1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Menurut Sains, Ini 6...

Menurut Sains, Ini 6 Hal yang Paling Bau Sedunia. Durian Termasuk Salah Satu Diantaranya Lho


Pernah mencium bau kaus kaki bekas yang belum dicuci? Atau bau telur busuk yang bisa bikin muntah?

Nah, kalau pernah, pasti tahu banget deh dengan baunya yang menyengat dan nggak sedap. Bisa-bisa, orang yang menciumnya muntah karena baunya yang nggak enak. Ternyata, bau-bauan yang muncul dari benda-benda itu karena unsur kimia yang terkandung di dalamnya, terutama karena struktur molekulnya. Penelitian tentang itu pernah dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience.

Ternyata bau kaus kaki bekas dan juga bau telur busuk bukan termasuk bau yang paling menyengat di dunia lho. Malah, buah durian lah yang memiliki bau paling menyengat di dunia menurut sains. Nggak cuma durian aja kok. Dilansir dari Sciencealert, inilah 6 hal yang punya bau paling menyengat di dunia. Penasaran kan apa aja. Yuk ulas bersama Hipwee News & Feature~

1. Meski banyak orang Indonesia yang tergila-gila sama durian, menurut sains, buah ini menghasilkan aroma paling tidak enak sedunia. Begini penjelasannya

Bau dari durian adalah campuran dari 44 senyawa penyebab bau via thetakeout.com

Siapa nih yang suka dengan bau durian? Walaupun kamu suka dengan bau durian, ternyata banyak juga lho yang nggak suka baunya. Emang sih, secara ilmiah, bau durian ini dipengaruhi oleh adanya 44 senyawa aktif bau yang membuat durian baunya bisa macam-macam mulai dari telur busuk hingga bau karamel yang enak.

2. Nggak hanya durian aja, Indonesia juga punya hal lain yang dianggap baunya sangat menyengat dan cenderung kurang enak. Hal itu adalah bunga Rafflesia arnoldii atau kerap dijuluki bunga bangkai karena baunya

Bunga bangkai mengeluarkan bau untuk membantunya melakukan penyerbukan via www.feedme.id

Bunga bangkai ini memang punya bau yang mirip bangkai dan sulit dideskripsikan. Ada yang bilang bahwa baunya mirip dengan mayat busuk dengan sedikit bau amis ikan dan juga kaus kaki lembab. Baunya memang berfungsi untuk menarik perhatian serangga atau lalat untuk membantu penyerbukan.

3. Hewan yang punya bau sangat menyengat adalah lesser anteater atau tamandua. Wajahnya sih lucu dan imut, tapi jangan salah, baunya sangat busuk, bahkan lebih busuk dibandingkan bau sigung

Wajahnya aja yang lucu, baunya nggak lucu sama sekali! via www.thesprucepets.com

Meskipun wajahnya lucu dan menggemaskan, tetapi jangan deh tertipu dengan itu. Hati-hati ketika mendekatinya karena dia akan mengeluarkan bau busuk. Bau busuknya diperkirakan lima hingga tujuh kali lebih nggak enak dibandingkan dengan bau yang dikeluarkan sigung. Sebenarnya tamandua ini mengeluarkan bau untuk mempertahankan diri dari musuhnya.

4. Makanan lain yang baunya nggak enak adalah keju yang bernama Vieux Boulogne. Baunya mirip kayak kotoran sapi. Nggak percaya? Buktikan sendiri aja~

Keju ini dinobatkan sebagai keju paling bau via id.pinterest.com

Selain masuk dalam daftar hal dengan bau paling menyengat, Vieux Boulogne merupakan keju paling berbau busuk di dunia. Di dalamnya terkandung bau mirip infeksi urin dan tuberkulosis menurut hasil penelitian menggunakan hidung elektrik yang bisa mendeteksi keduanya. Baunya mirip dengan kotoran sapi lho. Iyuh~

5. Nah kalau ini sih akan jarang ditemui yaitu kotoran purba. Meskipun sudah 700 tahun lamanya, baunya yang busuk itu masih tercium dan sangat menyengat lho!

Ini adalah gentong kotoran abad ke-14 yang masih bau meskipun sudah berusia 700 tahun via id.pinterest.com

Seorang arkeologis menemukan kotoran ini di Odense, Denmark. Kotoran ini sudah ada sejak abad ke-14 dan ditemukan dalam toilet purba. Bahkan ketika kotoran ditemukan dan dibuka dari wadahnya, baunya masih terasa busuk. Ini membuktikan bahwa bau busuk ini bertahan sangat lama.

6. Letaknya yang jauh nggak lantas membuat planet Uranus luput dari perhatian. Ternyata planet itu punya bau nggak sedap mirip dengan bau telur busuk lho. Tertarik buat kesana?

Planet Uranus sangat bau karena gas Hidrogen Sulfidanya via www.suratkabar.id

Berdasarkan penelitian terbaru, planet Uranus punya bau yang mirip dengan bau telur busuk. Ternyata, ada gas bernama Hidrogen Sulfida yang memang punya bau menyengat dan nggak enak. Gas itu melingkupi atmosfer planet Uranus dan membuatnya jadi bau banget.

Nah itu bau-bau yang paling ‘bau’ sedunia menurut sains. Tapi kalau menurut pengalamanmu sendiri, apa sih hal paling bau yang pernah kamu cium guys?

sumber : hipwee



loading...