1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Ingin Tetap Puasa Meski...

Ingin Tetap Puasa Meski Punya Asam Lambung? Ikuti 7 Tips Tepat Ini


via meetdoctor.com

Kaaget.Com – Banyak orang yang ingin menjalani puasa ketika Ramadhan tiba. Tak terkecuali para penderita penyakit maag ataupun lambung. Namun di antara mereka juga ada yang ragu untuk menjalankan ibadah puasa, sebab takut asam lambung yang diidap akan kambuh.

Pada umumnya puasa akan tampak biasa bagi orang sehat. Namun tentu akan terkesan berbeda bagi orang-orang yang mengidap asam lambung atau maag. Terlebih sekitar 12 jam kita tak diperbolehkan untuk makan maupun minum. Tetapi juga banyak orang yang menjalankan puasa padahal memiliki asam lambung atau maag.

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Baca juga : Harus Lebih Bersabar, Ternyata 8 Negara Ini Miliki Waktu Puasa Terlama

Penasaran dengan tipsnya? Beridasarkan lansiran tribunnews.com, berikut tips yang dapat kamu lakukan jika mengidap penyakit tersebut namun tetap ingin berpuasa.

1. Kunyah makanan dengan baik

via detik.com

Biasanya orang cenderung mengabaikan hal yang satu ini. Mereka terlalu makan dengan buru-buru, sehingga tak mengunyah makanan dengan baik. Perlu kamu ketahui, jika makanan yang tak dikunyah dengan baik maka akan membuat asam lambung naik. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk makan secara perlahan dan kunyah dengan benar.

2. Segera berbuka jika sudah waktunya

via konsultasisyariah.com

Pasca menahan untuk tak makan dan minum selama hampir 12 jam, maka kamu harus segera berbuka jika sudah waktunya. Jangan menunda untuk mengisi perut kamu. Terlebih jika kamu memiliki riwayat maag atau asam lambung.perut memerlukan kegiatan untuk mencerna makanan. Sehingga nantinya asam lambung yang dihasilkan dapat segera digunakan guna mencerna makanan yang masuk dalam tubuh.

3. Makan dalam porsi kecil dengan frekuensi sering

via detik.com

Tindakan yang satu ini sangat dianjurkan bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung. Meskipun kamu berada dalam kondisi yang sangat lapar, namun upayakan untuk makan dalam porsi kecil terlebih dulu. Perut memerlukan waktu untuk memecah makanan.

Sehingga jika kamu makan langsung dalam porsi yang banyak akan membuat asam lambung terangsang naik. Hal tersebut tak hanya berlaku untuk waktu berbuka puasa saja. Tetapi sama halnya ketika akan makan sahur.

4. Jangan lewatkan makan sahur

via islamidia.com

Jika kamu melewatkan makan sahur maka bisa berakibat fatal bagi asam lambung di siang hari. Hal tersebut lantaran perut dibiarkan dalam kondisi kosong selama seharian. Berbekal makan sahur maka akan membuat asam lambung tercegah untuk meningkat. Jadi jangan lupa untuk makan sahur ya!

5. Hindari untuk langsung tidur atau rebahan pasca sahur

via hellosehat.com

Kebiasaan berikut ini sering sekali dilakukan. Sebaiknya kamu mulai berhenti melakukan aktivitas tersebut. Jika ingin tidur lagi tunggulah 3 jam pasca sahur. Baru kamu bisa kembali tidur. Upaya tersebut cukup efektif untuk mencegah lonjakan asam lambung.

6. Meninggikan tubuh saat tidur

via teen.co.id

Sebaiknya kamu membuat posisi kepala lebih tinggi, kurang lebih 15 cm. Hindari untuk menggunakan tumpuan bantal. Sebab hanya bagian kepala yang akan dibuat agak tinggi. Hendaknya tubuh bagian atas juga harus ditinggikan. Jika posisi tidur kamu landai, maka akan membuat pencegahan pada naiknya asam lambung.

7. Hindari hal yang dapat memicu naiknya asam lambung

via hellosehat.com

Selain melakukan kebiasaan-kebiasaan yang benar dalam menyantap makanan, kamu juga dianjurkan untuk menghindari jenis makanan tertentu yang bisa memicu asam lambung. Makanan tersebut di antaranya bawang, makanan bercita rasa pedas, tomat, makanan dengan lemak tinggi, citrus seperti semacam jeruk hingga minuman dan makanan kaya kafein.

sumber : serumpi



loading...