1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. Ingin Berkarier di Bidang...

Ingin Berkarier di Bidang Perhotelan? Ini Mitos Basi yang Tak Perlu Kamu Khawatirkan Lagi! |



Kali ini untuk kamu yang ingin masuk di dunia perhotelan tapi masih ragu-ragu, ada informasi cukup menarik buat kamu. Situs BusinessInsider baru saja melakukan wawancara dengan tiga orang berpengaruh di dunia perhotelan di Asia. Kenapa Asia? Karena Asia sudah terkenal dengan sistem perhotelan yang mantap dan cukup terkenal di dunia internasional.

Narasumber tersebut adalah Grace Yang, direktur HRD Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre; Penh Huynh, Kepala Finansial di Ce La Vi Singapore; dan Danny Li, Co-Founder AsiaHospitalityCareers.com. Mereka ini akan berusaha memecah stereotipe yang sering ada di dunia perhotelan.

m.dailyhunt.in

Pertama adalah teknologi artifisial akan mengambil alih dunia perhotelan. Pernyataan ini cukup trending di dunia sekarang bahwa teknologi itu akan memungkinkan dunia perhotelan bekerja lebih efisien. Dampaknya, manusia harus bersaing dengan mesin untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

Akan tetapi, Li tidak setuju akan hal itu. Menurut dia, dunia perhotelan identik dengan interaksi dan perasaan. Dua hal itu tidak dimiliki di teknologi artifisial. Dalam interaksi dengan klien, akan lebih baik interaksi itu dengan manusia karena antar manusia bisa bertukar emosi dan perasaan sehingga menimbulkan kesan mendalam dalam pelayanannya. Berbeda jika klien dilayani dengan teknologi artifisial karena mesin tidak punya emosi.

Baca Juga : 5 Makanan Lezat Ini Ditetapkan Sebagai Kuliner Nasional. Jadi Favorit Masyarakat Dunia, lho!

www.livehindustan.com

Kedua, dunia perhotelan identik kerja 24 jam dalam setahun. Dampaknya, libur pun sulit didapat oleh pekerja-pekerja di dunia perhotelan. Hal ini menimbulkan kejenuhan dan kinerja bisa menurun. Penh mengatakan hal itu ada benarnya tapi kenyataan yang dia alami pegawainya masih bisa liburan. Bahkan, mereka bisa liburan lebih dari batas kontrak yang mereka terima.

Li sendiri mengatakan bahwa tujuh sampai delapan tahun yang lalu, dia memang benar-benar kesulitan untuk libur tapi sekarang dia bisa menikmati itu karena kemajuan teknologi membuat dia mampu bekerja lebih efisien. Akan tetapi, dia setuju bahwa pada awal masuk dunia kerja perhotelan, liburan akan sulit diraih tapi seiring dengan kenaikan pangkat, liburan bisa diraih dan work-life balance pun bisa benar-benar seimbang.

herbusinesstravel.com

Ketiga, wanita terbatas bekerja pada posisi tertentu. Yang merasa kurang setuju dengan hal ini. Dia memiliki pengalaman dia harus mencari seseorang dengan posisi tukang ledeng dan bangunan. Saat itu, dia benar-benar kesulitan mencari  pekerja laki yang mau melakukan hal itu.

Sampai akhirnya, dia benar-benar tertegun ketika dia menemukan sekelompok pekerja wanita dari umur 20 sampai 25 tahun bekerja sebagai tukang ledeng, teknisi untuk hotel dia. Dia mengatakan zaman sekarang wanita bisa juga bekerja pada posisi teknis. Bahkan, banyak bartender dan mixologist sekarang wanita.

Jadi, itulah mitos-mitos bidang perhotelan yang ternyata tidak terlalu benar juga. Semoga dengan membaca ini, kamu menjadi lebih semangat mencapai impianmu bekerja di dunia perhotelan. Salam Sukses!

sumber: YUKEPO



loading...