1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Kuliner Khas Indonesia yang...

Kuliner Khas Indonesia yang Hanya Ada Saat Ramadan


Berbuka puasa merupakan hal yang paling ditunggu saat Ramadan. Tak salah jika akan banyak sekali menu atau takjil yang diburu. Menu-menu tradisional seakan bermunculan danjadi favorit banyak orang kala Ramadan. Bahkan sampai ada beberapa kuliner khas Indonesia yang munculnya kala Ramadan saja. Nah, berikut ini ada 5 kuliner khas Ramadan yang ada saat bulan puasa saja.

Kicak

Kicak, Via Instagram natgeoindonesia
Kicak, Via Instagram natgeoindonesia

Kicak atau ada yang menyebutnya sebagai Gethuk Kicak merupakan kuliner yang terbuat dari singkong. Ada yang menyebutnya dari Jogjakarta, ada pula yang menyebutnya merupakan kuliner khas Jepara. Bahan pembuat kicak ini dalah singkong, tepung pati, gula merah cair dan juga parutan kelapa. Rasanya manis dan mengenyangkan, sayangnya hanya ada saat Ramadan.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Sotong Pangkong

Sotong Pangkong, Via Instagram trisnaindonesia
Sotong Pangkong, Via Instagram trisnaindonesia

Warga Pontianak juga memiliki kuliner yang sangat khas Ramadan yang bernama Sotong Pangkong. Ini merupakan kuliner yang berbahan dasar cumi-cumi kering yang dibakar. Uniknya lagi, setelah cumi-cumi tersebut dibakar akan dipukul-pukul dengan menggunakan palu. Biasanya disajikan dengan menggunakan saus cabe dan juga cuka.

Bongko Kopyor

Bongko Kopyor, Via Instagram anindyakitchen
Bongko Kopyor, Via Instagram anindyakitchen

Ini merupakan kuliner khas Gresik yang ada saat bulan puasa saja. Tampilannya sangat unik dengan memanfaatkan daun pisang. Bahan untutk membuat kuliner ini adalah tepung beras yang dimasak menyerupai bubur. Sajiannya makin menggoda lantaran memanfaatkan roti, pisang, bubur mutiara, serutan kelapa muda, sagu, jelly dan tak lupa santan. Manis, legit dengan tekstur lembut yang cocok untuk takjil puasa.

Ketan Bintul

Ketan Bintul, Via Instagram rennyasti
Ketan Bintul, Via Instagram rennyasti

Dari Gresik kita melipir ke Serang. Ada kuliner bernama Ketan Bintul yang terbuat dari bahan baku nasi ketan yang dihaluskan. Uniknya, nasi ketan yang dihaluskan ini bakal disajikan dengan sepotong daging sapi yang lengkap dengan gulainya. Tentu saja akan memunculkan rasa yang begitu unik ya? Dahulu ini merupakan makanan kesukaan Raja-raja Banten dan sudah jadi menu Ramadan sejak abad 15 yang lalu.

Gulai Siput

Gulai Siput, Via Instagram jogjafoodhunter
Gulai Siput, Via Instagram jogjafoodhunter

Kuliner lain yang hanya ada saat Ramadan adalah Gulai Siput dari Riau. Gulai ini diolah dengan memanfaatkan rempah-rempah. Rasanya kuat dan aromanya enak. Siput yang digunakan di sini berasal dari areal persawahan yang banyak tersebar di Tanjung Pinang, Riau. Biasanya masyarakat Riau menyantapnya langsung, tapi ada beberapa yang menggunakannya sebagai lauk teman nasi.

Itulah kuliner khas dari berbagai daerah di Indonesia yang datangnya hanya ada saat bulan Ramadan saja. Kira-kira kalau di daerahmu apa saja menu khas yang hanya ada saat puasa Ramadan?

sumber: travelingyuk



loading...