1. Home
  2. /
  3. Terpukau
  4. /
  5. Hati-hati ya, Ternyata 6...

Hati-hati ya, Ternyata 6 Hal Tentang Puasa Ini Cuma Mitos Belaka Lho. Kamu Pasti Pernah Percaya


Bulan Ramadan telah tiba!

Sebelumnya Hipwee News & Feature mau mengucapkan dulu nih, selamat menunaikan ibadah puasa bagi kalian yang menjalankan ya. Nah, suasana puasa begini sering banget nggak sih bikin kita teringat masa-masa kecil dulu. Mulai dari tradisi keliling kampung membangunkan orang-orang sahur, main petasan habis tarawih, ngabuburit sambil main masak-masakan, sampai percaya terhadap mitos-mitos tertentu soal puasa yang kalau dipikir-pikir lagi, kok ya ternyata nggak masuk akal…

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Kali ini Hipwee News & Feature bakal membahas mitos-mitos puasa khususnya seputar kesehatan, yang sedihnya masih banyak dipercaya sebagian orang. Biar puasanya lebih berfaedah, yuk kita luruskan bersama-sama. ‘Kan sayang kalau ibadahnya terganggu cuma gara-gara mitos merugikan~

1. Mitos: Makan banyak saat sahur mempermudah puasa. Fakta: Makan lebih banyak saat sahur malah cenderung membuat tubuh lemas

Makan banyak waktu sahur bisa bikin lemas via foodstantly.com

Saat menjalankan puasa Ramadan, umat muslim memang dilarang makan atau minum dari terbit fajar sampai tenggelam matahari. Hal ini membuat banyak orang berpikiran untuk makan banyak saat sahur, asumsinya karena mereka akan melewatkan jam makan siang, jadi ya makan banyak aja biar kenyangnya awet. Padahal itu justru bisa membuat tubuh lemas dan nggak berenergi.

Dokter Ari Fahrial Syam, dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, seperti dilansir CNN, mengatakan kalau makan banyak akan membuat kadar gula darah naik mendadak. Kondisi ini akan merangsang produksi insulin berlebih yang mengundang rasa kantuk.

2. Mitos: Puasa bisa bikin berat badan turun. Fakta: Kebiasaan makan beraneka makanan saat buka atau sahur justru bikin gemuk

Kebiasaan makan yang ngawur malah bikin berat badan naik via edition.cnn.com

Puasa memang bisa membuat berat badan turun kalau kamu bisa menghilangkan kebiasaan makan banyak saat sahur atau buka. Karena faktanya, banyak orang ‘balas dendam’ terutama saat buka puasa tiba. Segala makanan dan minuman diembat, tanpa peduli berapa kalorinya. Kalau sebulan penuh kamu begini terus, impian buat turun berat badan cuma jadi khayalan. Malahan, bisa-bisa berat badanmu justru naik.

3. Mitos: Olahraga saat puasa bisa berbahaya buat kesehatan. Fakta: Para ahli bahkan menganjurkan untuk tetap menyempatkan olahraga saat puasa walau sebentar

Olahraga saat puasa boleh aja via www.askmen.com

Nggak sedikit juga orang yang berhenti berolahraga saat bulan puasa tiba. Alasannya nanti jadi gampang capek, haus, dan lapar. Bahkan banyak juga yang beranggapan olahraga saat puasa itu berbahaya. Padahal fakta sesungguhnya, olahraga sambil puasa itu boleh-boleh aja kok. Malahan bisa bikin tubuh makin fit. Asal dilakukannya nggak sembarangan.

Seorang ahli diet, Riham Shamseddine, seperti dilansir Detik, menganjurkan orang yang puasa untuk olahraga 30 menit sebelum berbuka, atau 1-2 jam setelah berbuka. Setelah olahraga, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein dan karbohidrat, buat ganti energi yang terkuras.

4. Mitos: Langsung tidur sehabis sahur baik buat lambung. Fakta: Tidur setelah sahur bisa membuat makanan malah naik ke reflux

Habis sahur jangan langsung tidur! via www.arah.com

Beberapa orang ada yang percaya kalau langsung tidur setelah sahur itu baik buat lambung. Padahal faktanya berbeda jauh! Tidur habis sahur justru bisa membahayakan kesehatan, bahkan bisa berujung kematian lho. Ini karena lambung manusia butuh waktu untuk menggiling makanan yang masuk ke perut. Nggak cuma berlaku setelah sahur aja, tidur setelah makan sehari-hari pun bisa mengganggu proses pencernaan. Dilansir dari CNN, beberapa gangguan kesehatan yang mengintai adalah penimbunan lemak, peningkatan asam lambung, dan gangguan pencernaan.

5. Mitos: Nggak boleh menggosok gigi. Fakta: Menggosok gigi saat puasa justru dianjurkan demi kesehatan gigi dan mulut

Gosok gigi biar kesehatan gigi dan mulut terjaga via khak.com

Ini nih yang sering banget dipercaya anak-anak kecil, termasuk kita saat masih bocah. Kalau dulu mitos yang kita percaya menggosok gigi atau bahkan sekedar berkumur bisa bikin puasa batal. Padahal kalau dilihat dari sisi kesehatan, menggosok gigi saat puasa justru bisa membawa manfaat berlimpah, seperti menghindarkan bakteri bersarang di gigi dan mulut. Untuk menghindari air tertelan, ada baiknya gosok gigi dilakukan sebelum imsak dan setelah berbuka.

6. Mitos: Langsung minum dingin saat berbuka nggak akan menimbulkan masalah. Fakta: Minuman yang dianjurkan dikonsumsi saat berbuka adalah yang hangat

Jangan langsung minum dingin! via www.studyandjobs24.net

Mendekati waktu berbuka, banyak dari kita makin menderita karena rasa haus lagi di puncak-puncaknya. Minuman dingin pun tak luput dari target saat waktu buka tiba. Sebagian besar orang mungkin merasa minum minuman dingin sebagai kudapan pembuka itu nggak masalah.

Padahal faktanya justru sebaliknya. Seorang ahli gizi, Dr. dr. Saptawati Bardosono M.Sc, seperti dikutip Liputan6, mengatakan kalau saat puasa, suhu tubuh kita akan menghangat. Jadi kalau diisi langsung sama minuman dingin, lambung makan bisa kaget. Sebagai gantinya, minum atau makanlah sajian yang hangat atau dengan suhu normal. Jangan yang terlalu dingin.

Nah, gimana guys? Udah mulai tercerahkan, ‘kan? Jangan sampai puasamu terganggu cuma gara-gara percaya sama mitos masa kecil ya~

sumber : hipwee



loading...