1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. Kreatif Meski Bikin Was-Was,...

Kreatif Meski Bikin Was-Was, Tank Disulap Menjadi Wahana Permainan di Taman Bermain! |



Sebagai kendaraan militer berlapis baja dan beroda-gigi yang tangguh, tank merupakan salah satu pemandangan yang mengerikan, apalagi kalau kita melihat tank-tank tersebut sedang jalan ke sana-ke mari di zona perang. Jangankan jalan ke sana-ke mari,  tank diam saja sudah bikin ngeri. Mungkin karena tank merupakan salah satu kendaraan sekaligus senjata andalan yang kiprahnya melegenda sejak masa perang dunia dulu, tank menjadi identik dengan perang yang menakutkan.

Akan tetapi, tank ternyata nggak melulu menakutkan, lho. Di beberapa taman bermain di sejumlah negara, tank dijadikan pelengkap dan disulap menjadi wahana permainan ramah anak. Awalnya sih cukup mengundang kontroversi. Beberapa pihak mengatakan bahwa hal itu sama saja dengan mengenalkan perang dan senjata kepada anak-anak yang masih polos. Terlepas dari kontroversi yang mewarnainya, tank di taman-taman bermain ini menjadi wahana favorit bagi anak-anak. Karena selain bentuknya unik, tank-tank juga dicat sedemikian rupa sehingga menarik perhatian. Memang di mana saja sih taman bermain yang terdapat tank ramah anak itu?

1. Taman bermain di Museum Perang Patriotik Besar di Kiev, Ukraina

reibert.info

2. Taman bermain di Desa Holubla, Polandia. Tank mini nih ceritanya

www.flickr.com

3. Taman bermain di Omsk, Rusia. Kalau ini tampak seperti tank terbengkalai ya.

www.flickr.com

4. Taman bermain di Museum Teknik Militer Lesany, Republik Ceko. Sudah dimodifikasi dengan perosotan, lho!

imgur.com

5. Patton Park di Hamilton, AS. Masih tampak seperti aslinya, tapi tentu saja ‘senjata’ yang satu ini sudah nggak beroperasi

www.playgroundhunt.com

6. Taman bermain di Kota Sainshand, Mongolia. Ini sih bentuk tanknya saja sudah kayak mainan

www.flickr.com

7. Tanknya sendiri aja sudah cukup jadi taman bermain favorit bagi anak-anak di Kota Kecil Marromeu, Mozambik

www.flickr.com

8. Kendaraan militer di Kalemegdan Park di Belgrade, Serbia, ini hanya pajangan

andreasmoser.blog

9. Taman bermain di Tongbong Cooperative Farm, Korea Utara. Kalau ini tanknya sih “bohongan”, ya

www.flickr.com

10. Liberty Park di Texas, AS. Mungkin ada baiknya juga ya kalau tank dijadikan wahana bermain anak, karena itu berarti kendaraan tersebut nggak dipakai lagi untuk perang!

parksandplaygrounds.blogspot.co.id

Kalau dilihat dari sisi lain, tank-tank yang kebanyakan sudah berumur tua menjadi lebih berguna ketika ditempatkan di taman bermain. Dengan sedikit dimodifikasi dan dicat secantik mungkin, tank-tank menjadi “barang” baru yang dapat bermanfaat sebagai wahana permainan. Tidak dipoles saja, tank bisa menjadi tempat bermain yang menjadi sumber keceriaan tersendiri bagi anak-anak, seperti di Mozambik tadi misalnya.

Selain sebagai wahana permainan, tank merupakan peninggalan yang turut menjadi bagian dari peristiwa sejarah penting di masa lalu. Jadi, ini juga sekaligus bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak untuk mengenal sejarah. Asal orang tua bijak dan hati-hati dalam menerangkannya, sepertinya tidak akan menjadi masalah. Ya sekali lagi kembali pada kondisi dan kita menilainya itu seperti apa. Tapi emang keren sih bisa mengubah tank tak dipakai menjadi wahana permainan ramah anak gini. Beneran kreatif. Kalau menurut pendapatmu bagaimana?

sumber: YUKEPO



loading...