1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Mama Muda Zaman Now...

Mama Muda Zaman Now Mesti Paham 6 Manfaat Babywearing Ini. Lakukan Segera demi Masa Depan Anak


Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa menggendong bayi kemana-mana adalah tidak baik. Mereka berpendapat bahwa lebih baik bayi diletakkan saja saja di kasur atau di kursi bayi dan jangan digendong terus-terusan. Ada banyak aIasan di balik pendapat ini; mulai dari alasan bahwa bayi yang sering digendong kesehatannya akan tidak baik sampai alasan bahwa bayi akan ‘bau tangan’.

Namun ada juga sebagian orang yang bersikukuh pendapat bahwa ‘baby-wearing’ atau menggendong bayi memiliki banyak sekali manfaat. Apa manfaatnya?

1. Baby-wearing membuat bayi merasa nyaman

Pernahkah Anda bertanya mengapa bayi lebih senang digendong? Jawabannya karena bayi sudah terbiasa berada di dekat Anda setiap saat sewaktu masih di dalam perut. Ia senang mendengar detak jantung Anda, irama nafas Anda, bahkan suara Anda. Ketika digendong bayi merasa seperti masih berada di dalam perut ibunya, sehingga ia merasa nyaman. Bayi yang merasa nyaman bisa mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup dan lebih jarang menangis.

2. Baby-wearing mendukung “breastfeeding”/pemberian ASI

Saya sangat mendukung para Ibu yang bertekad untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Baby-wearing tentu saja sangat mendukung kegiatan pemberian Asi ini. Karena dengan menggendongnya, Anda bisa mengetahui apakah bayi Anda sedang kelaparan atau tidak. Anda bisa segera memberikan ASI sebelum si kecil terlalu lapar dan meronta-ronta ketika disusui.

Baca juga: Suka Duka MengASIhi: dari Pengalaman Saya, Seorang Ibu Pejuang ASI

Bayi yang cukup menyusu akan bertumbuh lebih sehat dibanding bayi yang kurang susu. Pertumbuhan berat badan si kecil pun pasti lebih baik jika ia cukup susu. Oh ya, ada satu nilai plus lagi jika Anda melakukan baby-wearing, yaitu ASI Anda pasti lebih lancar karena si kecil lebih sering menyusu.

naturalparentsnetwork

3. Baby-wearing meningkatkan kemampuan anak untuk bersosialisasi

Ketika menggendong si kecil kemana pun, Anda pasti juga mengenalkannya pada dunia. Ia bisa dengan nyaman melihat sekitar sambil mendengarkan suara Anda ketika bercakap-cakap baik dengan orang lain maupun dengan diri Anda sendiri. Dengan demikian kemampuan berkomunikasinya menjadi baik. Karena si kecil ikut ke mana pun Anda pergi, maka ia juga akan memiliki kemampuan lebih dibandingkan bayi-bayi yang hanya mengenal kamarnya dan tempat tidurnya saja.

4. Baby-wearing baik untuk kesehatan bayi

Surprise, surprise! Bertolak belakang dengan kepercayaan sebagian orang yang meyakini bahwa menggendong bayi buruk bagi kesehatan, justru terbukti bahwa menggendong bayi memberi lebih banyak manfaat. Bayi yang digendong tidak mudah terserang kolik atau acid reflux karena posisinya yang tegak. Selain itu, karena bayi merasa nyaman, maka ia akan mendapatkan istirahat yang cukup.

Baca juga: Inilah 5 Perilaku yang Mengubah Pria menjadi Ayah yang Hebat. Berubahlah demi Kebahagiaan Keluarga

5. Baby-wearing mendekatkan bayi dengan Ibu

Dengan sering menggendongnya, bayi akan lebih mengenal Ibu atau orang yang menggendongnya sehingga muncul ikatan (bonding) antara si bayi dengan penggendongnya. Dipercaya bonding ini dapat menghindarkan sang Ibu dari ‘postpartum depression’ atau yang sering disebut dengan ‘baby blues’ atau depresi pasca-melahirkan

6. Baby-wearing memungkinkan Anda untuk tetap berinteraksi dengan anak yang lebih besar

shininglightprenatal

Mungkin Anda memiliki anak yang lebih besar. Seperti dalam pengalaman saya, anak saya yang lebih besar masih berusia 2 tahun. Anak sulung saya ini masih sangat aktif dan juga sedang membutuhkan perhatian lebih. Dengan menggendong adiknya, saya bisa tetap berinteraksi dengannya. Saya masih bisa menggandengnya ketika berjalan-jalan, masih bisa bermain-main dengannya sambil tetap menjaga si kecil. Luar biasa sekali, bukan?

Sebagai seorang Ibu kita memang dituntut untuk menjadi Queen of Multitasking. Oleh sebab itu baby-wearing ini teramat membantu aktifitas kita yang lain.

Baca juga: Gemar Belajar : Inilah 3 Hal yang Dilakukan Orangtua yang Membuat Saya Menikmati Belajar

Bagaimana menurut Anda manfaat dari baby- wearing ini? Apakah Anda masih meyakini kepercayaan kuno bahwa menggendong bayi tidak baik untuk perkembangan bayi atau justru kini beralih menjadi seorang baby-wearer seperti saya?

Apapun pilihan Anda, lakukan yang terbaik bagi si kecil. Buatlah pilihan juga yang bisa mendukung aktifitas Anda sehari-hari. Jika Anda memutuskan untuk menggendong si kecil, pilihlah gendongan yang tepat untuknya dan tetap mengutamakan rambu-rambu keselamatan agar si kecil terhindar dari bahaya sesak nafas dan lain bahaya-bahaya lainnya.

Yang penting, jadilah ibu-ibu Zaman Now yang cerdas!

Di bawah ini adalah tulisan menarik lainnya:

Orangtua, Waspadalah! Predator Seksual Ada di Sekitar Kita. Kisah-Kisah Nyata Pelecehan Seks pada Anak Ini Buktinya

Anak Merasa Terjebak dalam Tubuh yang Salah? Orangtua, Lakukan 5 Hal ini untuk Menolongnya

sumber : ributrukun



loading...