1. Home
  2. /
  3. Terpana
  4. /
  5. Gejala Asam Urat Tinggi

Gejala Asam Urat Tinggi


Gejala Asam Urat Tinggi – Serangan asam urat yang terjadi akibat kadar asam urat tinggi memunculkan rasa nyeri serta pembengkakan di satu sendi bahkan lebih. Tapi bagi Anda yang belum pernah merasakan nyeri asam urat mungkin akan bingung gejala-gejala dari serangan ini. Karena itu, artikel ini akan menjelaskan berbagai gejala asam urat tinggi yang harus dicermati.

Gejala Asam Urat Tinggi

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

Gejala-gejala asam urat biasanya baru akan muncul jika kadar asam urat dalam tubuh sudah membentuk kristal keras di persendian Anda. Serangan asam urat hampir selalu akut atau terjadi mendadak dan kerap menyerang di malam hari. Berikut gejala-gejala asam urat yang harus diwaspadai.

  • Nyeri hebat di persendian

Asam urat biasanya mempengaruhi sendi jempol kaki. Namun bisa juga terjadi pada pergelangan kaki, tangan, lutut, kaki dan pergelangan tangan. Rasa nyeri biasa terjadi paling parah selama 12 hingga 24 jam pertama.

  • Ketidaknyamanan di persendian

Setelah nyeri mereda, mungkin Anda merasakan ketidaknyamanan di area persendian selama beberapa hari bahkan bisa selama beberapa minggu.

  • Peradangan dan kemerahan

Sendi yang terkena serangan asam urat akan membengkak, lebih sensitif dan kemerahan.

Jika Anda mengalami rasa nyeri yang kuat dan mendadak di persendian ada baiknya periksakan ke dokter. Bila tidak mendapat pengobatan yang baik, gejala asam urat dapat menjadi lebih parah lagi bahkan bisa terjadi kerusakan pada persendian.

Anda juga disarankan mengunjungi dokter jika Anda mengalami demam dan sendi meradang serta terasa panas karena mungkin hal tersebut merupakan gejala adanya infeksi.

Lantas bagaimana proses terbentuknya asam urat dalam tubuh?

Ada beberapa tahapan yang dapat dikenali gejalanya saat sebelum Anda menderita penyakit asam urat. Pertama-tama, Anda harus memahami mengenai kondisi hiperurikemia.

Hiperurikemia merupakan kondisi di mana kadar asam urat dalam darah melewati batas normal. Kisaran kadar asam urat yang normal di dalam darah adalah tidak lebih besar dari angka 6 mg/dL untuk wanita dewasa dan 7 mg/dL untuk pria dewasa. Anda dapat mengetahui berapa kadar asam urat dalam darah Anda dengan melakukan tes darah serum urate.

Anda tak perlu terlalu cemas bila ternyata Anda mengalami hiperurikemia, lantaran sebetulnya kondisi ini lumayan banyak dialami oleh orang-orang. Terutama bila Anda adalah seorang pria yang berusia di atas 40 tahun.

Lalu apa penyebab asam urat dalam darah menjadi lebih tinggi daripada yang seharusnya? Ketika tubuh memecah purin (zat yang alami ada di dalam jaringan tubuh dan juga ada dalam beberapa makanan) maka asam urat pun terbentuk. Asam urat tersebut larut dalam darah kemudian mengalir melalui ginjal yang nantinya akan dikeluarkan bersama urin.

Jika ginjal tak mampu secara efesien menyaring asam urat atau bila tubuh terlalu banyak mendapatkan asupan makanan berpurin tinggi, hal ini akan membuat kelebihan asam urat tersebut menumpuk dan membentuk kristal asam urat.

Dan jika kondisi tersebut dibiarkan, kristal asam urat yang terbentuk bisa mengendap di dalam ginjal lalu membentuk batu ginjal. Atau yang lebih sering terjadi ialah kristal asam urat mengendap pada persendian kemudian sebabkan peradangan arthritis atau sakit asam urat.

Pada saat inilah, umumnya gejala-gejala asam urat baru akan dirasakan oleh penderitanya. Demikian mengenai pembahasan mengenai Gejala Asam Urat Tinggi. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

sumber : Beritaharianmu.com



loading...