1. Home
  2. /
  3. Tercengang
  4. /
  5. Fakta Unik Tentang Kurma,...

Fakta Unik Tentang Kurma, Baik untuk Menu Sahur dan Buka Puasa


Ramadan tanpa kurma terasa ada yang kurang. Kudapan ini tidak hanya hadir sebagai menu untuk buka puasa, tapi juga hidangan saat sahur. Kehadiran makanan manis ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bahkan, disebut-sebut dapat memperindah kulit serta mengatasi masalah kolesterol. Tak hanya itu, ada fakta unik kurma yang dapat memperlancar ibadah puasa. Penasaran kan?

1. Tiga Buah Setara dengan Sepiring Nasi

Kurma manis
Kurma manis via instagram/@meissa.id

Tidak hanya di negara Timur Tengah, kurma menjadi salah satu menu untuk berbuka puasa. Hal ini bukan hanya karena tradisi. Jika diteliti secara ilmiah, ternyata makanan ini memiliki kandungan gula dan kalori yang sangat besar. Sehingga kamu akan merasa berenergi lagi setelah mengonsumsinya. Bahkan tidak banyak yang tahu jika tiga buah kurma sebanding dengan satu piring nasi. Menarik bukan?

KAOS ANAK MURAH✨BARU✨-Kaos-Anak-BumbleBee-Kids

2. Dapat Menormalkan Kadar Gula Darah

Kurma untuk buka puasa
Kurma untuk buka puasa via instagram/@sunnah_shoppe

Kurangnya asupan makanan saat puasa memang membuat kadar gula darah tak stabil. Namun, hal tersebut sangat mudah dinormalkan kembali hanya dengan mengonsumsi kurman. Berdasarkan sebuah penelitian yang dibuat Nutrition Jurnal, kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat. Namun, ada catatan untuk penderita diabetes. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi kurma saat berbuka.

3. Dapat Menurunkan Kolesterol

Kurma untuk sahur
Kurma untuk sahur via instagram/@lekitchen_palembang

Usai menahan lapar dan haus, tanpa kita sadari jika banyak asupan yang dimakan saat buka puasa. Hal tersebut tentu berakibat dengan kolesterol dalam tubuh yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut juga dapat dinetralkan dengan mengonsumsi kurma. Menurut Critical Reviews In Food Science and Nutrition edisi 2008, serat dalam buah kurma dapat mengikat lemak serta kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh. Pun demikian, bukan berarti kamu bebas makan apa saja saat berbuka. Harus tetap memilih yang sehat.

4. Menghasilkan Energi Cadangan

Kurma
Kurma via instagram/@windaate

Menjalani puasa di jalan memang terkadang memiliki banyak kendala. Termasuk tidak menemukan menu untuk sahur. Namun, untuk mengakali agar kuat menjalan ibadah puasa, coba memakan kurma saat sahur. Kandungan mineral dan vitamin dalam kurma tidak hanya dapat menjaga kesehatan, tapi juga menghasilkan energi tambahan. Nah, tentu tak khawatir lagi lelah saat perjalanan bukan?

Nah, itulah fakta unik kurma yang belum banyak diketahui. Jadi, tak penasaran lagi mengapa selalu ada kurma saat buka puasa maupun sahur bukan?

sumber: travelingyuk



loading...