat ‘kabur’ yang sempurna.

3. Pantai Madasari, Pangandaran

Lokasi: Jalan Pantai Eisata, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat | via: instagram @akusandiii

Adalah pantai yang menyuguhkan keindahan alam yang memukau, meski memang akses menuju pantai ini enggak mudah dan cukup menantang. Namun siapa yang akan melewatkan pantai yang masih asri dan alami ini?

Apalagi pantai ini punya pemandangan yang cukup unik, dengan pulau-pulau kecil dan pepohonan di sekitarnya, serta batuan karang yang semakin menyemarakkan keindahannya.

4. Pantai Batu Karas, Pangandaran

Lokasi: Desa Batu Karas, Jawa Barat | via: oktevy.wordpress.com

Pantai Batu Karas berada di satu garis pantai dengan Pantai Madasari. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tenang dan di sekitar pantai juga terdapat warung yang menjajakan hidangan laut lezat. Whoa, habis main air, langsung makan-makan di pinggir pantai. Seru abis, kan?

5. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Lokasi: Desa Gunung Batu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat | via: instagram @mochamadsiddiq

Dari Pangandaran kita melipir ke Sukabumi, ada Pantai Ujung Genteng yang sayang banget kalau enggak dieskplor, kenapa? Pantai ini cukup unik karena letaknya ‘menyendiri’ di balik ladang pertanian dan rindangnya pepohonan.

Berada di pantai ini membuatmu seolah-olah mengunjungi pulau-pulau terpencil yang asyik dan sejuk. Cocok banget, kan, buat yang sedang ingin melepas penat? Suasananya sepi, pemandangan air laut yang biru ditambah air putih bersihnya bikin pikiran jadi segar kembali, ah, sayang banget sih kalau enggak sempat mampir ke sini!

6. Pantai Santolo, Garut

Lokasi: Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat | via: instagram @kikiapriandy

Siapa yang menyangka kalau Garut memiliki pantai eksotis seperti Pantai Santolo? Selama ini mungkin lebih familiar dengan wisata alam pegunungan atau air terjun. Padahal, kalau mau mengulik lebih dalam lagi, Garut menyimpan pantai-pantai ciamik yang enggak kalah indah dengan pantai-pantai di Bali!

Pulau Santolo memiliki perairan yang sangat dangkal, sehingga kamu bisa melihat biota laut seperti ikan kecil, karang, dan hewan lainnya dengan jelas. Pemandangan di sekitarnya yang dikelilingi pepohonan hijau juga menyatu sempurna dengan pasir pantai putih bersih dan birunya laut. Karena dekat dengan perkampungan nelayan, olahan lautnya benar-benar segar dan menggugah selera! Paket komplit, kan?

7. Pantai Sayang Heulang, Garut

Lokasi: Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat | via: instagram @kikiapriandy

Kalau mampir ke Pantai Santolo, sekalian saja berkunjung ke Pantai Sayang Heulang karena letaknya berdekatan. Pantai ini enggak kalah eksotis dengan Pantai Santolo, sepaketlah pokoknya dua pantai tersebut, hehe.

Pantai Sayang Heulang memiliki pemandangan laut luas yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Pantai ini memiliki bentang pantai yang cukup pandang dengan pasir putih yang halus. Suasana pantainya masih bersih alami, benar-benar nyaman untuk menenangkan diri.

Bagaimana Kawan Muda? Pesona pantai di Jawa Barat enggak kalah indah dengan pantai-pantai cantik lain di Pulau Jawa, kan? Sudah membidik pantai mana yang akan masuk ke bucket list kamu selanjutnya?

sumber : kitamuda



loading...