1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. Ketahui Penyebab dan Ciri-Ciri...

Ketahui Penyebab dan Ciri-Ciri Kemandulan pada Pria dan Wanita


Ketahui Penyebab dan Ciri-Ciri Kemandulan pada Pria dan WanitaCiri-ciri orang mandul adalah salah satu dari sekian hal yang memang cukup dianggap tabu untuk diperbincangkan. Hal ini karena mandul merupakan masalah yang dapat menyebabkan munculnya rasa malu bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Kemandulan adalah hal yang tak pernah diinginkan khususnya bagi pasangan suami istri.

Meskipun mandul identik dengan pria, namun kaum hawa pun tak dapat terlepas dari kemandulan. Inilah yang membuat Anda juga harus waspada terhadap segala penyebab kemandulan serta ciri-ciri yang muncul di dalamnya.

Apa itu Infertilitas atau Kemandulan?

Sebelum mengulas tentang ciri-ciri orang mandul, tentu saja Anda harus memahami terlebih dahulu tentang apa itu kemandulan. Infertilitas atau kemandulan merupakan ketidakmampuan pasangan yang aktif secara seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi namun tak kunjung membuahkan hasil, dalam hal ini kehamilan pada wanita.

Penyebab dan Ciri-Ciri Orang Mandul

Kemandulan yang dialami oleh seorang pria dapat diakibatkan oleh beberapa penyebab mulai dari ukuran alat reproduksi hingga gangguan pada tahap ejakulasi. Sedangkan untuk kemandulan yang dialami oleh wanita, dapat disebabkan karena tidak suburnya sel telur dan beberapa faktor lain yang berhubungan dengan rahim. Untuk memahami secara jelas tentang faktor kemandulan baik pada pria ataupun wanita, simak ulasan berikut.

Penyebab Kemandulan pada Pria

Setidaknya terdapat 5 faktor yang menyebabkan kemandulan bagi seorang pria. Faktor-faktor tersebut mencakup ukuran alat reproduksi, terjadinya gangguan ejakulasi, infeksi prostat, gangguan hormonal, hingga terserang penyakit diabetes. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Ukuran Alat Reproduksi

Banyak yang menganggap bahwa ukuran alat reproduksi tak memengaruhi proses kesuburan pada pria. Padahal alat reproduksi memiliki peran yang cukup besar dalam pembentukan sperma. Apabila ukurannya normal namun jumlah sperma yang dihasilkan rendah, maka Anda harus segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.

  • Gangguan pada Ejakulasi

Penyebab selanjutnya adalah adanya gangguan pada tahap ejakulasi. Beberapa contoh gangguan ejakulasi dapat dilihat dari terjadinya ejakulasi dini maupun ejakulasi yang hanya bertahan sebentar saja. Hal ini karena cairan semen yang harusnya masuk ke kandung kemih tak dapat dikeluarkan secara optimal.

  • Infeksi Prostat

Prostatitis atau infeksi prostat menjadi penyebab selanjutnya dari kemandulan pada pria. Meskipun sifatnya sementara, namun apabila infeksi prostat tak segera ditangani, maka bukan hal yang tak mungkin apabila kemandulan yang dialami tersebut akan bersifat permanen. Mengapa? Ini karena infeksi prostat yang sudah parah akan berkembang menjadi kanker prostat.

  • Gangguan Hormonal

Penyebab lain dari kemandulan adalah karena gangguan hormonal yang nantinya menyebabkan berkurangnya produksi sperma. Untuk hormon yang berfungsi dalam proses reproduksi dikenal dengan nama hormon luteinizing yang membantu merangsang produksi spermatogenesis dan testosteron.

  • Diabetes

Selain beberapa penyebab di atas, penyakit diabetes juga dapat menyebabkan kemandulan para pria. Mengapa bisa terjadi? Ini karena diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada DNA sperma sehingga tak akan dapat melakukan pembuahan.

Ciri-Ciri Pria Mandul

Anda telah mengetahui beberapa penyebab paling umum yang dapat menyebabkan kemandulan pada pria. Untuk itu, berikut adalah beberapa ciri-ciri orang mandul pada pria yang juga harus Anda pahami.

