1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Nomor KTP dan KK...

Nomor KTP dan KK Kamu Dipakai Orang Lain Saat Registrasi SIM Card? Begini Solusinya


Meski sudah lewat batas tanggal registrasi SIM card pada tanggal 28 Februari lalu, permasalahan masih terus timbul. Yang terbaru adalah adanya laporan pelanggan yang mengaku nomor KTP alias NIK dan KK-nya dipakai orang lain untuk registrasi SIM card. Masalah ini jelas membuat sebal si pemilik nomor, karena diketahui satu NIK dan KK hanya bisa dipakai untuk tiga nomor SIM card saja.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemkominfo, Ahmad M. Ramli, membenarkan terdapat laporan masyarakat terkait pendaftaran nomor SIM card dengan NIK dan KK yang bukan menjadi haknya. Menurutnya, memang benar ada laporan seperti itu, tapi nggak ada kebocoran data yang dialami Kominfo dan operator seluler.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

SIM Card (Wikimedia)

“Telah dilakukan pendalaman yang terjadi yaitu penggunaan NIK dan KK yang tidak bertanggung jawab dengan berbagai modus mengingat NIK dan KK seseorang bisa diperoleh dengan berbagai cara,” ujar Ramli, dalam situs resmi Kemkominfo.

Lalu, bagaimana solusinya? Untuk mengatasi masalah ini, pelanggan perlu melakukan cek NIK miliknya apakah sudah digunakan oleh orang lain untuk registrasi SIM card atau belum. Caranya tergantung dari operator mana yang digunakan pelanggan. Caranya bisa kamu lihat berikut ini.

  1. Untuk pelanggan Telkomsel, bisa kunjungi website https://telkomsel.com/cek-prepaid
  2. Untuk pelanggan Indosat, bisa SMS: INFO#NIK kirim ke 4444 atau INFO#MSISDN kirim ke 4444, atau melalui website di https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index
  3. Untuk pelanggan XL Axiata, bisa pakai USSD: *123*4444# atau kunjungi website https://registrasi.xl.co.id/ulang
  4. Untuk pelanggan Tri, kunjungi website https://registrasi.tri.co.id
  5. Untuk pelanggan Smartfren, kunjungi website https://my.smartfren.com/check_nik.php
Ilustrasi SIM card (Pixabay)

Apabila kamu melihat nomor KTP-mu digunakan orang lain, atau dalam hal ini terlihat lebih dari satu nomor selain nomor kamu, maka kamu harus mendatangi gerai operator dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga. Bagi pengguna seluler yang menjadi korban pencurian identitas NIK dan KK untuk registrasi kartu SIM, pihak operator dapat memberikan bantuan dengan cara melakukan pemblokiran nomor yang terkait.

Semoga masalah ini bisa selesai dan nggak terulang kembali di masa depan. (tom)

sumber : jadiberita



loading...