1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Hindari Konsumsi 4 Minuman...

Hindari Konsumsi 4 Minuman ini Saat Sahur Jika Tak Ingin Dehidrasi


Bagaimana dengan puasa hari ini? Masih lancar seperti hari-hari sebelumnya? Saat menjalani ibadah ini memang banyak godaan. Selain lezatnya ayam bakar dengan aroma wangi, segelas air es juga bikin ngiler. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika niat untuk ibadah. Apalagi sudah dibekali dengan makanan dan minuman tepat saat sahur. Nah, untuk berjaga-jaga agar puasamu tetap lancar, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman saat sahur berikut ini. Bisa jadi kamu terkena dehidrasi.

1. Jus Buah dengan Susu Kental

Jus Alpukat dan Vanilla Milkshake
Jus Alpukat dan Vanilla Milkshake via instagram/@kangkungbakartegal

Mengonsumsi buah-buah untuk sahur memang dianjurkan. Apalagi yang mengandung vitamin C serta air yang cukup tinggi. Namun, kamu harus tahu jika tak semua olahan buah bisa membuat puasamu lancar. Ada beberapa menu yang ternyata dapat membuatmu dehidrasi parah. Salah satunya jus buah yang ditambah dengan susu kental atau gula. Hal ini tidak hanya membuat kadar gula tidak stabil, tapi juga bikin tenggorakan kering.

Jus Alpukat
Jus Alpukat via instagram.com/@satya.wirayudha

2. Minuman Bersoda

Ilustrasi minuman bersoda dengan rasa manis
Ilustrasi minuman bersoda dengan rasa manis via instagram/@sachin_k_mehta

Segelas minuman bersoda memang menyegarkan. Namun, minuman ini sebaiknya dihindari saat sahur. Alasannya tidak lain karena kandungan gula yang tinggi. Hal tersebut juda dapat memicu haus saat berpuasa. Tidak hanya itu, minuman rasa buah dalam kemasan juga tidak jauh beda. Minuman yang pas tentu saja air putih, tentu dengan takaran ideal.

Ilustrasi minuman bersoda
Ilustrasi minuman bersoda via instagram/@delices_metisses

3. Kopi

Ilustrasi Secangkir Kopi Latte
Ilustrasi Secangkir Kopi Latte via instagram/@angelsingh09

Selain minuman bersoda dan jus buah dengan susu kental, ada lagi menu sahur yang bisa membuatmu dehidrasi saat siang hari. Salah satunya kopi yang mengandung kafein. Untuk menghindari lesu dan haus, sebaiknya hindari menyeruput minuman ini saat sahur. Jika pun tergiur, sebaiknya konsumsi kopi dengan tidak lebih 50 mg kandungan kafein.

Ilustrasi Secangkir Kopi
Ilustrasi Secangkir Kopi via instagram/@shanklincafe

4. Teh

Teh dan Roti
Teh dan Roti via instagram/@justynachojnacki

Tidak hanya pada kopi, kafein juga ada di teh. Apalagi teh yang manis. Minuman ini sebaiknya dihindari karena dapat menaikkan gula darah dan menurunkannya dengan cepat. Hal ini berakibat kepada tubuh yang lemas, bahkan dehidrasi. Sebaiknya, konsumsi menu ini saat berbuka. Hal ini dapat membuat tubuh kembali berenergi.

Teh Hangat
Teh Hangat via instagram/@karolinakarolaaa

Nah, itulah empat minuman saat sahur yang sebaiknya dihindari. Bagaimana dengan kamu? Sahur dengan apa hari ini?

sumber: travelingyuk



loading...