  • Terjadi Perubahan pada Rambut

Sebagai informasi, pertumbuhan rambut terutama pada bagian wajah pria dapat menjadi ciri apakah ia memiliki tingkat kesuburan yang tinggi atau tidak. Pasalnya pria yang memiliki banyak rambut di wajah seperti pada jenggot, kumis, dan alat reproduksi mencerminkan bahwa kadar dan tingkat hormon yang dimilikinya sangat baik. Hal ini karena pertumbuhan rambut juga sering dihubungkan dengan masalah pada kromosom atau kelainan genetik lain dalam tubuh.

Mengenai masalah pertumbuhan rambut, seorang pria yang masih muda namun mengalami banyak kerontokan rambut hingga kebotakan juga dapat dikategorikan dalam ciri-ciri orang mandul. Meski demikian, hal yang harus diperhatikan adalah apabila kondisi ini tak memengaruhi produksi sperma berkualitas, tentu bukan hal yang perlu ditakutkan. (baca juga: cara mengetahui masa subur wanita dan pria agar cepat hamil)

  • Hasrat Berhubungan Seksual Rendah

Ciri-ciri orang mandul yang selanjutnya adalah hasrat seksual yang dimilikinya sangat rendah. Secara naluri, pria memiliki hasrat seksual yang cukup tinggi. Bagi pria mandul, mereka akan kehilangan hasrat tersebut karena tingkat hormon yang dimilikinya rendah. Untuk masalah yang satu ini, terbilang cukup berat dan harus segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

  • Pertumbuhan Dada tak Normal

Ciri yang ketiga adalah ketika ukuran dada pria tidak normal. Kondisi ini terjadi saat bagian dada pria mengalami pembengkakan berlebih akibat hormon estrogen serta progesteron yang tak seimbang. Biasanya pria yang mandul memiliki ukuran dada yang lebih besar, baik keduanya atau hanya salah satu bagian saja.

Untuk Anda yang mengalami ciri-ciri ini, tak perlu khawatir karena kondisi ini bukanlah masalah yang serius. Kelainan berupa produksi hormon estrogen yang terlalu banyak dapat menghilang perlahan dengan sendirinya.

  • Tubuh Berlemak

Memiliki tubuh yang gemuk dan berlemak bukan berarti organ reproduksi yang dimiliki bekerja dengan baik. Pasalnya tumpukan lemak yang menyebabkan kegemukan dapat menurunkan kadar testosteron. Kondisi ini akan membuat proses produksi sperma semakin rendah pula.

  • Terjadi Pengeroposan Tulang

Ciri pria mandul yang selanjutnya adalah terjadinya masalah pengeroposan tulang. Hal ini masih berhubungan dengan kadar testosteron dalam tubuh. Ketika jumlah testosteron berkurang, maka akan membuat tulang kehilangan massanya. Masalah yang satu ini juga dapat membuat kemampuan pria dalam menyerap kadar kalsium menjadi lebih rendah.

Penyebab Kemandulan pada Wanita

Setelah mengetahui penyebab serta ciri-ciri kemandulan pada pria, kini saatnya Anda mengetahui beberapa penyebab kemandulan yang dialami oleh wanita. Setidaknya terdapat beberapa faktor yang memicu kemandulan pada wanita, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Endometriosis

Endormetriosis adalah kondisi di mana pertumbungan jaringan implan pada uterus atau luar rahim mengalami ketidaknormalan. Hal ini dapat menyebabkan sel telur lengket pada organ reproduksi sehingga sulit terjadi pembuahan oleh sperma.

  • Infeksi Organ Reproduksi

Penyebab yang kedua adalah terjadinya infeksi pada organ reproduksi wanita. Hal ini akan menyebabkan tingkat keasaman pada organ reproduksi wanita semakin tinggi sehingga membunuh semua sperma yang masuk. Tak hanya itu saja, infeksi organ reproduksi wanita juga dapat mengakibatkan sel telur dan sperma tak akan dapat bertemu.

