1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Jangan Dulu Dikupas, 11...

Jangan Dulu Dikupas, 11 Buah dan Sayur Ini Justru Lebih Sehat Dimakan Sekalian Kulitnya


Mengupas kulit buah atau sayur lalu memakannya sekaligus sebenarnya nggak jadi masalah, asalkan dua sumber makanan ini tetap ada dalam daftar menu harian. Tapi eh tapi, tahu nggak sih kamu kalau sebenarnya kandungan vitamin, mineral, dan senyawa lain yang bermanfaat dalam buah dan sayur justru paling banyak tersimpan di kulitnya, seperti dilansir dari Hello Sehat. Artinya, kalau kulitnya dikupas, kamu malah akan kehilangan sekitar sepertiga dari nutrisi yang ada di dalam buah atau sayur. Sayang, kan?

Mending jangan latah ngupasin dulu, beberapa buah dan sayur ini lebih sehat kalau dimakan sekaligus kulitnya lo!

1. Setengah dari keseluruhan kandungan serat dalam apel itu ada di kulitnya lo! Yakin mau dikupas?

bikin kenyang lebih lama via healthprep.com

Dalam kulit apel terdapat kandungan senyawa pektin yang ampuh basmi kolesterol dan gula darah, pun bikin kamu kenyang lebih lama. Kulit apel juga punya kandungan vitamin K yang 4 kali lebih banyak untuk proses pembekuan darah, mengaktifkan protein untuk pertumbuhan sel dan pemeliharaan tulang. Belum lagi kandungan antioksidan quercetin seperti yang juga dimiliki bawang merah yang baik untuk paru-paru, mencegah pikun dan melawan kerusakan jaringan otak. Mengupas kulit apel malah bikin kamu rugi bandar!

2. Anggur juga baik dimakan sekaligus kulitnya yang mengandung resveratrol, antioksidan antikanker

rahasia awet muda via www.expatica.com

Kulit anggur merah mengandung banyak serat dan resveratrol yang merupakan salah satu sumber antioksidan. Resveratrol ini bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak, memperlambat sel kanker, juga bikin wajah lebih awet muda. Jadi, setelah mencuci bersih anggur, langsung konsumsi sekaligus kulitnya, ya!

3. Dalam kulit terung, terdapat zat antioksidan nasunin yang sangat baik bagi kesehatan jaringan otak

lagipula lebih enak kalau nggak dikupas via www.maangchi.com

Kulit terung yang berwarna ungu mengandung 300 mg senyawa nasunin, sejenis antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel otak, juga melindunginya dari perkembangan sel kanker. Kulit terung juga mengandung potasium, magnesium dan serat serta asam klorogenik yang meningkatkan toleransi glukosa. Ingat ya, jangan dikupas kulitnya.

4. Kiwi yang dimakan beserta kulitnya beri manfaat serat dan vitamin C tiga kali lipat lebih banyak daripada daging buahnya

vitamin C nya jauh lebih banyak via www.medicalnoscriptx157.jpg 250w, https://www.kaaget.com/blog/wp-content/uploads/2018/10/hipwee-cucumbers.jpg 1504w” sizes=”(max-width: 640px) 100vw, 640px”>

nggak perlu repot-repot ngupasin kulitnya via blog.myfitnesspal.com

Hampir semua serat pada mentimun terkandung di kulitnya, sementara, dagingnya lebih banyak mengandung air. Warna hijau dari kulit mentimun mengandung antioksidan, serat, potasium, fosfor, kalsium dan vitamin K yang berguna untuk menurunkan berat badan, menambah kesehatan mata dan tulang.

6. Nggak harus dimakan langsung dengan buahnya, kulit jeruk yang seratnya lebih banyak bisa kamu campurkan dalam minuman atau makanan lainnya kok

campurkan dalam teh hangat via theherbykitchen.wordpress.com

Kulit jeruk mengandung dua kali lipat vitamin C, riboflavin, vitamin B6, kalsium, magnesium, dan potasium. Juga mengandung senyawa Polymethoxylated flavones (PMF) yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol. Bahkan penelitian pun pernah membuktikan bahwa kulit jeruk punya senyawa alami yang dapat melawan kanker. Nggak perlu dimakan atau dikunyah juga bareng buahnya karena rasanya yang agak pahit, cukup diseduh bersama minuman hangat atau diparut dan dicampur ke dessert.

7. Kulit wortel kaya akan kandungan polycatylenes yang berfungsi sebagai zat antiradang, antibakteri, bahkan antijamur

langsung cuci terus dimasak aja via www.chefsteps.com

Senyawa polyacetylenes pada wortel terkonsentrasi tepat di bawah kulit. Polyacetylenes diyakini mengandung antijamur, antibakteri, dan memiliki efek antiinflamasi. Polyacetylenes termasuk senyawa kimia yang tengah diteliti terkait potensinya untuk membunuh sel kanker. Jadi, sekarang, mending nggak usah kupas wortel tebal-tebal, cukup dicuci bersih saja.

8. Kulit buah plum mengandung senyawa phytonutrient yang bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Kamu harus banget makan buah sekaligus kulitnya

malah jadi penetral rasa lo via servingjoy.com

Kulit plum dengan warna-warni yang beragam mulai dari merah, ungu maupun biru kehitaman mengandung lebih banyak serat dibandingkan daging buahnya. Kulitnya mengandung phytonutrient, senyawa yang membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Mengkonsumsinya tanpa mengupas kulit juga membantu menghilangkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya lo!

9. Kulit kentang ternyata kaya akan serat, zat besi, hingga asam folat dan antioksidan yang tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh

langsung makan bareng kulitnya via ibakeheshoots.com

Dibanding dagingnya, kulit kentang mengandung lebih banyak serat, zat besi, dan asam folat. Para peneliti di Unibersity of Maine menemukan bahwa kulit kentang mengandung antioksidan 5 sampai 10 kali lebih banyak.

10. Kulit pisang itu bisa bantu kerja usus, ngilangin pegal-pegal dan bikin perasaan jadi lebih bahagia lo!

bisa diblender dulu via www.today.com

Kulit buah pisang mengandung potasium yang bisa membantu sistem kerja organ tubuh dan menghilangkan pegal-pegal. Asam amino triptofan yang bisa meredakan depresi dengan meningkatkan kadar serotonin tubuh. Nggak hanya itu, di kulit buah ini juga terkandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B dan C serta air. Kamu bisa cuci kulit pisang terlebih dahulu lalu dihaluskan dengan blender.

11. Ketika diuji, daging buah mangga nggak mengandung khasiat yang sama besar dengan kulitnya yang ampuh bakar lemak

langsung sikat via www.wikihow.com

Periset menemukan fakta bahwa kulit mangga mengandung khasiat mirip resveratrol untuk membantu membakar lemak dan menghambat produksi sel lemak matang. Selain itu juga mengandung sejumlah besar karotenoid, polifenol, omega-3, omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda daripada dagingnya yang aktif melawan kanker, diabetes dan penyakit jantung.

Sebelum makan buah-buah di atas dengan kulitnya, tentu kamu khawatir dengan kandungan pestisida di dalamnya, kan? Tenang, kamu bisa mencucinya dengan air mengalir, jangan lupa gosok permukaannya dengan tangan atau sikat yang lembut. Bersihkan juga bagian pangkal buah seperti tangkai dan ujung-ujungnya, ya!

Makan buah dan sayur dengan atau tanpa kulitnya adalah pilihan dan selera masing-masing. Tapi, kalau kamu bisa dapat manfaat berlipat-lipat dari mengonsumsi buah dengan kulitnya, kenapa nggak?

sumber : hipwee



loading...