1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Nyatanya Masuk Sekolah Swasta...

Nyatanya Masuk Sekolah Swasta Nggak Kalah Bagus dari Sekolah Negeri, Ini Alasannya


Memasuki tahun ajaran baru, banyak orang tua yang menginginkan anaknya masuk ke sekolah negeri. Banyak pertimbangan yang menjadi alasan kenapa mereka lebih memilih anaknya masuk ke sekolah negeri dibandingkan sekolah swasta.

Sekolah Swasta dan Sekolah Negeri yang Menonjol. (kanaanglobal.net)

Pada umumnya, yang menjadikan para wali murid lebih memilih sekolah negeri ialah terkait persoalan biaya dan kualitas pendidikan. Banyak yang beranggapan jika selain biayanya murah, sekolah negeri juga memiliki kualitas pengajaran yang lebih bagus.

Lalu apakah sekolah swasta selalu “kalah” jika dibandingkan dengan negeri? Ternyata tidak. Ada beberapa keunggulan sekolah swasta yang tidak dimiliki oleh sekolah negeri. Apa sajakah keunggulan tersebut?

Secara fasilitas, sekolah swasta umumnya jauh lebih baik

Jika kita cermati, kebanyakan fasilitas yang ditawarkan sekolah swasta umumnya lebih baik dibandingkan dengan sekolah negeri. Hal ini disebabkan pengelolaan keuangan sekolah swasta sepenuhnya dikelola pihak yayasan. Jadi, mereka bisa leluasa meningkatkan kualitas fasilitas kegiatan belajar mengajarnya.

fasilitas sekolah lebih baik (kumparan.com)

Sedangkan untuk sekolah negeri, keuangan mereka ditentukan oleh pemerintah. Mereka hanya diberi jatah yang kadang sangat kurang untuk membangun fasilitas sekolah yang cukup mumpuni.

Secara mata pelajaran, sekolah swasta lebih beraneka ragam

Keuntungan lainnya yang bisa kita dapatkan dari sekolah swasta ialah lebih bervariasinya mata pelajaran yang ditawarkan. Jika di sekolah negeri umumnya hanya fokus dengan mata pelajaran yang akan diujikan (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS) maka untuk sekolah swasta ada mata pelajaran lain yang tidak kalah ditekankan.

Belajar mengajar. (smkpgri16.sch.id)

Seperti misal, untuk sekolah swasta yang berada dibawah naungan Muhammadiyah, maka disitu peserta didik akan diberikan mata pelajaran tentang Ke-Muhammadiyah-an. Pun dengan sekolah NU, murid akan diajari mata pelajaran Ke-NU-an. dan hal ini terjadi pada sekolah swasta lainnya yang berada di bawah yayasan. Mereka akan memvariasikan mata pelajaran lebih beragam.

Secara kegiatan dan organisasi, sekolah swasta pun lebih bervariasi

Belajar Mengajar. (smpinstindo-smg.sch.id)

Sama halnya seperti pelajaran, biasanya variasi kegiatan dan organisasi sekolah swasta lebih banyak pilihannya. Jika sekolah negeri berkutat dengan organisasi OSIS, PMI, Paskibra, atau olahraga, namun di sekolah swasta banyak ditemukan kegiatan dan organisasi yang tidak kalah keren. Organisasi tersebut biasanya sengaja dibentuk sebagai nilai jual sekolah swasta.

Pelayanan sekolah swasta biasanya lebih baik

Sekolah swasta dikenal memiliki etos kerja dan pelayanan yang cukup prima. Hal ini karena mengingat biaya yang dikeluarkan orangtua siswa tidak sedikit, jadi pelayanan terhadap peserta didikpun lebih diprioritaskan. Tidak jarang, jajaran yayasan dan dewan guru mengadakan rapat internal untuk melakukan evaluasi rutinan, serta mendengarkan berbagai kritik dan masukan.

Pelayanan sekolah lebih baik. (ypacalvarybekasi.com)

Itulah beberapa keunggulan sekolah swasta dibandingkan dengan sekolah negeri. Ingat, yang menentukan kesuksesanmu bukan status sekolahmu. Melainkan bagaimana usahamu dalam meraih cita-cita.

sumber : inovasee



loading...