1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Kulineran Sate khas Bali,...

Kulineran Sate khas Bali, Pedas Gurih yang Menggiurkan


Makanan khas Bali tidak hanya ayam betutu. Kamu bisa menemukan hidangan lain yang tak kalah menggiurkan. Sebut saja sate dengan sambal spesialnya. Berbeda dengan kota lain, ternyata Pulau Dewata memiliki beberapa sate khas yang memiliki keunikan tersendiri. Wah, penasaran apa saja sate khas Bali ini kan? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Sate Lilit

Sate Lilit khas Bali
Sate Lilit khas Bali via instagram/@savorystreet

Setelah ayam betutu, makanan khas Bali yang dikenal banyak orang adalah sate lilit. Hidangan ini tidak hanya ada di Bali, tapi juga sering dijadikan menu tambahan di restoran. Biasanya, bahan sate ini adalah daging sapi. Namun, kamu juga bisa menemukan sate lilit menggunakan daging ayam, ikan, babi, hingga kura-kura. Pengolahannya juga mudah karena daging pilihan dicincang kemudian dicampur dengan kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah dan merica. Kemudian, adonan tersebut dililitkan pada tusuk bambu sebelum dipanggang. Sudah pernah coba kan?

Sate Lilit
Sate Lilit via instagram/@sate_lilit_bu_made

2. Sate Susu

Sate Susu Khas Bali
Sate Susu Khas Bali via instagram/@dhaneeeeee

Sate khas Bali berikutnya yang terbilang unik adalah sate susu. Unik banget, karena sajian ini hanya ada saat bulan puasa. Sesuai dengan namanya, hidangan tersebut menggunakan puting susu sapi sebagai bahan dasar. Potongannya dibuat dadu yang kemudian direbus dan dibumbui. Menariknya lagu, bumbunya tidak menggunakan kacang dan kecap. Melainkan bumbu khusus yang berasal dari adonan tepung beras, santan, kencur, cabai merah, cabai rawit dan bawang putih. Untuk dapa menikmati menu ini mampir saja ke Jalan Ahmad Yani, Denpasar Barat. Lumayan dekat dengan Masjid Baiturrahman.

Sate Susu
Sate Susu via instagram/@dhaneeeeee

3. Sate Babi

Sate Babi khas Bali
Sate Babi khas Bali via instagram/@nomnombali

Olahan daging babi di Bali memang cukup banyak. Tidak hanya dimasak dengan bumbu rica-rica, ada yang diolah menjadi sate. Sambal yang digunakan tidak hanya kacang, kecap, serta irisan bawnag merah. Kamu juga dapat menemukan makanan ini dihidangkan dengan saus nanas atau kecap asin.

Sate Babi
Sate Babi via instagram/@kedaiaseng

4. Sate Plecing

Sate Plecing khas Bali
Sate Plecing khas Bali via instagram/@lisayu76

Selain dengan bumbu kacang dan kecap, ada sate babi yang disantap dengan sambal plecing, yaitu sambal yang terbuat dari cabe, tomat, garam gula, jeruk limau, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Mereka menyebutnya dengan sate plecing. Tidak hanya daging babi, bahan sate plecing juga menggunakan daging sapi. Rasanya, tak kalah nendang di lidah.

Sate Plecing
Sate Plecing via instagram/@sylvia.dean.lim

Nah, sudah tahukan apa saja sate khas Bali? Tak hanya tampilannya yang istimewa,rasa dari hidangan ini juga bikin ketagihan. Bagaimana, mau coba yang mana nih?

sumber: travelingyuk



loading...