1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Masakan Khas Kebumen, Sekali...

Masakan Khas Kebumen, Sekali Coba Langsung Ketagihan


Kebumen merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang menyuguhkan banyak destinasi wisata alam yang cantik. Misalnya saja ada Pantai Logending, Pantai Karang Bolong, Pantai Pecaron, Puncak Gunung Duwur, dan lain-lain. Berkunjung ke berbagai lokasi wisata di Kebumen, kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner-kuliner khas yang disuguhkan. Banyak masakan khas Kebumen yang memiliki rasa enak dan bikin tergila-gila, berikut ini beberapa contohnya.

1. Sate Ambal

Sate Ambal, Via Instagram bekasifood
Sate Ambal, Via Instagram bekasifood

Seperti halnya Padang, Kebumen juga memiliki sate khas yang sangat perlu dicoba saat berkunjung yakni sate ambal. Nama ambal ini merupakan nama daerah yang pertama kali membuatnya yakni Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal di pesisir selatan Kebumen. Sepintas, sate ambal ini mirip sate Madura karena sambal kacang. Khasnya, untuk membuat bumbunya adalah sambal tempe.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

2. Nasi Penggel

Nasi Penggel, Via Instagram widakusumaastuti
Nasi Penggel, Via Instagram widakusumaastuti

Tak kalah nikmat dari sate ambal ada nasi penggel yang merupakan perpaduan antara nasi, kikil atau jeroan sapi serta sayur nangka, daun singkong, tempe tahu dan juga melinjo. Bentuk nasi penggel ini menyerupai bola pingpong yang disajikan di atas daun pincuk. Nah, inilah ciri khas dari nasi penggel yang memanfaatkan daun pisang sebagai piringnya. Rasanya adalah gurih, manis dan akan berhasil membuat siapa saja keroncongan.

3. Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun, Via Instagram endahwee
Soto Tamanwinangun, Via Instagram endahwee

Sebenarnya soto khas Kebumen ini juga hampir serupa dengan soto daerah lainnya di Indonesia. Ada irisan bihun, tauge, bihun dan suwiran daging entok. Penggunaan daging itik atau entok inilah yang membedakan soto tamanwinangun dengan yang lainnya. Satu hal lagi, soto khas Kebumen ini juga menggunakan kuah santan yang sangat gurih sebagai paduannya.

4. Yutuk Goreng

Yutuk Goreng, Via Instagram ke2nai
Yutuk Goreng, Via Instagram ke2nai

Yutuk merupakan hewan laut yang sangat mudah ditemukan di pesisir pantai di Kebumen. Saking banyaknya yutuk di daerah Kebumen, khusunya di daerah Pantai Petanahan warga setempat selanjutnya memanfaatkan hewan laut ini menjadi rempeyek ataupun juga bakwan yang rasanya gurih nikmat. Jangan sampai lupa mencicipi kuliner satu ini jika sedang berkunjung ke Kebumen.

5. Soto Ayam Petanahan

Soto Petanahan, Via Instagram yuniaanggradewi
Soto Petanahan, Via Instagram yuniaanggradewi

Tak hanya soto tamanwinangun, Kebumen juga memiliki kuliner lainnya yang bernama soto ayam petanahan. Dalam seporsi soto ini akan ada komposisi suwiran ayam, taoge, ketupat, irisan daun bawang, dan lain-lain. Tidak ada soun ataupun ataupun juga irisan kubis. Rasanya begitu gurih, sangat kental dengan rempah-rempah seperti halnya jahe dan juga kunyit.

Itulah ragam kuliner khas Kebumen yang bisa untuk kamu cicipi. Merugilah kamu yang jalan-jalan ke Kebumen tanpa mencicipi berbagai kuliner khasnya.

sumber: travelingyuk



loading...