1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Mengenal Rusa Bawean yang...

Mengenal Rusa Bawean yang Jadi Maskot Asian Games 2018


Photo: finia.id

Kompetisi olahraga terbesar di Asia Tenggara tinggal hitungan hari. Inspirator pasti sudah tidak asing lagi dengan maskot Asian Games 2018 yang akhir-akhir ini sering kamu temukan di tempat umum. Nah, salah satu hewan yang menjadi maskot Asian Games 2018 adalah rusa bawean.

Rusa bawean merupakan fauna langka yang saat ini jumlahnya kurang dari 300 ekor dan hanya dapat ditemui di Pulau Bawean–Jawa Timur. Karena sudah langka, rusa bawean ini dijadikan sebagai salah satu maskot Asian Games 2018 supaya banyak masyarakat lebih mengenalnya.

Photo: asiangames.id

Perbedaan rusa bawean jantan dan muda

Ternyata, rusa bawean jantan usia dewasa dan usia muda memiliki perbedaan. Perbedaannya terletak pada tanduk yang dimilikinya. Rusa bawean jantan dewasa memiliki satu tanduk yang bercabang tiga, sedangkan rusa bawean muda belum memiliki cabang pada tanduknya. Meskipun begitu, jika dilihat dari bentuk tubuh, rusa bawean jantan dewasa dan muda tidak memiliki perbedaan mencolok. Keduanya bisa memiliki ukuran tubuh dengan panjang sektiar 140 cm dan berat 65 kg.

Habitat rusa bawean

Selain karena adanya perburuan liar, salah satu alasan rusa bawean menjadi fauna langka karena rusa akan mudah stres dan kemudian mati jika berada di lingkungan yang tidak cocok. Habitat yang cocok untuk rusa bawean yaitu di kawasan hutan yang terletak pada ketinggian 2.600 m di atas permukaan laut atau bisa juga bertahan lebih lama pada habitat padang rumput. Di luar habitat tersebut, rusa akan sulit untuk beradaptasi, sehingga dapat memicu stres dan berujung pada kematian.

Hidup di penangkaran

Photo: faktualnews.com | Rusa bawean penangkaran

Banyak yang memburu rusa bawean secara liar untuk diambil tanduknya, sehingga hal ini menjadi salah satu penyebab terbesar rusa bawean menjadi langka. Maka dari itu, rusa bawean harus hidup di penangkaran. Saat ini penangkaran rusa bawean terletak di Pudakit Barat, Gresik, Jawa Timur. Rusa bawean menjadi hewan langka yang dilindungi dengan baik oleh Indonesia maupun organisasi internasional IUCN (International Union for Conservation of Nature).

Rusa bawean dijadikan maskot Asian Games 2018 dengan nama Atung, dan kehadirannya merupakan representasi dari kecepatan. Nah, itulah fauna langka dari Gresik yang menjadi maskot Asian Games 2018. Yuk, kita sama-sama jaga dan lindungi hewan langka satu ini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

sumber : inspiratorfreak



loading...