1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Harus Peka, Ini Tanda...

Harus Peka, Ini Tanda Seorang Psikopat yang Mungkin Ada Pada Temanmu


Psikopat merupakan salah satu bentuk gangguan kejiwaan yang pengidapnya sering disebut sebagai orang gila tanpa gangguan mental. Seorang ahli pikopati dunia, yang juga seorang Profesor di Universitas British Columbia, Kanada, Robert D Hare mengatakan, jika seorang psikopat sangat pandai dalam berkamuflase, sehingga ia kerap berperilaku layaknya orang normal.

Tanda-tanda seorang spikopat (brilio.net)

Namun jika kita cermati lebih detail, ada beberapa tanda pelaku psikopat yang mungkin ada di sekitarmu. Apa sajakah tanda seseorang yang mengidap gangguan kejiwaan ini?

Pengidap psikopat pandai memanipulasi

Psikopat paling bisa memanipulasi orang (litcult.ru)

Seorang psikopat sangat pandai dalam memanipulasi keadaan maupun orang lain. Tidak jarang ia memanfaatkan seseorang agar apa yang dia inginkan tercapai. Dalam hal ini, ia juga memiliki kecenderungan karakter egois yang menonjol.

Dia suka narsis berlebihan

Salah satu tanda seorang psikopat yang paling umum ialah dia sangat mencintai dirinya sendiri, sampai menganggap orang lain tidak lebih baik darinya dalam segala hal. Untuk menunjukkan hal itu, dia lebih banyak narsis guna menonjolkan apa yang dia anggap lebih baik dari orang lain.

Dia sangat suka narsis (brilio.net)

Mencintai dirinya sendiri atau narsis, memang kini banyak dialami oleh anak muda. Terlebih jika kita menilik ke dunia maya, banyak sekali kawan-kawan kita yang hobi narsis dengan membanggakan dirinya sendiri. Awas loh, barangkali saja dia seorang psikopat!

Tidak bertanggung jawab dengan apa yang ia perbuat

Pengidap spikopat juga dikenal selalu tidak bisa untuk bertanggung jawab atas apa yang telah ia perbuat. Semisal saja, ada orang yang menabrak ayam di jalan tetapi ia tidak bertanggung jawab dengan mengganti rugi, atau sekedar meminggirkan bangkai ayam itu dari tengah jalan.

Seorang psikopat tidak bisa bertanggung jawab (knowledge.insead.edu)

Sikap tidak bertanggung jawab juga erat kaitannya dengan penyesalan. Selain dikenal sebagai orang yang tidak bertanggung jawab, pengidap psikopat juga dikenal sebagai pribadi yang jarang merasakan penyesalan terhadap apa yang telah ia perbuat, meskipun itu salah.

Anti sosial dan berkepribadian ganda

Pada beberapa kasus pembunuhan yang dilakukan seorang psikopat, pelaku selalu dikenal sebagai sosok yang tertutup, tidak suka bergaul, dan memiliki kepribadian ganda. Nyatanya, secara ilmiah, banyak peneliti yang meng-amini akan tanda ini.

Dia anti sosial dan suka menyendiri (Grid.ID)

Seorang psikopat selalu merasa tidak nyaman jika berada pada lingkungan yang ramai. Ia lebih nyaman menyendiri.

Memiliki otak pintar tapi sering ceroboh

Seorang pengidap psikopat dikenal sebagai orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Inilah yang kemudian jika kita cermati pada film-film psiopat, maka pengidap psikopat selalu digambarkan sebagai orang yang cerdas, pandai menganalisa, dan selalu berfikir kritis.

Dia seorang yang pintar, tapi sering ceroboh (hardrockfm.com)

Namun, meskipun pintar, seorang psikopat dikenal sebagai sosok yang ceroboh. Hal ini tidak terlepas dari karakter mereka yang selalu nekat jika memiliki keinginan. Ketidakpeduliannya terhadap orang lain serta ambisinya yang tinggi terhadap memenuhi keinginannya, membuat banyak tindakan ceroboh dilakukan oleh pengidap psikopat.

Itulah beberapa tanda jika seseorang mengipad gangguan kejiwaan psikopat. Secara umum mereka memang terlihat biasa, bahkan sama seperti kita. Namun dalam situasi-situasi tertentu, ia akan menampakan karakter psikopatnya.

sumber : inovasee



loading...