1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Jika 10 Tanda Ini...

Jika 10 Tanda Ini Terjadi di Tubuhmu, Kesehatanmu Nggak Baik-baik Saja. Waspada! |



Tubuh sebenarnya sering memberikan tanda-tanda yang berhubungan dengan kondisi kesehatan. Hanya saja, sering kali kita mengabaikannya dan masa bodoh. Saat kemungkinan terburuknya kejadian, baru deh bingung sendiri.

Nah, untuk mencegah hal buruk itu terjadi beneran, coba kamu cocokkan beberapa tanda berikut dengan kondisi kesehatan tubuhmu. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, guys! Kamu bisa tahu lebih awal dan bisa 

1. Kulit yang bermasalah

id.pinterest.com

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang bisa memberimu tanda-tanda tentang kesehatan. Misa jerawat di bagian wajah atau tubuh tertentu bisa menandakan gangguan pada organ dalam kamu. Seperti masalah pencernaan, organ reproduksi, produksi hormon berlebih, alergi, stres dan lain sebagainya.

PILIHAN EDITOR

  • Tirukan 8 Kebiasaan Ini, Biar Postur Tubuh Tetap OK dan Nggak Bungkuk Terlalu Dini

Baca Juga : Jarang Diketahui, Inilah Segudang Manfaat dari Bawang Merah yang Penting buat Kesehatan

2. Susah tidur

id.pinterest.com

Buat kamu yang sering insomnia, kamu dihadapkan pada beberapa kemungkinan. Beberapa di antaranya adalah terlalu banyak mengkonsumsi kafein, kurang bergerak saat pagi dan siang hari, atau juga bisa itu tanda kalau kamu stres berkepanjangan. Hal ini yang bikin kamu lebih sering gelisah dan jadi susah tidur.

3. Bermasalah saat buang air

id.pinterest.com

Warna urine yang sehat adalah kuning pucat dan tidak berbau. Jika kamu menemukan urinemu tidak seperti itu, perlu hati-hati nih. Mulai konsumsi lebih banyak air putih. Perhatikan juga frekuensinya, setiap harinya orang normal mengeluarkan urine sekitar 5-7 kali.

4. Bibir pecah-pecah

id.pinterest.com

Selain dehidrasi, bibir pecah-pecah merupakan tanda bahwa kamu kekurangan asupan vitamin. Coba tengok menu makananmu apakah sudah seimbang?

5. Kuku yang buruk

id.pinterest.com

Kondisi kuku sehat adalah berwarna merah muda. Jika warna kukumu agak pucat, kamu mungkin mengalami anemia atau kurang gizi. Jika warnanya sudah sangat putih, bisa jadi kamu mengalami gangguan pada bagian liver. Sementara, jika warnanya kuning, itu bisa menjadi tanda kamu terkena gejala diabetes, tiroid, atau paru-paru. Jika kehitaman, bisa jadi ada gangguan dengan paru-paru.

6. Suhu tubuh berubah-ubah

id.pinterest.com

Kaki dan tangan temanmu dingin, bukan berarti dia hantu. Itu tanda bahwa mungkin ada masalah dengan peredaran darahnya sehingga darah tidak mengalir dengan merata. Sering terjadi pada tangan dan kaki. Jika terjadi beberapa kali, kamu bisa lakukan peregangan dan memperbaiki posisi duduk atau tidurmu.

7. Sering lupa atau hilang fokus

id.pinterest.com

Hal ini bisa saja terjadi ketika aliran darah ke otak tidak lancar, bisa jadi karena timbunan lemak yang menghambat aliran darah.

8. Sering merasakan gatal-gatal

id.pinterest.com

Bisa jadi kamu alergi pada sesuatu yang belum kamu tahu. Namun, di level lebih tinggi, gatal-gatal berlebihan bisa juga tanda ada gangguan dengan livermu.

9. Tubuhmu menyusut

id.pinterest.com

Banyak yang tidak percaya tubuh bisa menyusut, dalam artian tinggi badan dan masa tulang ya bukan lemak. Ternyata itu mungkin terjadi jika kamu kekurangan kalsium dan vitamin yang bisa mempengaruhi tulangmu.

10. Muncul uban

id.pinterest.com

Kamu masih muda tetapi sudah mulai beruban? Selain karena faktor genetik, itu bisa jadi tanda gangguan tiroid, kekurangan vitamin B12, atau anemia.

Jika kamu menemukan salah satu dari tanda-tanda aneh di tubuhmu, kamu tetap perlu mengkonsultasikannya ke dokter dan pakar yang terpercaya. Tetap jaga kesehatan ya, guys!

sumber: YUKEPO



loading...