1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Knalpot Motor Keluarkan Asap...

Knalpot Motor Keluarkan Asap Berlebih, 5 Hal Ini Bisa Jadi Biang Keroknya


Knalpot motor memang digunakan untuk membuang gas emisi sebagai sisa pembakaran. Tapi yang perlu kalian tahu, knalpot tidak mengeluarkan asap berwarna lho Sahabat Boombastis. Kalau knalpot dari kuda besi kalian mengeluarkan asap warna hitam atau putih, berarti ada yang salah nih.

Yap, knalpot tidak seharusnya mengeluarkan asap berwarna. Alat pembuangan gas tersebut hanya boleh mengeluarkan udara yang tidak berwarna saja. Jika ada asap yang tiba-tiba keluar dari knalpot motor kalian, maka bisa jadi penyebabnya adalah hal di bawah ini.

Ruang bakar motor dimasuki oleh cairan oli

Salah satu penyebab dari munculnya asap pada knalpot adalah ruang bakar dimasuki oleh cairan oli. Nah, zat yang ada pada oli tersebut tidak dapat terbakar secara sempurna sehingga mengeluarkan asap berwarna putih pada knalpot.

Ruang bakar kemasukan oli [Sumber Gambar]

Dilansir dari laman hargamotor.co.id, jika ini dibiarkan terus menerus akan menimbulkan masalah seperti oli yang akan lebih cepat habis dari biasanya. Selain itu, pembakaran oli dapat membuat ruang bakar motor menjadi berkerak sehingga bisa menimbulkan macet sewaktu-waktu pada saat sedang bekerja.

Tergantung dari jenis knalpot

Kemudian, penyebab selanjutnya adalah dari jenis knalpot itu sendiri Sahabat Boombastis. Beberapa jenis alat buang gas emisi ini memang ada yang memiliki sistem untuk menyemprotkan oli ke dalam knalpot.

Dari jenis knalpot [Sumber Gambar]

Dikutip dari laman autoexpose.org, jenis knalpot yang menggunakan sistem ini biasanya adalah racing. Ini bisa terjadi karena oli disemprotkan di dalam gas yang akhirnya menghasilkan asap putih pada knalpot. Nah, sistem ini dipakai supaya knalpot racing bisa tetap bertahan meski dalam kondisi yang suhunya sangat tinggi.

Pemasangan ring piston yang tidak tepat

Faktor pemicu dari keluarnya asap pada knalpot yakni pemasangan ring piston tidak tepat. Nah, mengutip laman oto.detik.com kalau ring posisinya salah, maka oli dari bagian crankshaft bisa menyusup ke atas piston tersebut Sahabat Boombastis.

Ring piston salah penempatan [Sumber Gambar]

Akibatnya, ya seperti pada poin pertama tadi yaitu oli bisa masuk ke dalam ruang bakar. Maka dari itu, bagi kalian yang masih belum mahir memasang ring piston, lebih baik bawa saja ke bengkel. Sebab, ring piston ini tidak bisa sembarangan untuk memasangnya, tak boleh terbalik atau asal-asalan merangkainya.

Beberapa bagian knalpot ditempeli kotoran

Knalpot yang dalam kondisi kotor ternyata bisa menjadi salah satu faktor penyebab keluarnya asap lho. Dilansir dari hargamotor.co.id biasanya ini terjadi karena knalpot dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Knalpot kotor [Sumber Gambar]

Lalu, ketika knalpot tidak dibersihkan dalam waktu lama, maka kotoran tersebut akan menggumpal dan akhirnya membuat knalpot mengeluarkan asap berwarna putih. Tapi itu tidak hanya berlaku pada kotoran yang ada di dalam knalpot ya. Kotoran yang berada di leher knalpot juga ikut mempengaruhi nih Sahabat Boombastis. Jadi, kalian yang mempunyai motor, jangan membersihkan bagian body-nya saja ya. Bersihkan juga knalpot dengan cairan khusus.

Bagian liner atau silinder mengalami aus

Terakhir adalah liner atau silider mengalami keausan. Pada umumnya, aus pada bagian ini terjadi lantaran liner dan ring piston selalu bergesekan. Sehingga dalam jangka waktu tertentu, liner akan mengalami aus.

Liner motor aus [Sumber Gambar]

Jika aus ini sudah terjadi dan tidak segera diperbaiki, maka oli bisa masuk ke dalam ruang bakar nih Sahabat Boombastis. Nah, supaya ini tidak terjadi, kalian bisa melihat gejala awalnya seperti mesin susah dihidupkan. Dengan begitu, knalpot tidak akan sampai mengeluarkan asap.

Itu tadi adalah penyebab dari keluarnya asap pada knalpot. Oleh karena itu, supaya ini tidak terjadi, kunci utamanya adalah rajin untuk membawa motor ke tempat servis. Jangan hanya merawat body luarnya saja, tapi bagian dalam juga penting untuk diperhatikan.

The post Knalpot Motor Keluarkan Asap Berlebih, 5 Hal Ini Bisa Jadi Biang Keroknya appeared first on Boombastis.com | Portal Berita Unik | Viral | Aneh Terbaru Indonesia.

sumber : boombastis



loading...