1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Jangan Dimakan Mentah, Lima...

Jangan Dimakan Mentah, Lima Makanan Ini Berisiko Membuatmu Keracunan


Hidup sehat tak hanya dari olahraga rutin, tapi juga makanan yang dikonsumsi. Apalagi ketika tengah melakukan perjalanan menjelajahi destinasi wisata tertentu. Selain mengurangi makanan dengan kandungan gizi rendah, ternyata ada satu lagi tips yang wajib kamu ketahui jika tak ingin tubuh keracunan. Salah satunya, memilih makanan yang dimakan mentah. Pasalnya, ada beberapa yang ternyata berisiko memicu keracunan. Seperti di bawah ini.

1. Daging

Ilustrasi Daging Mentah
Ilustrasi Daging Mentah via viva.co.id

Tren mengonsumsi makanan mentah sudah tak asing lagi. Salah satunya daging yang biasa dicampur di dalam sushi. Ternyata, terlalu banyak mengonsumsi daging mentah tidak baik untuk tubuh. Dilansir dari Business Insider, seorang food expert Bill Marler menyebutkan bahwa beberapa makanan dapat memicu keracunan jika tak tepat konsumsi. Salah satunya daging mentah yang tidak karena rentan terkontaminasi bakteri e coli atau salmonella.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

2. Tauge

Ilustrasi Tauge Mentah
Ilustrasi Tauge Mentah via natur-e.co.id

Tauge merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan manfaat. Nutrisinya pun banyak dan bermanfaat untuk tubuh. Namun, ada fakta unik tentang tauge mentah yang bisa mengakibatkan tubuh mengalami gejala sakit perut, pusing, diare, hingga demam jika dikonsumsi terlalu banyak. Hal ini terjadi karena kemungkinan terdapat kandungan bakteri salmonella dan e coli. Menyebarnya bakteri tersebut bisa dikarenakan pemilihan biji yang tidak higienis, sanitasi tidak baik, terkontaminasi tauge tak sehat, hingga kondisi hangat atau lembab yang membantu bakteri hidup.

3. Singkong

Ilustrasi Singkong Mentah
Ilustrasi Singkong Mentah via autoimuncare.com

Singkong sudah menjadi salah satu makanan pokok di tanah air. Selain dijadikan pengganti nasi, bahan makanan ini juga dibuat camilan seperti keripik hingga jajanan tradisional.

Meski termasuk makanan yang populer, jangan salah, singkong dapat memicu keracunan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Dilansir dari Nationalgeographic.co.id, singkong mentah memiliki senyawa glikosida sianogenik yang bernama linimarin. Senyawa inilah yang bisa menghasilkan sianida.

4. Terong

Ilustrasi Terong Mentah
Ilustrasi Terong Mentah via apagimana.com

Beberapa sayur memiliki nilai gizi tinggi saat dimakan mentah. Namun, ada pula yang ternyata dapat membuat tubuh keracunan. Hal ini karena terdapat kandungan solanine di dalamnya. Solanine tersebut terdapat banyak pada terong muda atau yang dipanen dini. Dari pada menimbulkan keracunan yang disertai muntah hingga diare, sebaiknya memasaknya hingga matang bukan. Selain digoreng, juga bisa dikukus sebelum disajikan bersama dengan sambal.

5. Kentang

Ilustrasi Kentang
Ilustrasi Kentang via woman.dk

Selain terong, sayuran lain yang tak bisa dikonsumsi begitu saja sebelum dimasak adalah kentang. Dilansir dari Boldsky, mengonsumsi kentang mentah terlalu banyak dapat mengakibatkan tubuh terlalu banyak gas. Selain itu, pencernaaan pun terganggu. Belum lagi sakit kepala dan mual yang tak tertahankan. Efek ini diakibatkan oleh solanine, sebuah racun yang terkandung di dalam kentang mentah. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Kepala Nutrisi Terra’s Kitchen, Lisa Davis yang dilansir Travelingyuk.com dari Kompas.com.

Traveler cerdas pasti tak akan mencoba memakan makanan di atas dalam keadaan mentah bukan? Semoga bermanfaat ya!

sumber: travelingyuk



loading...