1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Ini 7 Negara dengan...

Ini 7 Negara dengan IQ Penduduk Tertinggi di Dunia, Indonesia Masuk Nggak ya?


Terjadi perdebatan di kalangan para akademisi terkait hubungan kewarganegaraan dengan tingkat kecerdasan. Ada sebagian orang yang mengatakan jika tanah kelahiran dengan segala instrumennya seperti ras, suku, agama, dan budaya, mempengaruhi kecerdasan seseorang. Sebaliknya, ada juga yang menolak gagasan tersebut dengan mengatakan jika kecerdasan dihasilkan dari dirinya sendiri, bukan faktor eksternal seperti tanah kelahiran.

Indikator Anak Cerdas Bukan Hanya IQ berita sulselcom (yourekavach.com)

Namun baru-baru ini sebuah hasil studi menunjukkan jika kecerdasan rata-rata setiap penduduk di berbagai negara berbeda-beda. Hal ini seakan ingin menunjukan jika ada faktor eksternal yang mempengaruhi kecerdasan seseorang.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Sebagaimana merujuk pada laman iq-research.info setidaknya ada beberapa negara dengan rata-rata penduduknya memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan negara-negara lainnya. Berikut 7 negara dengan IQ penduduk tertinggi di dunia.

1. Singapura, rata-rata IQ penduduknya 108

OECD: Pendidikan Matematika dan Sains Di Singapura Terbaik Di Dunia. (gigit.asia)

Siapa sangka, negara kecil di ujung selat malaka ini ternyata menjadi negara dengan mayoritas penduduknya tercedas di dunia. Penduduk Singapura rata-rata memiliki skor IQ 108. Selain memiliki penduduk yang cerdas, Singapura juga dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

2. Korea Selatan, rata-rata IQ penduduknya 106

Fakta Penting Pendidikan di Negeri Gingseng Korea Selatan (alakorsel.blogspot.co.id)

Negara dengan penduduk tercerdas kedua diraih oleh Korea Selatan. Negara dengan Ibu Kota Seoul ini memiliki penduduk dengan rata-rata skor IQ sebesar 106. Menurut berbagai kalangan, penduduk Korea Selatan pantas memiliki kecerdasan tinggi, mengingat trend teknologi dengan internet tercepat di dunia berdampak pada kecerdasan kolektif.

3. Jepang, rata-rata IQ penduduknya 105

Sudah menjadi rahasia umum tentang ketekunan penduduk Jepang yang dinilai gila kerja dan gila belajar. Hal tersebutlah yang menjadikan penduduk Jepang sangat antusias dalam persoalan pendidikan.

Bagaimana TIK Merubah Pendidikan Prof Shinobu Jepang. (ikirandom.wordpress.com)

Selain penduduk yang cerdas, sistem pendidikan yang bagus juga membuat Jepang layak menjadi salah satu negara maju dengan ilmu pengetahuan yang berkembang pesat.

4. China, rata-rata IQ penduduknya 105

Selain Jepang, China juga memiliki rata-rata kecerdasan penduduknya dengan skor 105. Memang China dikenal sebagai negara dengan perhatian pada pendidikan yang sangat baik, maka tidak heran jika ada qaul yang mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke Negeri China.

Pendidikan di China (jagomandarin.com)

Baiknya sistem pendidikan di China membuat negara ini kini menjadi salah satu penguasa ekonomi dunia. Bahkan berbagai teknologi kini banyak ditemui bertuliskan “Made in China.”

5. Taiwan, rata-rata IQ penduduknya 104

Pendidikan Taiwan terbaik keempat versi OECD pada tahun 2015. (hpisdvisitstaiwan.blogspot.com)

Di posisi kelima ada Taiwan sebagai negara dengan penduduk tercerdas di dunia. Rata-rata penduduk negara ini memiliki skor IQ sebesar 104. Salah satu indikasi baiknya kecerdasan penduduk Formosa ialah dengan adanya sistem pendidikan yang bermutu. Pada tahun 2015, Taiwan menduduki peringkat keempat sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia versi OECD.

6. Italia, rata-rata IQ penduduknya 102

Orang Italia memiliki sejarah keilmuan yang panjang (nnov.hse.ru)

Penduduk Italia dikenal cerdas sudah sejak dari lama, salah satu pusat kerajaan Romawi ini memang sudah memiliki bidang keilmuan tinggi sejak ribuan tahun lalu. Untuk saat ini, rata-rata kecerdasan penduduk Italia berada pada nilai IQ 102.

7. Islandia, rata-rata IQ penduduknya 101

Negara ketujuh dengan penduduknya yang memiliki IQ diatas rata-rata ialah Islandia. Penduduk Islandia memiliki nilai IQ rata-rata 101, tentu meskipun lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara sebelumnya, namun angka tersebut masih cukup tinggi untuk kecerdasan pada umumnya.

Mengetahui Keberagaman Sistem Pendidikan Di Islandia  (shalaazz.blogspot.com)

Pada umumnya, keceradasan manusia rata-rata pada kisaran IQ 90-100. Jadi jika kamu memiliki IQ lebih dari 100, kamu termasuk dalam kategori cerdas. Lalu bagaimana dengan rata-rata penduduk Indonesia?

Rata-rata IQ penduduk Indonesia

Masih merujuk pada hasil riset dari iq-research.info, Indonesia saat ini menduduki peringkat ke 20 sebagai penduduk tercerdas di dunia. Rata-rata kecerdasan penduduk Indonesia berada pada skor 87.

Bagaimana dengan kecerdasan rata-rata penduduk Indonesia? (pedomanbengkulu.com)

Dengan posisi tersebut, Indonesia masih berada di bawah Laos yang berada di posisi 18 dengan rata-rata IQ 89, dan Malaysia di posisi ke 15 dengan rata-rata IQ 92. Meskipun demikian, hasil riset ini tidak bisa menjadi kendala untuk anak Indonesia bersaing di kancah internasional.

Ada keterkaitan erat antara sistem pendidikan di suatu negara dengan kualitas kecerdasan penduduknya. Jika saat ini Indonesia memiliki rata-rata IQ lebih rendah dari negara tetangga, mungkin disebabkan sistem pendidikan kita yang belum begitu baik.

sumber : inovasee



loading...