1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. Kenali Teknik SMART, yang...

Kenali Teknik SMART, yang Bakal Bikin Kamu Jadi Manusia Cerdas! |



Satu hal dasar yang membedakan orang sukses dengan orang yang gagal adalah perencanaan. Orang sukses cenderung bisa merencanakan dengan baik sehingga mereka bisa mencapai kebahagiaan. Kebahagiaan tercapai akan membuat mereka bekerja dengan produktif karena tidak perlu ada yang mereka khawatirkan. Pernyataannya bagaimana mereka bisa membuat hal itu terjadi sesuai dengan yang mereka inginkan?

Melansir laman Lifehack, melaporkan bahwa jawaban itu adalah SMART. Ini adalah singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time Bound. Penjelasan mengenai SMART akan membuat mimpi kamu menjadi lebih mudah untuk dicapai.

www.toolshero.com

Specific artinya dalam membuat tujuan dan target kamu harus spesifik dan detail. Jika kamu menuliskan targetmu terlalu umum, kamu akan kebingungan dan cenderung mencapai target di luar yang kamu inginkan. Oleh karena itu, kamu harus sedalam mungkin menulis tujuan yang ingin kamu capai.

Selanjutnya, Measurable adalah target kamu harus bisa diukur. Contoh jika targetmu adalah ingin menjadi kaya, itu kurang tepat karena kaya itu relatif. Kamu harus bisa mendefinisikan kaya itu seperti apa dan sejelas mungkin. Apakah akan kamu ukur dengan kekayaan berupa uang atau seperti apa.

Baca Juga : Anti-Mainstream! Varian Rasa Baru Oreo Hot Chicken Wings dan Wasabi. Tertarik Mencoba?

www.sciencedaily.com

Achievable artinya tujuan itu bisa kamu capai dan masuk akal. Jika tujuanmu tidak masuk akal, maka sampai kapan pun kamu akan kesulitan mencapai tujuan itu. Selain itu, kamu juga harus realistis dalam membuat tujuan. Dengan berpikir realistis, kamu bisa mencapai tujuanmu dengan mudah.

Cara berpikir realistis adalah dengan mengetahui kelemahan dan kelebihanmu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa membuat tujuan yang lebih realistis. Terakhir, Time bound yaitu kamu harus bisa menulis target dengan waktu yang masuk akal untuk dicapai. Jadi, kamu harus menulis tenggat waktunya kapan kamu bisa menyelesaikan tujuanmu.

www.incarabia.com

Lantas, bagaimana caranya mengaplikasikan teknik SMART? Caranya kamu bisa membuat tujuan untuk jangka panjang, menengah, dan pendek. Ketiga tujuan tersebut harus saling berhubungan. Lalu, kamu eksekusi tujuan itu mulai dari jangka pendek. Ketika kamu sudah berhasil mengeksekusi idenya, maka kebahagiaan dan kepuasan akan tercapai sedikit demi sedikit.

Mengapa harus dipecah jadi 3 tujuan dengan jangka waktu yang berbeda? Karena kita sadar bahwa jangka waktu panjang akan sulit tercapai jika hanya berdiri sendiri. Oleh karena itu, agar tujuan hidupmu tetap terarah, kamu harus memecah tujuan hidup jangka panjang menjadi lebih kecil.

Itulah teknik SMART yang bisa kamu gunakan dalam hidupmu. Teknik ini akan membuat tujuan hidupmu lebih jelas dan memotivasi kamu untuk mencapai kesuksesan, menghemat waktu, dan membuat kamu menjadi pribadi yang disiplin. Kamu bisa mulai menerapkan teknik SMART dalam skala waktu harian terlebih dahulu jika kamu kesulitan. Salam sukses!

sumber: YUKEPO



loading...