  • Menopause Dini

Sebagai informasi, menopause dini merupakan kondisi di mana siklus menstruasi berhenti dan terjadi pada wanita yang masih berusia di bawah 40 tahun. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan menopause dini yakni pengobatan kemoterapi dan radiasi, penyakit yang menyerang sistem imun, dan kebiasaan buruk seperti merokok.

  • PCOS (Polycystic Ovary Syndrom)

Ini adalah salah satu kelainan yang tentu sangat ditakuti oleh wanita. Hal ini karena wanita yang menderita PCOS cenderung memproduksi hormon androgen yang lebih banyak dan biasanya dikaitkan dengan obesitas serta resistensi insulin. Hingga saat ini, belum ada obat-obatan yang dapat menyembuhkan PCOS.

  • Kanker Rahim dan Tumor

Penyebab terakhir kemandulan pada wanita adalah adanya tumor dinding rahim. Hal ini karena tumor yang berukuran besar akan mengubah bentuk uterus wanita. Selain itu, kanker pada leher rahim juga menjadi faktor terbesar yang dapat mengganggu proses pembuahan.

Ciri-Ciri Wanita Mandul

Anda telah mengetahui beberapa penyebab kemandulan seperti yang telah dijelaskan di atas. Kini saatnya Anda mengetahui ciri-ciri orang mandul sehingga nantinya Anda dapat melakukan langkah-langkah tepat untuk mengatasinya sebelum terlambat. Adapun ciri-ciri orang mandul adalah sebagai berikut:

  • Menstruasi Berat

Ketika seorang wanita mengalami menstruasi dalam periode yang sangat berat tak menjamin bahwa itu menjadi pertanda kesuburan. Hal ini karena kelebihan darah yang keluar ketika menstruasi dapat menjadi tanda-tanda awal yang memicu kemandulan.

Menstruasi berat dicirikan dengan keluarnya banyak darah dari organ reproduksi dengan jumlah berlebih dan sering terjadi. Pada kondisi seperti ini, akan terjadi penebalan pada bagian dinding rahim, menyebabkan hormon tak seimbang, hingga tingkat stress tinggi. Adapun faktor yang membuat terjadinya menstruasi berat adalah tak adanya hormon progesteron dalam tubuh sehingga ovarium tak dapat menghasilkan sel telur.

  • Menstruasi Tidak Teratur

Ciri-ciri orang mandul pada wanita yang kedua adalah menstruasi yang tak teratur. Hal ini terjadi ketika siklus menstruasi terjadi sangat lambat atau bahkan sangat cepat. Saat menstruasi terjadi, darah yang muncul sangat berat. Ini menjadi salah satu ciri di mana tubuh tak mengalami ovulasi sama sekali. Untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya cara adalah membawanya ke dokter agar segera mendapatkan penanganan tepat.

  • Banyaknya Rambut pada Tubuh

Ciri lainnya adalah muncul banyak rambut pada bagian tubuh wanita. Pada umumnya, wanita memiliki rambut lebih sedikit apabila dibandingkan dengan pria. Namun ketika produksi hormon androgen sangat tinggi dalam tubuh, maka akan muncul banyak rambut halus di bagian tubuh wanita seperti ketiak, atas bibir, pergelangan tangan, wajah, perut, dan dada. Ini adalah akibat dari kelainan PCOS seperti yang telah dijelaskan di atas.

  • Rambut Mengalami Kerontokan Parah

Adapun ciri-ciri kemandulan pada wanita yang cukup serius adalah ketika rambut mengalami kerontokan parah. Masalah yang satu ini disebabkan karena kelenjar tiroid tak normal, anemia, produksi hormon androgen yang terlalu tinggi, hingga penyakit autoimun.

Itulah beberapa ciri-ciri orang mandul yang harus Anda ketahui. Jadi ketika Anda menikah dan memiliki intensitas seksual yang cukup tinggi namun tak kunjung membuahkan hasil, alangkah baiknya apabila segera membawa masalah ini ke dokter. Semoga bermanfaat.

sumber : dedaunan



loading...