1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Menantikan Kehadiran Jaringan 5G...

Menantikan Kehadiran Jaringan 5G Untuk Mewujudkan Dunia yang Semakin Cerdas


Foto: techradar.com

Jaringan 5G adalah generasi selanjutnya dari konektivitas Internet mobile. Jaringan ini menawarkan kecepatan koneksi lebih tinggi di smartphone dan peralatan lain, melebihi yang sudah ada selama ini. Dengan menggabungkan teknologi jaringan paling mutakhir dan riset terkini, 5G menawarkan koneksi yang berkali-kali lipat lebih cepat daripada jaringan yang ada saat ini, dengan kecepatan unduh rata-rata sekitar 1 gigabit per detik. Kecepatan setinggi ini diharapkan menjadi sesuatu yang normal tidak lama lagi.

Jaringan ini akan menambah kuat peningkatan dalam teknologi Internet of Things, menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membawa data dalam jumlah sangat besar. Jaringan 5G memungkinkan terwujudnya dunia yang semakin cerdas dan lebih terkoneksi.

Jaringan terbaru ini nantinya berfungsi bersamaan dengan teknologi 3G dan 4G yang ada saat ini untuk menyediakan koneksi yang lebih cepat. Ini membuat orang-orang tetap online di mana pun mereka berada.

Kapan teknologi jaringan 5G dirilis?

Jaringan 5G diharapkan dirilis di seluruh dunia pada 2020. Amerika Serikat, China, dan Korea Selatan diduga menjadi beberapa negara pertama yang memasang jaringan 5G penuh. Negara-negara lain, termasuk Inggris, menyusul tidak lama kemudian. Banyak perusahaan mulai sibuk memastikan jaringan dan perangkat mereka “siap sambut 5G” pada 2020.

Finlandia bercita-cita menjadi salah satu pemimpin di dunia dalam teknologi 5G. Operator Internet bernama Elisa di Finlandia mengklaim menjadi yang pertama di dunia merilis jaringan 5G komersil. Elisa bahkan berkata telah meluncurkan jaringan generasi terbaru ini di Tampere, ibu kota Finlandia, dan Tallinn, ibu kota Estonia. Banyak operator mulai merencanakan meluncurkan jaringan 5G tahun depan.

Komunikasi 5G pertama di dunia

Momen ini diperingati dengan panggilan video antara Menteri Transportasi dan Komunikasi Finlandia, Anne Berner, dengan Menteri Urusan Ekonomi dan Infrastruktur Estonia, Kadri Simson. Panggilan ini dilakukan menggunakan perangkat terminal 5G komersil pertama di dunia yang disediakan Huawei.

Foto: techradar.com

“Jaringan 5G menjadikan mungkin untuk menggunakan aplikasi yang sepenuhnya baru di bidang-bidang seperti transportasi, perawatan kesehatan, perbaikan efisiensi energi, dan hiburan,” kata CEO Elisa, Veli-Matti Mattila.

“Finlandia sudah termasuk pemimpin global dalam hal penggunaan mobile data. Elisa secara aktif memampukan Finlandia untuk melanjutkan kepemimpinan dalam penggunaan mobile data dengan membuka jaringan 5G komersil pertama di dunia.”

Dia menambahkan, “Dengan bantuan layanan 5G, konsumen–baik sebagai konsumen korporasi maupun institusi–akan mendapatkan banyak nilai baru ketika aplikasi modern bisa digunakan dengan lebih efisien dan menjadi mungkin untuk mengembangkan aplikasi baru.”

(Sumber: techradar.com)

Dua negara Asia begitu percaya diri menjadi batch pertama yang meluncurkan jaringan 5G. Bagaimana dengan Indonesia, yang jaringan 4G-nya saja belum merata di seluruh wilayah?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

sumber : inspiratorfreak



loading...