1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Lakukan 4 Cara Ini...

Lakukan 4 Cara Ini Untuk Mengatasi Perasaan yang Mudah Tersinggung


Ada banyak sekali kepribadian seseorang, jika ada yang cuek maka ada pula yang sensitif atau bahkan hipersensitif. Watak tersebut membuat seseorang mudah terpancing emosinya, tak jarang hal tersebut membuatnya mudah tersinggung dengan tindakan dan ucapan orang lain. Siapa sih yang mau hidup dalam kemarahan dan kejengkelan terus-menerus hanya karena perasaannya yang terlalu sensitif?

Mudah tersinggung (Pinterest)

Perasaan tersinggung biasanya muncul karena salah paham dengan tindakan orang lain, atau ucapan yang tidak sengaja. Wajar kok jika seseorang pernah merasakan tersinggung dalam hidupnya, namun jadi tak nyaman jika perasaan tersebut seringkali muncul. Selain bisa menimbulkan konflik, tersinggung karena salah paham bisa merusak hubungan dengan orang lain. Lalu bagaimana cara mengatasi perasaan tersebut?

Cobalah selalu berpikir positif

Ketika ada seseorang mengucapkan sesuatu yang tidak menyenangkan dalam hati, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berpikir positif. Yakini bahwa apa yang dia ucapkan tidak bermaksud menyakiti, melainkan ada maksud lain yang baik. Pemikiran positif bisa menghilangkan salah paham dan menghindarkan pertengkaran yang tidak diperlukan.

Cobalah selalu berpikir positif (Pinterest)

Selain itu, kita juga dilatih untuk melihat suatu permasalahan dari sudut pandang lain. Bisa jadi menurut sudut pandang kita itu menyakitkan, namun bagi orang lain itu biasa saja. Melihat sesuatu dari banyak sudut pandang bisa menimbulkan pikiran positif.

Belajar rendah hati

Belajar rendah hati (medium.com)

Dengan bersikap rendah hati, kamu bisa belajar memberi respon perkataan atau perbuatan orang lain dengan hati yang luas. Rendah hati bukan berarti sikap bodoh atau ketidakmampuan untuk tegas. Namun sebuah sikap bijaksana untuk menyelamatkan diri sendiri dari rasa sakit hati.

Mengingatkan diri sendiri ketika mulai tersinggung

Ketika kamu mulai merasa ‘gerah’ dengan sikap orang lain coba tanyakan pada diri sendiri, “mengapa kamu harus merasa tersakiti? apakah hal tersebut layak menjadi sebuah masalah? Hal tersebut seharusnya biasa saja.” Atau kamu bisa mencari alasan lain untuk meredam rasa tersinggung yang mulai muncul.

Mengingatkan diri sendiri ketika mulai tersinggung (bonvitastyle.com)

Biasanya rasa tersinggung muncul ketika kamu salah menangkap maksud orang lain. Pesan yang ingin disampaikan tidak bisa ditangkap dengan baik sehingga menjadi salah paham. Membalikkan cara pandang menjadi salah satu cara ampuh untuk meredam perasaan marah karena tersinggung.

Coba untuk klarifikasi

Coba untuk klarifikasi (lovepositivethinking.com)

Jika kamu merasa tidak mampu berpikir positif atau melihat dari sudut pandang orang lain, tak ada salahnya untuk melakukan klarifikasi. Coba tanyakan baik-baik apa maksud seseorang melakukan tindakan tersebut atau mengapa dia mengatakan hal yang membuatmu salah paham. Mintalah penjelasan secara detail sebelum kamu mengambil kesimpulan.

Nah itulah beberapa cara untuk meredam perasaan mudah tersinggung. Pengendalian diri sangat penting untuk dilakukan, pun kesabaran harus dipupuk sedemikian rupa agar emosi tidak muncul berlebihan.

sumber : inovasee



loading...